7 Jenis Usaha Agribisnis yang Menguntungkan untuk Anda Coba

  • Whatsapp
Distributor Pulsa Electrik Termurah

Kumpulan Ide, Inspirasi Bisnis dan Peluang Usaha Sederhana Di Bidang Pertanian (Agrobisnis) Dengan Modal Kecil Menguntungkan.

7 Jenis Usaha Agribisnis yang Menguntungkan untuk Anda Coba РPada kesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi seputar beberapa peluang usaha di bidang agribisnis. Dalam bidang usaha agribisnis, memang bisa dikatakan mudah dalam menjalankannya, yakni dengan hanya menanam, merawat tanamannya, kemudian menjualnya dengan tujuan mencari sebuah keuntungan.  Kerjanya pun relatif sederhana dan terlihat santai. Namun sebenarnya usaha apapun itu sama saja, yaitu harus dilakoni dengan penuh semangat, kegigihan, kerja keras dan dengan tekad yang tinggi. Itulah kunci keberhasilan dalam usaha.

Usaha dalam bidang agrobisnis ini bisa dikatakan sebagai usaha yang sangat berpeluang di Indonesia. Cara kerja yang relatif mudah, serta keuntungannya yang menjanjikan, sehingga usaha ini cukup populer di Indonesia. keuntungan yang besar dari usaha ini akan terlihat asalkan dilakukan dengan skala yang menengah keatas, artinya tidak begitu kecil. Maka keuntungannya akan semakin terasa.

Untuk mengawali terjun kedalam usaha Agribisnis hal yang perlu anda ketahui yakni usaha ini tentu saja sama dengan usaha-usaha lain, yaitu perlu modal yang lumayan besar. Ya jelas dong, usaha apapun memang jelas perlu modal. Namun berbicara masalah modal, anda bisa sesuaikan sendiri mengenai besar kecilnya modal tersebut. Jika modal yang anda miliki terbatas, maka tak ada salahnya jika anda memulai usaha dengan skala kecil lebih dahulu, selang berjalannya waktu jika usaha anda sudah nampak hasilnya maka skala usaha anda bisa diperbesar lagi.

Tidak hanya itu, bahkan masih banyak lagi kelebihan dari bisnis ini. Peluang usaha di bidang agrobisnis ini sesungguhnya sangat patut untuk  dipertimbangkan karena waktunya yang sangat fleksibel dan relatif lebih santai dibandingkan dengan jenis usaha lainnya, sehingga banyak sekali hal ini dilakukan sebagai usaha sampingan di rumah. Faktor inilah yang pastinya dapat menarik minat para Pensiunan, Ibu Rumah tangga, karyawan, pegawai maupun adik adik mahasiswa dan pelajar juga sangat berpeluang besar untuk mencapai sukses dalam menjalankan usaha agrobisnis ini.

Hal yang menjadi sorotan utama dari pebisnis mengenai usaha yang satu ini yaitu dikarenakan usaha ini terbilang sangat mudah serta memiliki peluang yang sangat baik dan bahkan pangsa pasar yang semakin terbuka lebar. Sehingga banyak publik yang berpendapat bahwa usaha agrobisnis ini merupakan bisnis yang sangat berpotensi ketika melihat betapa bagusnya nilainya dipasaran. Bahkan banyak publik melihat pada peluang tidak hanya di masa kini saja, potensi dari bisnis ini sudah bisa dilihat prospeknya di masa mendatang.

Memang tidak berlebihan jika dikatakan bahwa bisnis ini dikategorikan sebagai jenis usaha yang sangat potensial dan memiliki keuntungan yang menjanjikan, bahkan menjadi usaha yang tidak hanya menggiurkan saja namun juga berpotensi dapat memberikan penghasilan tambahan maupun pendapatan bulanan yang besar dan stabil. ūüôā

Baiklah pembaca, sesuai dengan tema dalam pembahasan kali ini, yakni tentang Ide dan Peluang bisnis yang jitu serta sebagai Peluang usaha yang mudah dan sederhana di bidang pertanian / agrobisnis yang menguntungkan dengan modal yang relatif kecil.

