Usaha Budidaya Ikan Hias yang Menguntungkan

  • Whatsapp
Usaha-Budidaya-Ikan-Hias-yang-Menguntungkan
Distributor Pulsa Electrik Termurah

Usaha Budidaya Ikan Hias yang Menguntungkan – kegemaran setiap orang memang berbeda-beda, termasuk gemar mengoleksi ikan hias. Mengoleksi ikan hias memanglah sebuah hobi yang bisa mengundang daya tarik tersendiri. Dengan beraneka ragam jenis -jenisnya, maka dari itu banyak orang yang gemar mengoleksi ikan hias.

Seperti yang telah kita lihat, banyak pekarangan rumah yang dijadikan sebagai kolam ikan hias, dan banyak pula yang mengoleksi ikan hias di dalam rumah, seperti dalam aquarium. Budidaya ikan hias memang mengundang perhatian tersendiri, terutama bagi pemiliknya. Karena ikan hias memiliki sebuah sensasi yang sangat menyenangkan bagi yang menggemarinya.

Read More

Usaha-Budidaya-Ikan-Hias-yang-Menguntungkan

Ketika melihat ikan hias dengan berbagai macam warna-warni bahkan apalagi ketika melihat ikan sedang berenang kesana-kemari, maka itulah sensasinya dari ikan hias, bahkan mampu untuk mengusir kejenuhan bagi pecinta ikan hias. Dan pada saat ini ikan hias memiliki pangsa pasar yang cukup besar. Dan dapat dipastikan akan semakin bertambahnya permintaan.

Tahukah anda, ikan hias mempunyai potensi yang luar biasa loh. Kenapa begitu ? Mungkin anda berfikir bahwa ikan hias cuma dijadikan sebagai penyalur hobi saja, namun jika anda mampu berfikir cerdas, ini adalah sebuah peluang yang sangat bagus untuk anda kembangkan. Selain menjadi penyalur hobi, hal ini sekaligus bisa anda jadikan sebagai bisnis yang menguntungkan. Mengingat permintaan pasar yang semakin melonjak, maka manfaatkanlah kesempatan tersebut.

Aneka jenis ikan yang pada umumnya di budidayakan di Indonesia sangatlah bermacam-macam, namun jenis ikan air tawar yang banyak menjadi pilihan pembudidaya. Kerena membudidayakan ikan air tawar relatif lebih mudah dikembangkan dari pada ikan air laut. Dikatakan mudah karena tekhnik yang digunakan dalam membudidayakan ikan jenis air tawar cukup dengan cara yang sederhana saja, serta dengan biaya yang murah. Sehingga ikan ini banyak dikembangkan sebagai bisnis rumahan.

Di indonesia ada beberapa jenis ikan yang menjadi pilihan usahanya, tergantung selera masing-masing pecinta ikan. Namun kini yang menjadi primadona bagi para pecinta ikan hias yaitu seperti ikan cupang dan ikan arwana. Ikan hias dari negara lain juga banyak di budidayakan di indonesia antara lain seperti ( ikan koi, ikan guppy, dan ikan koki. ) Jenis-jenis ikan tersebut memang memiliki daya tarik yang luar biasa, sehingga bisa mendobrak minat para pecinta ikan.

Berdasarkan kondisi pasaran yang semakin terbuka lebar, maka hal tersebut mengundang pebisnis ikan hias yang semakin memadati persaingan bisnis ikan hias. Tingkat permintaan dari konsumen yang semakin bertambah sehingga para pebisnis tidak akan kesulitan dalam mencari konsumen. Mengapa tidak, karena jenis ikan yang beragam bentuk dan warna yang cantik itulah yang menjadi daya tarik konsumen.

Usaha budidaya ikan hias sangatlah mudah untuk dijalankan, selain itu proses pengelolaannya sangat mudah serta memiliki potensi keuntungan yang besar. Sehingga usaha yang satu ini sangatlah cocok untuk dijalankan oleh siapa saja. Berdasarkan pengamatan ikan hias yang dilihat dari tingkat pasaran, ikan ini tidak akan ada sepinya, bahkan dari tahun ke tahun justru akan semakin pesat permintaan konsumen.

Nah, bagi anda (pecinta ikan hias), jika anda berminat untuk mulai terjun dalam bisnis ini maka peluang masih terbuka lebar dan bisa anda jalankan mulai dari sekarang. Namun sebelum anda memulainya, terlebih dahulu anda pelajari beberapa hal penting dalam menjalankan bisnis ikan has ini.

Tips Usaha Budidaya Ikan Hias yang Menguntungkan

1. Tempat Pemeliharaan

Langkah pertama untuk mengawali usaha anda yaitu siapkan tempat untuk budidaya ikan tersebut. Bagi anda yang tidak memiliki lahan luas, maka aquarium adalah media yang sangat tepat sebagai lahan membudidayakan ikan hias tersebut. Anda bisa membuat aquarium berbentuk memanjang, sehingga dapat memuat lebih banyak jumlah ikan hias tersebut.

Melalui media aquarium, justru akan lebih mudah di aplikasikan untuk berbagai jenis ikan hias. Suplai air yang anda sediakan juga akan jauh lebih natural dan alami tanpa kandungan bahan kimia. Namun anda juga harus selalu untuk memperhatikan PH air, pastikan air selalu dalam kondisi yang jernih. Jangan lupa gunakan sekat pada aquarium, hal ini juga sangat penting karena berguna untuk mengantisipasti terjadikan pertarungan ikan yang berbeda jenis.

2. Pelihara berbagai jenis ikan hias

Untuk memperlancar datangnya omset, maka anda harus membudidayakan berbagai jenis ikan hias. Karena konsumen akan lebih tertarik dengan beragam jenis pilihan ikan hias. Mereka akan lebih mudah untuk memilih ikan sesuai dengan minatnya. Ada banyak jenis ikan hias yang saat ini sedang ramai diburu oleh konsumen, diantaranya adalah : ikan koi, ikan koki, ikan cupang, ikan guppy, diskus, dan masih banyak lagi.

3. Tahap perjodohan

Hal yang harus anda perhatikan dalam tahap pembiakan ini adalah anda harus bisa memilih indukan yang berusia matang dan mempunyai berkualitas bagus. Karena itu akan berpengaruh terhadap hasil pembiakan tersebut. Perhatikan juga suhu yang di butuhkan sampai kadar PH yang pas untuk pembiakan. Ada beberapa jenis ikan yang membutuhkan waktu yang relatif lebih lama untuk proses perjodohan bahkan sampai memerlukan suntikan. Namun ada juga jenis ikan yang mudah saja berjodoh.

4. Tahap pembesaran

Setelah tahap perjodohan berhasil dan telur – telur sudah menetas, langkah selanjutnya adalah perhatikan dalam pemeliharaan larva hingga menjadi ikan siap panen. Jika ikan masih berbentuk larva hingga beberapa hari maka tidak membutuhkan pakan. Ketika ukuran larva ini mulai membesar maka larva ini sudah mulai membutuhkan pakan seperti cacing sutera dan jenis kutu air. Sampai pada akhirnya ikan ikan ini bisa memakan makanan seperti ikan kecil pada umumnya dengan tekstur yang lebih lembut.

Hal lain yang perlu anda perhatikan yaitu, pastikan aquarium tidak dalam kondisi yang padat, sehingga ada ruang gerak bebas bagi ikan-ikan tersebut, apalagi bagi ikan yang baru tumbuh maka perlu anda pindahkan ke tempat yang lebih aman. Karena biasanya saking padatnya ikan dalam satu tempat dalam aquarium maka akan terjadi saling memangsa satu sama lain.

5. Kebersihan aquarium

Tak kalah pentingnya yang perlu anda perhatikan yaitu masalah kebersihan aquarium. Anda harus selalu memperhatikan kejernihan air dalam aquarium karena ini menyangkut kelangsungan hidup ikan hias. Apalagi ketika ikan pada tahap pembesaran. Karena dalam fase ini kotoran ikan akan lebih banyak sedangkan kondisi ikan masih terlalu rentan terhadap kondisi air yang kotor. Oleh karena itu anda perlu membersihkan aquarium paling tidak 2 hari sekali untuk tahap pembesaran, dan 1 kali dalam seminggu untuk aquarium ikan dewasa.

6. Pemasaran

Langakah terakhir dalam aspek ini adalah anda harus memastikan tersedianya pasar untuk ikan hias anda. Anda bisa ikut bergabung dengan sebuah kelompok usaha atau koperasi ikan hias. Dengan anda ikut dalam kelompok ini maka itu akan lebih memudahkan anda dalam proses pemasaran, karena sudah ada sejumlah pembeli yang siap menampung produk anda. Sehingga itu akan membuat anda bisa lebih aktif dalam produksi ikan hias serta anda akan lebih mengenal para penampung ikan hias yang siap menerima pasokan ikan anda.

Cukup sekian pembahasan artikel tentang Usaha Budidaya Ikan Hias yang Menguntungkan. Semoga dapat menjadi referensi anda dan semoga bermanfaat. Semoga sukses :).

Anda mencari Distibutor PULSA & KUOTA termurah ? disini tempatnya: Klik Disini.

Distributor Pulsa Electrik Termurah

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *