Usaha Sampingan Budidaya Ikan Patin dengan Modal Kecil

Usaha Sampingan Budidaya Ikan Patin dengan Modal Kecil – Budidaya ikan memang mempunyai daya tarik tersendiri bagi seorang pembudidaya, disamping sebagai penyaluran hobi, budidaya ikan juga bisa dijadikan usaha sampingan bahkan menjadi sebuah usaha yang besar. Contohnya budidaya ikan patin ini, meskipun belum banyak masyarakat yang mengenal akan budidaya ikan patin. Karena kebanyakan di masyarakat kita sering mengelola budidaya ikan lele, gurame, gabus, dan lainnya. Namun sebenarnya budidaya ikan patin merupakan sebuah usaha yang paling potensial, hal ini berkaitan dengan kebijakan pemerintah yang menyatakan bahwa akan memberikan batasan terhadap impor ikan, sehingga menjadikan usaha budidaya dalam negeri kini terlihat cerah prospeknya. Dan itu adalah sebuah keputusan yang sangat baik untuk mengembangkan kualitas dalam negeri.

Usaha-Sampingan-Budidaya-Ikan-Patin-dengan-Modal-Kecil

Cara budidaya ikan patin yang baik dan benar

Ikan patin memiliki potensi yang besar jika anda jadikan sebagai usaha sampingan. Karena prospek dari bisnis ikan ini masih terbuka lebar sehingga akan memiliki potensi yang sangat besar untuk dijadikan usaha. Ikan patin tergolong sebagai ikan berkumis (Siluriformes) yang termasuk dalam genus Pangasius, familia Pangasiidae ( sumber wikipedia). Perkembangbiakan ikan ini sangat cepat, bahkan ikan ini besarnya bisa mencapai 1-2 meter. Ikan patin yang banyak dikenal yaitu sebagai ikan pancingan dikolam, dan sebagai ikan konsumsi. Sehingga ikan patin memiliki potensi yang unggul dalam pemasarannya.

Kekurangan :

1. Ikan patin mempunyai masa panen yang relatif lebih lama hingga 7 bulan. Solusinya adalah dengan menjual dalam bentuk pembenihan

2. Serangan jamur, ini adalah problem yang paling umum terjadi pada usaha sampingan ikan patin

Kelebihan :

1. Pemeliharaan sangat mudah, lebih mudah jika dibandingkan dengan ikan lainnya seperti lele

2. Tidak memiliki sifat kanibal.

Ikan ini tidak akan memakan jenisnya sendiri, sehingga ikan ini dapat hidup dengan mudah dibanding ikan lele yang mengharuskan adanya pengayakan atau penyaringan.

3. Bisa menghasilkan profit yang banyak.

Hasil dari bisnis ikan patin memiliki keuntungan yang lebih unggul dibanding ikan-ikan lain, karena bisa mencapai puluhan kali lipat dari modal usaha.

Jika anda memiliki modal yang banyak serta memiliki lahan yang luas, maka usaha budidaya ikan patin sangat cocok untuk dikembangkan, semakin besar modal anda maka semakin besar pula keuntungan yang akan anda dapatkan. Namun bagi anda yang memiliki modal terbatas tak perlu cemas, anda bisa memulai usaha ini di kolam terpal pada tahapan pembenihan bibit. Dengan kesungguhan anda dalam menjalankan bisnis ini, bukan tidak mungkin lagi jika dalam jangka waktu usaha anda akan semakin besar lagi. Apalagi jika anda mempunyai kemampuan dalam mengolah ikan, maka usaha rumah makan akan semakin cocok dalam pelaksanaan dari bisnis ikan ini.

Baca Juga: Alasan Nikah pada Usia Muda Bisa Membuat Siapa Saja Lebih Sukses

Cukup sekian pembahasan mengenai artikel Usaha Sampingan Budidaya Ikan Patin dengan Modal Kecil. Semoga bermanfaat :).

Leave a Reply