Okelah kalau begitu admin akan segera memberikan ulasan tentang macam macam Peluang Usaha Di bidang Agrobisnis yang cukup menggiurkan dan telah membuahkan hasil sebuah kesuksesan bagi banyak orang sukses dengan pendapatan yang besar serta proses kerja yang cukup santai.

Berikut ulasan Selengkapnya..

7 Peluang Usaha dan Ide Sederhana Bidang Agrobisnis yang Mudah dan Menguntungkan.

1.    Usaha Budidaya Tanaman Obat Untuk Menyuplai Usaha Minuman Kesehatan (Jamu) dan Obat Kesehatan Herbal.

Tahukan anda bahwa jenis tanaman yang dijadikan sebagai bahan baku obat atau minuman kesehatan (jamu) memiliki pangsa pasar yang terbuka lebar.  Pasalnya, kebutuhan masyarakat akan obat-obat herbal sangat mendukung bagi petani agrobisnis dan bahkan akan terus mentarget untuk menyuplai ke berbagai pabrik dan industri rumahan yang berbasis produksi minuman kesehatan.

Di Indonesia kebutuhan akan minuman kesehatan seperti jamu dan obat-obat herbal lainnya memang memiliki tingkat pasaran yang sangat besar. Pernyataan tersebut memanglah terbukti dari era dahulu hingga sekarang ini, bahkan kemungkinan besar di masa yang akan datang juga akan semakin meningkat kebutuhan dengan obat-obat herbal.

Pada intinya tingkat pemasaran yang berbasis usaha makanan dan obat obatan tidak akan pernah sepi, pernyataan tersebut diperkuat  karena semua orang butuh makan dan butuh hidup sehat. jadi prospek dari usaha pertanian dalam bidang ini untuk tahun 2016,2017,2018,2020 hingga tahun-tahun berikutnya pastinya akan terus menerus meningkat.

Nah, Beberapa Contoh peluang usaha dalam kategori ini antara lain ;

1.    Bertanam Jahe Merah Dalam Karung/Polybag
2.    Bertanam Daun Mint dll.
3.    Budidaya Tanaman Lidah Buaya.
4.    Budidaya Tanaman Bunga Rosela untuk bahan baku sirup alami dan obat herbal tertentu
5.    Budidaya Tanaman untuk Jamu Kesehatan lainnya, misalnya temulawak, kunyit dan tanaman rimpang rimpangan lainnya
6.    Budidaya Daun Sirih

2. Usaha Jitu : Membuat dan Menjual Cangkokan Tanaman Buah dan Tabulampot (Tanaman buah dalam Pot)

Kini telah hadir sebuah usaha agribisnis yang sedang populer dalam pangsa pasar yaitu cangkokan buah dalam pot ( tabulampot ). Dan ini merupakan salah satu usaha yang sangat berpeluang dalam agribisnis bahkan akan sangat menguntungkan. Prospek ini dapat dilihat berdasarkan tingkat promosi yang secara besar-besaran serta ulasan-ulasan mengenai hal ini didalam soosial media. Sehingga dapat kita pastikan bahwa usaha yang satu ini akan semakin melaju pesat mulai tahun-tahun ini hingga di masa mendatang.

Alasan kenapa usaha agribisnis ini sangat berpotensi baik dari petani maupun konsumen yaitu, untuk membuat usaha ini tidak perlu menggunakan modal yang besar, serta tingkat pemasaran kepada konsumen akan semakin terbuka lebar. Terutama bagi masyarakat diperkotaan yang sangat berantusias kepada tanaman buah kerdil/perdu di dalam pot ini. Sehingga itu akan menjadi sebuah kesempatan emas bagi petani agri untuk menjual bibit-bibit tersebut.

Mungkin akan mengundang dayatarik jika dipekarangan rumah memiliki tanaman yang ranum bergerombol, pastinya ingin memetik tanaman tersebut bukan ? bukan tidak mungkin hal itu terjadi, pastinya semua orang gemar akan hal itu. Maka dari itu, ini merupakan sebuah peluang besar dalam pertanian di tahun ini hingga mendatang.

Tertarik untuk menggeluti bisnis ini?

3. Berjualan Bunga dan Tanaman Hias

Bergelut dengan dunia bunga dan tanaman hias memanglah sangat mengasikkan, apalagi mempunyai berbagai tanaman hias yang begitu indah dengan beragam bunga cantik, mungkin anda akan gemar menata dan mendekornya.

Mengenai hal tersebut memang tidak bisa disangkal, karena melalui media tersebut bisa menjadi sebuah hiburan bahkan banyak dari mereka menjadikan hal tersebut menjadi sebuah hobi.

Tahukah anda bahwa hobi tersebut merupakan sebuah hobi yang berpotensi untuk dijadikan usaha ? pasti anda tidak menyangka.

Sempatkah anda berfikir untuk menjadikan hobi anda bertanam bunga hias tersebut sebuah usaha ? sekali lagi kami tegaskan bahwa  memiliki hobi seperti anda dalam dunia bunga hias merupakan sebuah hobi yang sangat mahal loh. Kenapa tidak, selain menjadi hobi, disamping itu anda bisa mengembangkannya menjadi usaha yang akan mendatangkan omset yang lumayan, mengingat kebutuhan akan tanaman hias di kalangan masyarakat yang semakin meluas, sehingga itu menjadi sebuah peluang emas bagi anda.

Hal yang menjadi semakin potensial dari bisnis ini yaitu, selain tidak memerlukan modal yang besar, disamping itu kebutuhan masyarakan akan tanaman hias sangat tinggi. Setiap orang pastinya memiliki pekarangan rumah, tentunya akan membutuhkan berbagai tanaman hias untuk menghiasi pekarangan rumah mereka atau taman mereka.

Bisnis ini memiliki pangsa pasar yang luas. Tidak hanya kepada masyarakat yang ingin menghiasi pekarangan rumah mereka saja, peluang pangsa pasar untuk menyuplai para dekorator interior dan eksterior, pengrajin karangan bunga, penjual bunga taburan untuk ziarah, para dekorator hiasan pelaminan, hajatan, karnaval dan lain lain di indonesia yang sudah kita mahfumi membutuhkan pasokan bahan baku bunga segar dan tanaman hias yang banyak dan beraneka ragam.

Menarik bukan ? dan bagi yang sudah menjalankan usaha ini, tentu ini akan menjadi bahan pertimbangan anda, bahkan akan menambah semangat anda untuk terus mengembangkan usaha anda tersebut. Jika memang benar maka alangkah baiknya jika anda memperlengkap koleksi anda tersebut, usahakan tanaman yang sedang di cari konsumen tersedia di tempat anda.

4. Budidaya Tanaman Buah Produksi

Dalam kategori budidaya tanaman/ bisnis agrobisnis modal kecil kecilan yang ke tujuh adalah, dengan menanam jenis tanaman buah yang harga bibitnya murah serta mudah didapatkan di daerah anda dan juga terjangkau biaya perawatannya.

Contoh Tanaman buah yang bisa anda budidayakan antara lain :

Budidaya Kedondong
Budidaya Jeruk Manis
Budidaya Jeruk Purut
Budidaya Buah Naga dll.
Budidaya Pisang Raja / Kepok / Susu

5. Budidaya Jamur Konsumsi Modal Kecil-Kecilan

Bagi anda yang memiliki modal pas-pasan namun ingin mendirikan sebuah usaha, anda tak perlu bingung, budidaya jamur adalah solusinya. Iya benar, coba anda perhatikan pangsa pasar yang semakin terbuka lebar serta persaingannya juga belum terlalu ketat, namun kebutuhan akan jamur konsumsi semakin meningkat. Maka ini merupakan salah satu pilihan yang sangat tepat untuk anda jadikan sebuah peluang usaha.

Jamur memang memiliki rasa yang khas sehingga hampir semua kalangan masyarakat gemar dengan jamur. Hal itu mengundang para koki hotel, ataupun cafe, dan warung-warung makan lainnya untuk selalu menyediakan jamur sebagai menu yang bisa diandalkan, mengingat betapa antusias konsumen akan jamur yang memiliki rasa lezat serta mengandung gizi yang sangat tinggi.

Hal tersebut lebih diperkuat oleh para ahli gizi dan para vegetarian yang merekomendasikan bahwa jamur merupakan sebuah makanan yang memiliki rasa nikmat serta gizi yang tinggi.

6. Usaha Pembibitan Pohon.

Ragam jenis pohon sangatlah bervarian disetiap daerah, dan masing-masing memiliki tingkatan yang kondisional sesuai daerah anda.

Anda bisa mencermati mengenai tanaman apa saja yang banyak dibutuhkan masyarakat namun anda harus kondisionalkan dengan lingkungan tersebut. setelah menemukan tanaman-tanaman tersebut maka budidayakanlah di daerah anda untuk dijadikan sebagai peluang yang akan memberikan sebuah keuntungan.

Ini adalah beberapa pilihan tanaman yang bisa anda kembangkan di daerah anda, yaitu pembiakan Bibit Pohon Kelapa, bibit pohon jati emas, bibit pohon cendana, bibit pohon pisang dll. Yang nantinya akan membawa keuntungan besar bagi anda, dan hampir di daerah kita semua cocok dengan tanaman semacam itu.

7. Usaha Bertanam Sayur- Sayuran Kecil Kecilan

Bisa anda ketahui sendiri bahwa sayur-mayur memang tergolong  sebagai daftar kebutuhan pokok setiap rumah tangga di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pangannya..

Namun, sempatkah anda berfikir untuk memanfaatkan kesempatan ini ? seharusnya ini menjadi sebuah peluang besar untuk anda manfaatkan.

Anda pastinya pernah kan melihat iklan viral di facebook yang mengemukakan tentang kisah sukses seorang petani kangkung hidroponik sederhana di tahun 2016 dengan omset 90 juta per bulan itu?

Nah, dengan hanya bertanam kangkung potong atau kangkung cabut, seledri air, budidaya sayuran bayam, menanam kacang panjang, daun kemangi, daun singkong secara kecil kecilan terbukti hasil yang diperolehnya, meskipun kelihatannya sederhana saja,namun usaha ini memanglah sangat perpotensi untuk merauk keuntungan.

Untuk memulai usaha ini, anda bisa melakukan ujicoba terlebih dahulu, yakni menanam dikebun yang sekalipun lahan yang digunakan itu ber skala  kecil, kemudian jika sudah berbuah hasil, bisa anda pasarkan kepada warung-warung terdekat anda yang menjual sayuran. Nah jika memang prospek penjualannya bagus, maka bisa melanjutkan usaha tersebut dengan skala yang lebih besar lagi. Cara ujicoba seperti itu memanglah sangat bagus, supaya anda benar-benar tau seluk beluk bisnis tersebut bukan hanya terdengar dari berita orang.

Dengan pengalaman pribadi anda mengenai hal tersebut tentunya anda sudah siap membuka sebuah usaha agribisnis budidaya sayuran yang lebih besar lagi, yang nantinya akan membuahkan hasil yang lebih besar lagi untuk menambahankan lembaran rupiah dari usaha agrobisnis kecil kecilan anda ini.

Setelah anda menjalankan usaha tersebut, maka menjadi pertanyaan bagi anda yaitu membuka atau merintis sebuah usaha agrobisnis itu cukup mudah dan sederhana ataukah sulit ?

Cukup sekian pembahasan artikel mengenai ke 7 Jenis Usaha Agribisnis yang Menguntungkan untuk Anda Coba, dan semoga bermanfaat bagi anda.

Salam sukses..

Anda mencari Distibutor PULSA & KUOTA termurah ? disini tempatnya: Klik Disini.

Distributor Pulsa Electrik Termurah

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *