Usaha Budidaya Ikan Gurame Rumahan bagi Pemula

  • Whatsapp
Usaha Budidaya Ikan Gurame Rumahan bagi Pemula
Distributor Pulsa Electrik Termurah

Usaha Budidaya Ikan Gurame Rumahan bagi Pemula – Ikan gurami merupakan jenis ikan yang sangat berpotensial dalam berbagai aspek. Mulai dari rasanya yang lezat, proses budidayanya yang mudah dan yang paling penting adalah ikan ini sangat berpotensi mendapatkan keuntungan besar untuk dijadikan sebagai peluang usaha. Karena jenis ikan ini memiliki minat yang tinggi bagi konsumen, sehingga nilai ikan ini di pasaran sangatlah melonjak. Dan akhirnya tingkat permintaan pasar juga semakin pesat.
Yang lebih menggiurkan dalam pembudidayaan dari ikan gurame adalah hasil yang sangat memuaskan. Berdasarkan sejumlah penelitian mengatakan bahwa ikan gurame memiliki potensial yang sangat tinggi, mulai dari pemeliharaan yang mudah, modal yng digunakan sedikit, serta memiliki harga jual yang tinggi. Itulah yang sangat menarik dari budidaya ikan gurame. Namun disisi lain ikan gurame memiliki kelemahan yaitu masalah waktu pemeliharaan yang relatif lama dibanding dngan ikan-ikan lainnya. Untuk proses pemeliharaan ikan gurame yaitu sekitar 10 sampai 12 bulan baru bisa untuk di panen. Hitungan waktu yang demikian dapat dikatakan cukup lama.

Usaha Budidaya Ikan Gurame Rumahan bagi Pemula

Read More

Namun hal tersebut tidak akan menjadi masalah bagi pembudidaya ikan iki, karena hasil yang akan diperoleh dari pemeliharaan ikan iki memang sangat bisa diandalkan, sehingga dapat menutupi kekurangan dari ikan ini, dan tetap saja bisa sebanding dengan lamanya proses pemeliharaan. Ikan ini tentunya tidak asing lagi di kalangan masyarakat, karena ikan ini sangat begitu digemari oleh sebagian besar konsumen. Ikan yang memiliki ciri besar, dengan daging yang lembut serta rasa yang lezat, maka tak heran ikan ini menjadi faforit dan banyak diburu.

Alasan yang lebih tepat lagi mengapa ikan ini terbilang potensial untuk dikembangkan ? Berdasarkan pada kenyataan yang bisa dilihat dipasaran bahwa ikan ini terlalu banyak permintaan, namun stok yang disediakan terbatas, sehingga belum bisa untuk memenuhi semua permintaan konsumen. Nah berdasarkan pernyataan tersebut maka ini adalah kesempatan emas anda untuk mengembangkan usaha ini.

Jenis Usaha budidaya ikan gurami

Dari usaha budidaya ikan gurami anda juga apat menjalankan ketiga bisnis tersebut sekaligus. Anda sendiri yang memelihara ikan gurami,anda juga menjadi pengepul ikan gurami dari para pembudidaya serta lankan beberapa bisnis. 3 hal tersebut ialah : anda menjadi ­ peternak, menjadi pengepul, hingga sampai menjadi pengolah ikan guanda juga mengolah ikan gurami menjadi berbagai olahan warung atau resto. Dan berikut ini jenis usaha budidaya ikan gurami :

1. Usaha telur ikan gurami

Hal yang juga menjadi pembeda dari ikan gurame dengan ikan-ikan lain termasuk ikan mas adalah ikan ini tidak bisa bertelur di sembarang tempat. Ikan gurami membutuhkan sarang untuk bertelur. Oleh sebab itulah para petani lebih sering membeli indukan yang sudah siap bertelur yang kemudian menaruhnya ke dalam kolam tanah dengan kedalaman tertentu. Setelah itu anda bisa menaruh sarang yang terbuat dari serabut kelapa yang di masukan ke dalam kolam tersebut.

Inilah yang akan memudahkan anda ketika ingin menjual-telur ikan gurame, karena telur ikan gurami tersebut akan menempel di sarang yang telah anda sediakan itu. Sehingga anda dengan mudah mengambil telur terssebut untuk menjualnya dengan hitungan persarang atau bisa juga perbutir telur. Untuk harga persarang nya atau pertelur nya berbeda beda di setiap musim dan temoat. Biasanya setiap butir telur dapat di patok dengan harga 15 sampai 130 rupiah. Kelebihan dari usaha telur gurami ini adalah karena dalam menjalankan usaha nya tidak sulit serta pakan nya pun bisa di tekan dengan menggunakan daun talas dan juga rampelan. Cukup mudah kan ? Itulah salah satu kelbihan dari budidaya ikan gurame.

2. Pembesaran ikan

Sarana yang digunakan dalam proses pembesaran ikan gurame ada dua jenis yaitu ikan kolam tanah dan ikan kolam terpal. Setelah anda mendapatkan telur gurami, kemudian anda bisa melakukan langkah selanjut nya yaitu meletakan telur tersebut kedalam ember atau bak besar dan biarkan telur tersebut menetas semuanya selama beberapa hari. Dan setelah semua telur sudah menetas segera letakan ikan gurami tersebut di dalam kolat terpal atau kolam tanah yang sudah anda sediakan.

Nah kemudian Setelah ikan gurami berusia sekitar 3 atau 4 minggu dan ukurannya sudah mencapai biji oyong, maka anda bisa mulai menjualnya kepada para peternak atau pengepul. Dan ini sekaligus menjadi panen pertama yang bisa anda dapatkan dalam usaha pembesaran ikan gurami ini. Anda bisa menjualnya dengan berbagai ukuran sesuai keinginan anda. Jadi dengan seperti itu anda tidak cuma fokus terhadap pembesaran ikan untuk konsumsi saja. Tentunya akan menambah omset anda bukan?

Cara yang lain yaitu anda juga bisa membeli ikan dengan ukuran biji oyong dan kemudian menjualnya ketika pada saat ukuran sudah mencapai satu silet. Atau anda juga bisa memulainya pada ukuran satu silet hingga sampai ukuran sebesar telapak tangan. Hal yang perlu anda ingat, dalam proses pembesaran ikan gurame juga memerlukan jumlah pakan yang besar, logisnya semakin besar ikan tersebut maka akan semakin banyak pakan yang harus anda sediakan. Namun akan semakin besar pula keuntungan yang akan anda dapatkan. Maka dari itu selama proses pembesaran ikan gurami merupakan usaha yang paling banyak mendatagkan keuntungan besar.

Kelebihan usaha budidaya ikan gurami

1. Harga jual tinggi

Proses pembesaran ikan gurame juga harus dengan perawatan secara intensif , hal tersebut bertujuan agar bisa menjadikan harga jual ikan gurami sangat tinggi di pasaran. Seperti ikan gurami yang siap konsumsi biasanya di hargai sekitar 40 – 50 ribu perkilonya dan ini hanya berisi 2 ekor ikan gurami. Sedangkan 1 kg yang berisi 3 – 4 ekor ikan di hargai sekitar 40 – 45 ribu. Dan yang lebih menarik lagi jika bobot ikan gurami 1 ekor mencapai 2 sampai 5 kg, karena harga jualnya akan mencapai harga di atas angka tersebut. Hal yang sangat menggiurkan memang.

2. Daya tahan kuat

Kelebihan lain dari ikan gurame adalah ikan ini memiliki tingkat kekebalan yang lebih tinggi jika di bandingkan dengan jenis ikan air tawar lainnya. Ikan ini juga tidak rentan terhadap penyakit, seperti pada umumnya, kebanyakan kasus mengenai hama dan penyakit yang sangat mudah menyerang pada jenis ikan air tawar, namun berbeda dengan ikan gurami yang memiliki kekebalan tubuh jauh lebih kuat. Namun meski begitu tetap harus menjaga kualitas kebersihan kolam dan juga pemberian pakan yang berkualitas baik agar ternak ikan gurami anda juga terbebas dari hama dan penyakit.

3. Pakan yang murah

Kelebihan lain dari membudidaya ikan gurame yaitu masalah pakan. Untuk masalah Pakan gurami sendiri memang sangat mudah di dapatkan serta dengan harga yang murah. Ikan gurami tergolong sebagai jenis ikan omnivora ( jenis ikan pemakan segalanya). Pada dasarnya makanan ikan gurami adalah fitoplankton, zooplankton, serangga dan juga tumbuhan lunak. Ada bisa memberi pakan ikan gurami dengan daun sante, kangkung dan daun ubi kayu serta tanaman air tertentu yang mudah di dapatkan. Selain itu harga nya juga murah.

4. Permintaan pasar yang tinggi

Tak perlu ditanya masalah pemasaran ikan gurame ini. Anda tidak usah bingung ingin memasarkan kemana, dan dengan siapa . Karena permintaan pasar ini jelas sangat tinggi terhadap ikan gurami serta pemasarannya yang mudah . Seperti pada pernyataan diatas yang mengatakan bahwa stok pasar ikan ini belum bisa memenuhi semua permintaan konsumen. Ini karena semakin banyak nya minat masyarakat indonesia yang gemar mengkonsumsi ikan gurame . Alasan begitu digemari yaitu karena dagingnya yang empuk dan tebal sehingga permintaan pasar akan ikan gurami selalu meningkat. Jadi tidak heran jika usaha budidaya ikan gurami ini banyak di lirik orang.

5. Perawatan yang mudah

Hal yang juga sebagai pendorong para pelaku usaha ikan gurame yaitu karena perawatannya yang sangat mudah. Karena hanya dengan intensif dan juga teratur dalam menjaga kadar air, temperatur suhu air, kebersihan kolam, pencegahan vaksinasi terhadap berbagai macam penyakit ikan air tawar, budidaya ikan gurami akan berjalan lancar.

Disetiap kelebihan tentunya akan ada kekurangannya, tidak terkecuali ikan gurame ini. Seperti yang telah dikatakan diatas bahwa yang menjadi kekurangan dan juga hambatan pada budidaya ikan gurami yaitu meliputi masa panen yang cukup lama, masa pembesarannya juga membutuhkan waktu yang lama, meski ikan gurami termasuk ikan yang memiliki daya tahan tubuh yang kuat tetapi ikan gurami juga memiliki potensi terkena penyakit seperti bintik putih dan penyakit akibat jamur.

Meskipun begitu, namun tetap saja ikan gurami akan terus menjadi sarana bisnis yang sangat potensial dengan keuntungan yang menggiurkan. Anda jangan salah berfikir bahwa ikan jenis ini hanyalah musiman saja. Anda salah besar, ikan ini justru semakin kedepan akan semakin pesat perkembangan di pasaran, karena peminatnya yang akan terus meningkat. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Usaha Budidaya Ikan Gurame Rumahan bagi Pemula. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba .

Anda mencari Distibutor PULSA & KUOTA termurah ? disini tempatnya: Klik Disini.

Distributor Pulsa Electrik Termurah

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *