Peluang Usaha Makanan Paling Laris Yang Ada di Sekitar Kita

Peluang Usaha Makanan Paling Laris Yang Ada di Sekitar Kita – Seperti yang telah kita ketahui bahwa makanan adalah sebuah kebutuhan pokok dan paling penting untuk dikonsumsi, karena setiap manusia pasti butuh yang namanya makanan untuk memenuhi kebutuhan tubuh mereka. Tubuh manusia tidak akan pernah bisa untuk melakukan aktifitas jika tidak dipenuhi dengan makanan, karena makanan merupakan sumber energi. Berdasarkan pernyataan tersebut, akhirnya banyak orang yang memanfaatkan kesempatan ini sebagai sebuah bisnis kuliner atau makanan. Mengenai bisnis kuliner memang bisa dibilang usaha yang tiada matinya, bahkan akan terus berkembang pesat.

Berdasarkan banyaknya pasar di Indonesia, maka kita bisa melihat betapa banyaknya peluang usaha yang bisa dijalankan para pembisnis di bidang kuliner ini. Menurut penelitian yang ada, menyatakan bahwa masyarakat indonesia terkategori sangat konsumtif dibanding dengan negara-negara lain. Pernyataan tersebut bisa dilihat dari segi betapa antusiasnya masyarakat dalam berbisnis kuliner  yang semakin memadati penjuru jalan. Makanannya pun beraneka ragam sajian khas berselera, untuk masalah harga juga bervariasi.

Peluang-Usaha-Makanan-Paling-Laris-Yang-Ada-di-Sekitar-Kita

Jika dilihat dari  kesuksesan yang telah dicapai oleh para pengusaha kuliner yang sudah terbilang berhasil adalah mereka sudah mempunyai sebuah konsep matang dengan memprediksikan bahwa produk yang dijalankan itu akan terus berkembang dari tahun ke tahun. Dan usaha ini memang sedikit berbeda dengan usaha lain yang hanya ikut-ikutan berdasarkan trend pasar yang ada saat ini.

Sebagian besar pelaku bisnis kuliner ternyata tidak memiliki latar belakang dalam usaha kuliner sebelumnya, berkat kematangan serta tekadnya mereka tetap terjun dalam menjajaki usaha kuliner dan pada akhirnya mereka banyak yang sukses. Semua itu berkat kerja keras serta mereka dapat membaca sikon yang ada di  masyarakat. Mereka mampu memanfaatkan peluang yang ada sehingga keberhasilan dapat dicapainya.

Apakah anda ingin mencoba terjun ke dalam bisnis kuliner? Eits, anda jangan kegabah bro. Sebelum anda terjun, anda harus mempersiapkan banyak hal yang musti anda pelajari terlebih dahulu. Tentunya anda harus melakukan beberapa riset terlebih dahulu, kemudian tentukan jenis produk makanan apa yang akan anda jual, perhatikan juga permintaan yang paling banyak dipasaran, dan yang paling penting anda harus mempelajari cara pemasaran yang handal. Beberapa hal tersebut harus anda persiapkan dulu ketika ingin terjun ke dalam bisnis kuliner.

Berikut ini adalah Peluang Usaha Makanan Paling Laris Yang Ada di Sekitar Kita yang bisa untuk anda jalankan, tentunya berdasarkan atas minat dan bakat yang anda miliki. :

1. Menjalankan Usaha Makanan Ringan / Snack

Menjalankan usaha makanan ringan merupakan sebuah pilihan yang tepat untuk anda kembangkan. Coba anda perhatikan di masyarakat kita, hampir semua kalangan gemar dengan makanan ringan. Dan jenis dari makanan ringan tersebut ada banyak sekali yang diminati bagi konsumen. Makanan ringan yang sering kita temukan antara lain : gorengan, aneka kripik, aneka kue, dan masi banyak lagi, bahkan kini yang sedang hits dipasaran yaitu CILOK.

Baca Juga: Kiat Agar Bisnis Anda Dipercaya Konsumen

Usaha Aneka Keripik:

Makanan ringan yang juga menjadi kegemaran bagi masyarakat yaitu aneka kripik. Yups, kripik merupakan cemilan yang sangat cocok untuk dinikmati ketika sedang santai, atau sambil menonton tv. Sehingga masyarakat sangat gemar dengan kripik. Adapun aneka kripik yang biasanya banyak diminati antara lain, kripik singkong, kripik pisang, kripik ubi, dan maasih banyak lagi aneka kripik lainnya. Bahkan dalam berbisnis kripik ini sudah banyak dijalankan melalui online, jadi ketika ada pemesanan tinggal menggunakan jasa ongkir barang yang telah disepkati.

Usaha Aneka Kue:

Aneka kue juga telah ikut memadati pasaran. Banyak jenis kue dengan beraneka ragam bentuk serta rasanya, dan usaha ini bisa dijalankan melalui online maupun offline. Menurut jenisnya, kue ada 2 pilihan, yaitu kue kering dan kue basah. Kue kering maupun kue basah tersebut sama sama laris dipasaran. Untuk kue kering ini bisa terbilang awet berhari-hari sehingga dalam pengirimannya bisa  sampai keluar kota. Berbeda halnya dengan kue basah, kue basah memiliki daya tahan yang hanya sebantar saja, dalam arti harus segera dikonsumsi. Oleh karena itu perhatikan jenis kue yang ingin anda jadikan sebagai usaha bisnis anda. Apakah cocok dengan target pemasaran anda?

Berdasarkan kualitasnya daya tahan dari kue kering, maka dapat disimpulkan bahwa kue ini cocok untuk dipasarkan secara online maupun offline, karena memiliki daya tahan keawetannya hingga berhari-hari bahkan berbulan-bulan. Misalnya, kue mari kacang, kukis, kue nastar, dan masih banyak kue kering lainnya. Produk seperti ini tentunya banyak dicari dipasaran ketika ada suatu moment keluarga, bahkan yang paling laris yaitu ketika menjelang lebaran dan tahun baru

Sedangkan kue basar lebih banyak dipasarkan secara offline, mengingat kualitas daya tahan yang tidak lama sehingga pemasarannya mencakup area dekat-dekat saja. Namun kue basar justru lebih banyak peminatnya dibanding dengan kue kering. Adapun jenis kue basah yang kini laris dipasaran antara lain : kue bolu, kue lapis, kue berbahan singkong, serabi, dan masih banyak lagi kue-kue yang banyak diminati.

Usaha Aneka Gorengan:

Untuk mendirikan usaha aneka gorengan tidak membutuhkan modal yang besar, paling cuma diawalnya saja yang bisa terbilang butuh modal agak lumayan. Karena untuk membeli peralatan serta bahan-bahan yang akan digunakan. Dan jenis gorengan yang sangat laris dipasaran seperti yang telah kita lihat yaitu seperti, pisang goreng, bakpia, aneka kripik dan masih banyak lagi yang laris dipasaran. Sehingga itu menjadi sebuah kesempatan anda untuk di jadikan keuntungan besar dengan selalu menyediakan jenis makanan yang banyak diminati para konsumen.

Biasanya usaha yang satu ini banyak orang yang malu untuk menjalankan bisnis ini, apalagi bagi anak muda, terbilang kurang keren lah. Namun anda jangan salah dengan usaha ini, meskipun trlihat sederhana namun keuntungan yang bisa dihasilkan sangat lumayan besar, asalkan kita bisa membaca kondisi pasar yang ada. Dengan selalu menyediakan apa yang dibutuhkan oleh konsumn maka itu yang menjadi kunci sukses anda. Gak usah gengsi, tapi lihatlah hasilnya.

2. Menjalankan Usaha Warung Makan atau Restaurant

Berbicara masalah makanan seperti yang telah disebutkan diatas bahwa makanan adalah sumber pokok untuk menghasilkan sebuah energi yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Dan hal itu sudah tidak bisa dipungkiri lagi, sehingga muncul alasan mengapa kini banyak sekali usaha kuliner yang menjajaki setiap kawasan. Seperti rumah makan/restaurant, yang menyediakan berbagai menu makanan inti, yaitu berupa nasi, lauk pauk dan sayuran. Meskipun tidak menutup kemungkinan didalamnya juga menjual makanan ringan serta minuman, namun yang menjadi inti dari menu yang disajikan yaitu makanan pokok.

Usaha Warung Makan:

Untuk mendirikan sebuah warung makan, maka biasanya orang-orang lebih memilih lokasi yang strategis sehingga usahanya bisa berjalan dengan lancar. Lokasi yang di incar biasanya di dekat sebuah perkantoran, pasar, sekolahan atau kampus. Menu yang ditawarkan biasanya makanan rumahan yang bisa didapat dengan harga  relatif lebih murah dibanding dengan di restaurant.

Untuk masalah modal, dalam mendirikan sebuah usaha warung makan bisa terbilang bermodal kecil, tidak seperti usaha restaurant. Meskipun begitu, segala usaha apapun jika di niati dengan kesungguhan serta memiliki  keuletan dalam menjalakan bisnis tersebut. maka akan mencapai sebuah keberhasilan seperti yang menjadi tujuan awal.

Usaha Restaurant:

Dalam mendirikan sebuah usaha restaurant, memang  memerlukan modal yang lebih besar dibandingkan dengan membangun usaha rumah makan biasa. Biasanya usaha restaurant ini didirikan disebuah tempat keramaian seperti di pusat kota, dekat tempat perbelanjaan dan di tempat lain yang sekiranya memiliki point besar untuk menghasilkan sebuah omset. Adapun jenis makanan yang dijual juga berbeda dengan menu yang disediakan di warung pada umunya. Hargapun lebih mahal karena kualitas makanan yang berbeda serta terkesan lebih mewah.

Banyak tantangan tersendiri apabila anda memutuskan untuk mendirikan sebuah restaurant, yaitu mengenai tingkat nama pada restaurant itu sendiri. Restauran yang sudah terkenal dan mempunyai nama, biasanya sudah memiliki banyak customer yang selalu setia untuk singgah ke restaurant tersebut. Namun bagi usaha restaurant yang terbilang brand baru, maka itulah yang menjadi tantangan untuk menjadikan supaya restaurant itu bisa dikenal banyak orang. Harus mengeluarkan biaya yang lumayan besar, entah itu menggunakan cara louncing atau cara cara lain.

Baca Juga: Tips Membuka Usaha Sendiri Dirumah

Kesimpulan:

Sebenarnya ada banyak peluang untuk anda jadikan sebuah usaha makanan di sekitar kita. Namun tidak semua itu cocok untuk anda jajaki. Oleh sebab itu, maka pikirkan dengan cermat usaha apa yang cocok untuk anda kembangkan. Dalam setiap usaha memang tentu membutuhkan yang namanya modal, namun modal berupa uang tidaklah menjadi satu-satunya modal untuk menjalankan usaha. Modal yang paling utama untuk menjalankan bisnis adalah berupa tekad, keinginan, perencanaan, pelaksanaan, konsistensi, dan inovasi dalam berbisnis. Itulah yang menjadi kunci dalam menjalankan sebuah bisnis, termasuk bisnis makanan.

Terimakasih sudah menyempatkan waktu anda untuk membaca artikel Peluang Usaha Makanan Paling Laris Yang Ada di Sekitar Kita, semoga bermanfaat dan memberikan inspirasi bagi anda.

Salam sukses :).

Leave a Reply