Usaha Sampingan Budidaya Ikan Lele Bagi Pemula

Usaha Sampingan Budidaya Ikan Lele Bagi Pemula – Salah satu usaha budidaya ikan yang sudah banyak di geluti masyarakat yaitu budidaya ikan lele. Tidak hanya dari kalangan tertentu saja yang menjalankan usaha ini, melainkan dari semua kalanga, bahkan hampir dari semua lapisan masyarakat. Selain sebagai penyaluran hobi,budidaya ikan lele juga sebagai usaha sampingan yang sangat cocok untuk dikembangkan. Karena selain dari segi keuntungannya, ikan ini tergolong sebagai ikan yang cepat dalam pertumbuhannya, sehingga cepat panen. Itulah yang menjadi daya tarik bagi pebisnis untuk menjalankan usaha ini. Usaha budidaya ikan lele sangat memberikan keuntungan yang besar, namun semua itu tergantung dengan skala atau besar kecilnya dari usaha tersebut.

Usaha-Sampingan-Budidaya-Ikan-Lele-Bagi-Pemula

Alasan kenapa usaha budidaya ikan lele menjadi sebuah bisnis yang cocok bagi anda yaitu usaha ini dengan mudah bisa dijalankan. Mungkin jika anda yang tidak mempunyai banyak waktu untuk menjalankan bisnis ini, atau tidak memiliki modal usaha yang besar, maka usaha ini menjadi solusinya. Usaha budidaya ikan lele dapat dijalankan dengan berbagai variasi waktu, mulai dari pembenihan, penetasan, pembesaran hingga sampai pemasaran. Cukup mudah dijalankan dan hasilnya juga berlimpah, sehingga menjadi pilihan tepat bagi pebisnis budidaya ikan.

Ikan lele memiliki banyak daya tarik, mulai dari segi rasa yang lezat, serta harga yang murah maka itu alsannya mengapa ikan lele begitu banyak digemari oleh masyarakat. Kita bisa menganalisa betapa ramainya pengunjung di tempat warung makan pecel lele yang banyak bertebaran di sebrang jalan warung lamongan misal. Itu membuktikan bahwa antusias masyarakat yang gemar terhadap ikan lele sangat tinggi. Apalagi ketika menjelang hari-hari besar maka ikan lele akan menjadi buruan untuk dijadikan menu dalam acara tersebut. Dan permintaan ikan lele akan terus meningkat dari tahun ketahun.

Ikan lele merupakan salah satu ikan tawar yang banyak mengundang daya tarik bagi peminatnya terlebih mengenai rasa yang lezat serta daging yang empuk. Dan ikan lele memiliki ciri khas tersendiri dalam bentuknya. Untuk masalah harga pemasaran terhadap konsumen rata-rata dibandrol harga berkisar 11.000. oleh karena itu, usaha ikan lele sangat cocok untuk dikembangkan jika ingin merauk keuntungan besar dari sebuah bisnis.

Berikut analisa usaha Bisnis Ikan lele :

Pemasukan
Asumsi:

Tejadi kematian sebanyak 25 % sehingga ketika panen menghasilkan 7500 ekor dari 10.000 ekor benih yang di pelihara, Apabila setiap ekor memiliki bobot 1 ons ( bobot terendah ) maka kita memiliki 750 KG ikan lele yang siap jual.

Apabila harga ikan lele konsumsi Rp. 11.000/ Kg maka perhitungannya adalah :

Pemasukan : 750 Kg X Rp. 11.000/ Kg = Rp. 8.250.000
Pengeluaran = Rp. 7.000.000
Keuntungan = Rp. 1.250.000

Tingkat keuntungan bisa anda sesuaikan sendiri, semakin besar skala usaha anda maka semakin besar pula keuntungan yang akan anda hasilkan.

Baca Juga: Panduan Investasi Emas Batangan untuk Pemula

Namun jika modal yang anda punya hanya sedikit tapi ingin menjalankan usaha ini, anda bisa membuat kolam terpal dari ukuran yang bisa di sesuaikan. jika modal anda kecil, maka keuntungannya juga relatif sedikit, berkisar ratusan ribu rupiah saja. Namun semua itu tergantung dengan usaha kita masing masing, jika kita memang konsisten dalam usaha tersebut, bukan tidak mungkin lagi bahwa usaha anda nantinya akan menjadi besar.

Demikianlah artikel Usaha Sampingan Budidaya Ikan Lele Bagi Pemula yang bisa kami bagikan, mungkin bisa anda terapkan dalam menjalankan sebuah usaha . Semoga bermanfaat 🙂 🙂 🙂 :)…

Leave a Reply