Tips Mengubah Gaya Hidup Boros Menjadi Tidak Boros

Distributor Pulsa Electrik Termurah

Boros, merupakan suatu kebiasaan bagi berbagai kalangan. Yah, begitulah. Padahal cara menghasilkan uang itu harus melalui perjuangan dan kerja keras dan itu tidak sebanding dengan cara menghabiskan uang tersebut, bahkan bisa dalam sekejap.

Jika kebiasaan sifat boros terus dijalani, maka dalam hidup kedepannya tentu akan menimbulkan permasalahan yang besar. Anda harus berhenti dari gaya hidup yang boros, mulailah untuk berhemat. Aturlah sebaik mungkin antara pengeluaran dengan pemasukan anda. Mulailah untuk berfikir masa depan anda.

Tips Mengubah Gaya Hidup Boros Menjadi Tidak BorosNah, kali ini MauSuksesMuda.com akan memberitahukan tentang berbagai cara agar berhenti dari gaya hidup boros yang bisa anda tiru untuk gaya hidup anda. Yuk kita lihat sama-sama :

Atur tabungan kamu dan tentukan tujuannya

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mulailah menabung dan jadikanlah tindakan menabung sebagai sebuah hobi, bahkan hal yang wajib. Dengan hal tersebut maka anda akan memulai beranjak jauh dan terhindar dari sifat boros. Jadikan kebiasaan menabung dengan anda selalu menyisihkan pendapatan anda setiap bulannya atau setiap minggunya. Anda sisihkan sebagian dari pendapatan anda tersebut.

Setelah itu tentukan tujuan anda. Buatlah target di masa depan anda. Dengan adanya tujuan anda menabung maka akan ada daya tarik serta motivasi untuk anda menabung. Dengan memikirkan masa depan tentunya anda bisa berfikir lebih baik. Bahkan anda bisa menambahkan jumlah uang yang harus anda sisihkan dari sebagian penghasilan anda.

Buat rencana anggaran kamu selama sebulan ke depan

Langkah yang selanjutnya adalah buat rencana anggaran selama sebulan kedepan. Dengan adanya sebuah rencana yang jelas maka itu bisa menghindarkan anda dari kebiasaan boros. Anda bisa membuat daftar rician tentang seberapa banyak pengeluaran anda dalam sebulan kedepan.

Buatlah daftar pengeluaran secara rinci mengenai kebutuhan-kebutuhan yang ingin anda beli. Serta siapkan sedikit anggaran untuk hal-hal yang tidak terduga nantinya.

Selalu biasakan untuk mengutamakan hal yang terpenting dahulu. Dengan demikian akan lebih hemat dalam mengatur keuangan anda. Dengan seperti itu maka anda bisa melihat hasilnya sendiri di akhir nanti, berapa banyaknya kebutuhan selama bulan ini dan berapa banyak uang yang anda hasilkan selama sebulan, setelah terpotong untuk kebutuhan anda bisa melihat seberapa besar sisa yang anda bisa nikmati. Mungkin bisa anda depositokan. Lumayan kan untuk tabungan masa depan anda.

Prioritaskan tagihan bulanan yang harus kamu selesaikan

Prioritaskan tagihan bulanan anda. Seperti, biaya listrik, biaya sekolah, kartu kredit, cicilan motor mungkin dan lain-lain yang manjadi tagihan bulanan anda. Pastika anda bisa memprioritaskan hal tersebut.

Dengan demikian maka anda bisa mencermati tentang hal yang menjadi pengeluaran terbesar setiap bulannya. Setelah itu anda harus mensikapinya dengan cara merubah serta meminimalisirkan kebutuhan tersebut sehingga bisa sedikit menghemat.

Bawa bekal dari rumah untuk makan siang kamu

Bawa bekal dari rumah untuk makan siang kamuBiasakan membawa bekal makan siang dari rumah jika ingin menghemat. Bagi anda yang masih menjadi pelajar,  anda tak perlu gengsi untuk membawa bekal. Coba anda lihat, banyak orang-orang kantoran yang selalu membawa bekal untuk makan siangnya. Karena mereka telah melakukan kebiasaan untuk hidup hemat.

Dengan hal tersebut anda lakukan maka anda akan mendapatkan keuntungan. Yang seharusnya menjadi uang untuk makan siang anda, maka bisa anda tabungkan. Coba anda berfikir dengan cermat,daripada anda membeli makan siang, jika anda membawa bekal dari rumah maka seberapa besar jumlah uang anda yang bisa di tabungan dalam waktu sebulan. Sudah tentu banyak kan ? Daripada dipakai untuk membeli makan siang.

Bila berbelanja, buatlah daftar belanjaan yang jelas

Berbelanja mungkin memang sudah menjadi hobi bagi semua kalangan. Apalagi bagi wanita itu menjadi sebuah kebiasaan yang sangat digemari dan asyik memang. Nah, untuk menghidari dari keborosan, maka anda harus bisa mengontrol nafsu anda untuk selalu membeli barang-barang yang menggoda anda. Jangan mudah tergiur dengan barang-barang mewah yang sekejap bisa memikat nafsu anda.

Maka, siapkanlah daftar barang yang ingin anda beli, pastikan bahwa anda bisa mengatur mengenai kepentingan. Dalam arti dahulukan kebutuhan yang menjadi kebutuhan pokok anda. Yang sekiranya tidak terlalu penting maka hiraukan saja. Dengan demikia anda akan lebih berhemat.

Jangan mudah tergoda oleh catalog dan penawaran lainnya

Tahan diri anda untuk tergiur dengan penawaran-penawaran barang yang menggoda. Baik itu berbelanja langsung ataupun melalui media online. Karena didalam pemasaran tentunya mereka selalu menggunakan cara yang sekiranya bisa menarik minat para konsumen.

Sebaiknya anda harus lebih cermat dalam mensikapi hal tersebut, anda harus selalu mengingat target yang telah anda terapkan. Anda harus selalu mengkondisikan mengenai pengeluaran dan seberapa besar anda harus menabunng. Dan usahakan selalu bergaya hidup hemat.

Buatlah aktivitas menabung semenarik mungkin

Buatlah aktivitas menabung semenarik mungkinAturlah sebaik mungkin agar bisa memotivasi anda dalam menabunng supaya tidak menjadikan hal yang membosankan. Anda bisa membuat cara yang efektif dalam cara menabung anda supaya lebih semangat dalam menabung.

Anda harus menemukan cara unik untuk anda selalu semangat menabung. Misal di celengan anda bisa anda kasih tulisan “ Membeli motor Ninja”, atau “ Biaya nikah tahun ini”, maka akan membawa semangat anda untuk terus menabung. Dan masih banyak cara menarik lainnya yang bisa anda lakukan dalam menabung.

Bedakan keinginan dan kebutuhan kamu

Sebagian besar dari terjadinya sifat boros adalah mereka tidak bisa membedakan mana keinginan dan mana kebutuhan. Mereka tidak melihat hal tersebut, apa yang sekiranya menarik didepannya harus terbeli. Nah itulah yang menjadikan gaya hidup boros. Sebagian besar itu di kalangan anak muda.

Segera rubahlah gaya hidup seperti itu, anda harus selalu sadar akan kebutuhan, dan jangan selalu mengikuti keinginan anda, yang sekiranya tidak penting maka tinggalkan dulu. Dahulukan apa yang menjadi kepentingan anda maka anda akan terlatih untuk bergaya hidup hemat.

Baca Juga: Ide Bisnis

Untuk keperluan jangka  pendek, pinjamlah, bukan membeli

Banyak hal yang tak terduga yang akan dialami oleh siapaun dalam hidup ini. Terlebih dalam sebuah kebutuhan. Untuk menyikapi hal tersebut, anda harus bisa melihat antara kebutuhan jangka pendek dan jangka panjang.

Jangan biasakan sedikit-sedikit asal beli, biasakan bergaya hidup hemat. Jika kebutuhan itu merupakan jangkan pendek, maka anda bisa pinjem pada tetangga. Tentunya dengan jangka waktu dekat dong yang namanya pinjem.

Selain itu, hal yang harus anda perhatikan dalam hal pinjam meminjam adalah selalu menjaga etika anda. Dari tutur kata itu harus dijaga, dan kalau bisa anda memberikan timbal baliknya ketika selesai anda meminjam, entar itu berupa bentuk apapun. Dengan demikian maka jika suatu saat nanti jika anda ingin meminjam kembali, tentu tetangga tidak akan segan untuk meminjamkan kembali.

Berdagang atau barter

Untuk mendapatkan sesuatu barang yang diinginkan, anda tak harus selalu membeli loh. Coba anda pikir secara jeli. Sekarang kan sudah ada yang namanya barter, hehe kayak zaman dahulu yak, namun dengan adanya hal tersebut maka itu jelas menguntungkan bagi kita, segala sesuatu tidak harus selalu menggunakan uang.

Sekarang banyak kok situs di internet. Anda bisa menukarkan atau menjual barang-barang bekas anda, asalkan masih bagus. Anda juga bisa barter dengan yang lain. Misalkan, anda bosan dengan Handphone anda, anda bisa posting gambar Handphone anda di Facebook misal, dan jika ada yang berminat untuk menukar barang yang sekiranya cocok bagi kedua belah pihak. Jelas itu sebuah keuntungan kan? Anda tidak harus mengeluarkan uang untuk memiliki Handphone model baru.

Kurangi penggunaan kartu kredit

Kurangi penggunaan kartu kreditBerbelanja dengan menggunakan kartu kredit memanglah mudah dan simpel, tanpa anda harus membayarkannya dengan uang cash. Dan sebaian kalangan menerapkan gaya tersebut. Entah itu berbelanja dengan jemlah besar maupun sedikit.

Namun, tanpa anda sadari sebenarnya belanja dengan menggunakan kartu kredit justru akan membawa dampak buruk bagi anda. Itu akan terkesan lebih boros karena anda dengan mudah membelanjakan sesuatu yang sebenarnya tidak terlalu penting. Tanpa anda sadari ternyata lama-kelamaan kartu kredit anda menjadi kurus.

Mengenai hal tersebut, sebaiknya anda harus bisa mengurangi belanja dengan menggunakan kartu kredit anda. Ada kalanya anda menggunakan kartu kredit ketika dengan kondisi yang tepat.

Baca Juga: 9 Alasan Bangun Pagi Bisa Membuat Orang Akan Lebih Sukses

Pertimbangkan setiap pengeluaran

Pertimbangkan secara matang disetiap pengeluaran anda. Jangan kegabah dalam bertindak, pikikan baik-baik dari segi manfaat serta akibat atas pengeluaran yang anda lakukan itu. Jika sekiranya penting dan bermanfaat maka lakukanlah, namun jika andapun tidak tau jelas manfaatnya, maka lebih baik anda jangan lakukan hal itu. Entar yang ada malah cuma menghamburkan uang saja tanpa ada manfaatnya.

Disetiap tindakan yang ingin anda lakukan, maka sebaiknya anda selalu mengingat tentang apa yang telah menjadi konsep awal anda. Dengan demikian anda akan lebih berhati-hati dalam setiap pengeluaran anda.

Ambil atau simpan uang secukupnya

Aturlah sebaik mungkin mengenai uang yang anda hasilkan. Alangkah baiknya uang itu anda tabungkan di Bank, ataupun di ATM. Dengan demikian anda bisa mengatur pengeluaran anda, anda bisa mengambil uang secukupnya untuk memenuhi kebutuhan anda. Cara itulah yang sangat efektif dalam kebijakan pengeluaran anda.

Ingat target-targetmu di masa depan

Dengan selalu mengingat target-target untuk masa depan anda, maka akan bisa memberikan motivasi anda menabung. Karena segala sesuatu itu memang butuh dana, apalagi untuk masa depan anda tentunya harus didekengi oleh sejumlah dana.

Maka dari itulah betapa pentingnya untuk menabung sejak dini dengan guna kepentingan di masa depan anda. Anda bisa memanfaatkan tabungan tersebut untuk memenuhi kebutuhan yang akan anda alami di kehidupan mendatang. Maka, itu akan meringankan beban anda.

Baca Juga: 11 Tanda Kalau Kamu Bakal Jadi Orang Sukses

Lakukan saja, jangan gengsi

Jangan pernah sungkan atau gengsi dalam menjalankan gaya hidup hemat. Karena akan banyak tantangan bagi anda ketika melakukan gaya hidup tersebut. Karena anda akan terlihat beda dari yang lainnya. Ketika mereka mereka sibuk menghamburkan uangnya dengan berbelanja, eh malah anda justru sibuk jualan.

Ketika mereka sedang makan siang di cafe atau kantin, eh justru anda makan siang dengan bekal yang anda bawa dari rumah. Namun dengan demikian jangan pernah manjadikan hal tersebut menjadi hambatan bagi anda untuk selalu bergaya hidup hemat. Dan jangan pernah merasa minder untuk tetap melakukan aktifitas sosialmu. Tetaplah menjadi jiwa yang luwes dimanapun anda berpijak.

Jangan pernah ragu untuk melakukan hal-hal yang sekiranya bernilai positif, termasuk gaya hidup hemat yang anda lakukan tersebut. Buatlah hidup anda senyaman mungkin dan menyenangkan.

Anda mencari Distibutor PULSA & KUOTA termurah ? disini tempatnya: Klik Disini.
Distributor Pulsa Electrik Termurah

Leave a Reply