Tanda-tanda ini menunjukkan seberapa cerdasnya kamu, Silahkan Simak

“Kalau ada yang bilang kamu bodoh, berarti merekalah yang bodoh.”

Bagaimana sih ukuran orang cerdas. Apakah berdasarkan prestasi yang diraih dari sekolah ? TIDAK,  kecerdasan tidah hanya berdasarkan prestasi yang didapat dari sekolah. Kamu pun mungkin salah satunya orang cerdas, namun anda tidak menyadarinya. Perlu anda ketahui bahwasanya manusia dilahirkan dan dibekali dengan akal yang sama, jadi tinggal cara kita mengasah otak kita masing-masing. Kamu gak percaya jika kamu itu sebenarnya cerdas? Mari kita buktikan sama-sama :

Tanda-tanda-ini-menunjukkan-seberapa-cerdasnya-kamu,-Silahkan-Simak

1. Kamu Pribadi yang Skeptis (Nggak Gampang Percaya dengan Hal-Hal Non-Logis)

Jika kamu berkepribadian skeptis, itu menandakan bahwa kamu orang cerdas. Skeptis berarti tidak mudah mempercayai terhadap hal-hal non logis. Kamu akan percaya terhadap sesuatu yang sudah dibuktikan dengan nyata, atau dibuktikan oleh fakta.

2. Punya Rasa Ingin Tau yang Tinggi

Orang cerdas akan selalu memiliki rasa ingin tau yang tinggi, akan mudah penasaran dengan hal-hal baru dan akan mencari tau atas jawabannya terebut. Maka kamu tidak akan langsung merasa puas dengan jawaban dari satu orang saja, kamu akan mencari jawaban dari pendapat orang lain lagi kemudian membandingkan jawaban itu sampai kamu merasa yakin dengan jawabannya.

3. Kamu Mengakui Kesalahan dan Berusaha Memperbaikinya

Setiap orang pasti pernah melakukan sebuah ksalahan. Jika kamu sadar telah melakukan kesalahan dan kemudian kesalahan tersebut kamu jadikan sebagai pembelajaran agar bisa menjadi lebih baik lagi, maka kamu termasuk orang cerdas.

4. Selalu Bertanya Kenapa dan Bagaimana

Orang cerdas akan selalu bertanya “kenapa” dan “bagaimana” terhadap hal-hal yang membuat dirinya penasaran. Apa kamu mungkin sering mengeluarkan kata-kata itu ? jika benar, berarti memang cerdas. Kamu akan selalu bertanya kenapa dan bagaimana prosesnya sehingga hal itu bisa terjadi.

5. Kamu Berpikir Apa yang Kamu Pikirkan

Apa maksudnya dari “kamu memikirkan apa yang kamu pikirkan”? maksudnya  adalah kamu menyadari proses berfikirmu. Bagaimana kamu berpikir dan memeriksa kembali, lalu bagaimana kamu memecahkan masalah. Atau secara bahasa ilmiah, ini disebut sebagai meta-cognition.

6. Kamu Suka dengan Hal-Hal Berbau Seni

Pada dasarnya, semua orang didunia ini pasti menyukai terhadap hal-hal yang berbau seni, meski terkadang ada yang tidak mengakuinya. Yang pasti, orang yang suka seni itu bertanda bahwa mereka adalah orang yang cerdas. Seni dapat bermacam-macam bentuknya, bukan cuma terbatas dalam aspek patung saja, tapi juga musik, puisi, lukisan, pahatan dan lainnya.

7. Kecerdasan Itu Relatif

Percaya atau tidak bahwa kecerdasan itu relatif. Kecerdasan juga mengacu pada kemampuan mengontrol emosi. Kecerdasan tidak hanya sekedar pemahaman dan pengetahuan saja, Namun cerdas juga merupakan perpaduan antara pintar dan EQ (emotional intelligence) atau kecerdasan emosional.  Jadi orang yang cerdas adalah mereka yang pintar dalam akademik dan mengkontrol emosi.

Leave a Reply