Usaha Sampingan Budidaya Singkong yang bikin Anda Sukses

  • Whatsapp
Usaha-Sampingan-Budidaya-Singkong-yang-bikin-Anda-Sukses
Distributor Pulsa Electrik Termurah

Usaha Sampingan Budidaya Singkong yang bikin Anda Sukses – Tentu saja anda semua kenal dengan yang namanya singkong kan ? Terutama bagi kalangan menengah kebawah, karena singkong memang makanan yang juga termasuk menjadi makanan pokok bagi kalangan bawah. Budidaya singkong sudah ada sejak dulu bahkan sejak jaman nenek moyang. Walaupun dulu belum di kelola secara intensif. Singkong ini adalah tanaman yang termasuk kedalam jenis umbi akar. Singkong juga memiliki kandungan karbohidrat tinggi.

Usaha-Sampingan-Budidaya-Singkong-yang-bikin-Anda-Sukses

Read More

Hampir semua lapisan masyarakat gemar dengan singkong, karena singkong bisa diolah dengan berbagai macam kreasi, sehingga makanan yang terbuat dari singkong menjadi olahan yang nikmat. Makanan dari singkong ini adalah makanan yang sangat merakyat dan saat ini sudah banyak jenis makanan lezat yang terbuat dari singkong. Hasil olahan menu tradisianal yang terbuat dari singkong yang sudah melegenda sejak dahulu yaitu seperti kemplang, gorengan, getuk lindri, lemper dan masih banyak lagi. Singkong juga banyak di olah menjadi produk ternama yang di olah dengan cara modern.

Berdasarkan dari pernyataan tersebut maka dapat di simpulkan bahwa peluang usaha budidaya singkong masing sangat bagus. Usaha budidaya singkong ini juga bisa di jadikan sebagai usaha sampingan. Sebenarnya prospek dari singkong ini sangatlah bagus namun usaha ini sepi persaingan dipasar . Peminat usaha budidaya singkong masih sangat sedikit sehingga budidaya singkong masih di lakukan dengan menggunakan cara tradisional. Semua itu karena mereka kurang tau akan peluang yang sebenarnya sangat berpotensi ini.

Coba anda lihat, saat ini tingkat permintaan terhadap singkong meningkat tinggi. Ini di sebabkan karena saat ini banyak ragam usaha kuliner yang menggunakan bahan dasar dari singkong. Sehingga hal tersebut bisa menggugah selera masyarakat untuk mengkonsumsi aneka makanan yang berbahan singkong. Dan yang menjadi kelebihan dari usaha budidaya singkong ini adalah kemudahan dalam proses pengolahannya.

Prospek Bisnis Singkong

Secara garis besar prospek dari usaha singkong di indonesia ini memiliki prospek yang cerah khususnya di daerah perkotaan dan daerah dekat wisata. Dan pernyataan tersebut juga disetujui para pengusaha agribisnis lainnya . Mulai dari pembibitan hingga proses pengolahannya yang sangat mudah , sehingga bisnis ini sangat bagus untuk di jalankan.

Ada 3 alasan mengapa singkong ini memiliki prospek yang sangat cerah, yaitu :

* pertama, karena saat ini kebutuhan konsumen akan singkong semakin lama terus mengalami peningkatan. Hal itu terjadi karena cara pengolahannya yang semakin canggih sehingga masyarakat begitu gemar dengan makanan yang terbuat dari singkong. Dan hal ini pun terjadi tidak hanya di pulau jawa saja tapi pada pulau sumatera, atau pulau kalimantan.

* Kedua, Usaha budidaya singkong ini merupakan jenis usaha yang tahan krisis. Harga nya cenderung stabil dan juga tidak bergantung dengan kondisi ekonomi nasional.

*Ketiga, Persaingan dalam usaha budidaya singkong juga tidak terlalu ketat.

Jenis-jenis singkong sangat beragam, namun yang sekarang ini jenis singkong yang sedang populer dibudayakan oleh masyarakat adalah singkong gajah dan singkong manggu. Singkong gajah dikenal baru baru ini sedangkan singkong manggu sudah lebih banyak di kenal masyarakat.

Hal yang dominan mengenai prospek bisnis budidaya singkong yaitu karena Kebutuhan nasional akan singkong yang terus meningkat serta persaingannya yang masih belum terlalu ketat.

Sehingga hal itu dijadikan alasan yang menyebabkan prospek usaha ini begitu bagus.

Jenis singkong yang berpontensi dijadikan bisnis

Dari semua jenis singkong yang beranekaragam tersebut tentunya ada sebagian singkong yang menjadi andalan dan memiliki potensi besar. Seperti yang sudah saya sebutkan tadi bahwa saat ini ada dua jenis singkong yang paling populer di budidayakan yaitu singkong manggu dan singkog gajah. Singkong ini ternilai sebagai singkong yang mampu berpotensi besar untuk dijadikan peluang usaha menjanjikan. Singkong ini juga di percaya memiliki keunggulan dalam proses pembudidayaan. Singkong manggu merupakan tanaman yang sudah di kenal sejak dulu di daerah jawa barat. Ukuran singkong mangu ini kecil dan diameter batangnya hanya 5 cm. Rata – rata berat singkong ini saat panen mencapai 75 sampai 100 ton untuk setiap hektarnya. Rasa dari singkong manggu ini cenderung lebih manis.

Sedangkan untuk singkong gajah awalnya di temukan di daerah kalimantan timur. Ukuran singkong yang besar ini lah yang membuat singkong ini di namai sebagai singkong gajah. Singkong gajah ini jauh lebih besar ukurannya di bandingkan dengan singkong manggu. Diameter ukuran singkong gajah rata – rata 8 cm hingga bisa mencapai sebesar paha manusia dewasa. Untuk hasil panen singkong gajah ini lebih banyak dari singkong manggu. Jumlah nya bisa mencapai 150 hingga 200 ton setiap hektarnya. Rasa dari singkong gajah ini juga memiliki rasa yang berbeda. Singkong gajah ini cenderung memiliki rasa yang gurih dan banyak juga orang yang beranggapan bahwa singkong ini di beri mentega. Jadi, singkong gajah sedikit lebih unggul dibanding dengan singkong manggu. Namun tetap saja ke dua singkong ini dianggap memiliki keunggulan yang sama dalam potensial peluang usaha.

Selain memiliki rasa yang enak, singkong gajah dan juga singkong manggu ini juga tidak mengandung racun, sehingga sangat aman untuk di konsumsi. Selain ukurannya yang besar singkong ini juga memiliki ciri-ciri kulit yang mudah di kupas, tekstur daging dari kedua singkong ini juga empuk serta renyah. Singkong ini bisa dijadikan aneka macam jenis olahan , selain bisa dikukus dan di rebus, singkong ini bisa diolah menjadi kue, keripik, getuk, gaplek, singkong bakar dan berbagai jenis olahan lainnya. Singkong ini juga mengandung pati yang tingg sehingga bisa di manfaat kan sebagai bahan industri seperti tepung, mocaf, dan bahan baku bioetanol.

Demikian artikel tentang Usaha Sampingan Budidaya Singkong yang bikin Anda Sukses . Semoga bermanfaat. Dan selamat mencoba

Anda mencari Distibutor PULSA & KUOTA termurah ? disini tempatnya: Klik Disini.

Distributor Pulsa Electrik Termurah

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *