Panduan Investasi Emas Batangan untuk Pemula

Panduan Investasi Emas Batangan untuk Pemula – Emas memang sering menjadi tolok ukur bagi kalangan menengah keatas. Dan emas adalah barang yang sering dipakai untuk alat investasinya. Sampai timbul pertanyaan “ Berapa harga emas hari ini”. Itu merupakan pertanyaan bagi para pelaku investasi emas. Sehingga dijadikan patokan inflasi, harga emas hari akan dibandingkan dengan harga emas tahun kemaren atau bulan-bulan kemaren. Dan semakin lama maka harga emas akan semakin naik. Oleh karena itu mengapa emas sering di jadikan incaran bagi pelaku investasi. Dalam investasi emas, ada beberapa jenis varian yang dipilih, seperti koin emas, sertifikat emas, emas perhiasan, dan yang paling populer adalah emas batangan.

Emas batangan merupakan emas yang populer dan sering digunakan oleh pelaku investasi. Emas batangan juga dikenal sebagai emas lantakan. Atau dalam bahasa Inggrisnya yaitu Fine Gold. Dan emas dengan jenis ini dipasaran hanya tersedia 24 karat, dalam arti emas murni.

Dari emas batangan ini dapat memunculkan beberapa pandangan. Ada yang beranggapan bahwa emas batangan hanya bisa dimiliki oleh orang kaya saja. Karena harganya yang sangat tinggi sehingga banyak yang beranggapan begitu. Sedangkan bagi kalangan menegah dinilai tidak akan mampu membeli emas batangan tersebut. Padahal pernyataan tersebut sangatlah keliru. Karena sekarang dipasaran sudah ada yang menjual emas batangan yang bervarian ukurannya, ada yang besar dan ada juga dalam bentuk kecil. Ukuran bentuk kecil itu meliputi, emas dengan berat 1 gram, 500 gram, dan 1.000 gram. Dengan adanya bentuk yang bervarian tersebut maka akan semakin memudahkan bagi para pelaku invest emas dengan bisa memilih sesuai dengan kemampuan daya beli masing-masing.

anduan Investasi Emas Batangan untuk Pemula

Keuntungan jika membeli emas batangan adalah semakin besar ukuran beli emas batangan tersebut, maka akan semakin murah harga pergramnya. Dan harga emas pun selalu berubah ubah setiap harinya di pangsa pasar Indonesia.dan nilai emas yang selalu menjadi tolok ukur adalah emas batangan atau yang disebut dengan kata lain lantakan yang diproduksi oleh PT Aneka Tambang. Anda bisa melihat situsnya di www.logammulia.com, jika anda ingin melihat perkembangan setiap harinya mengenai harga emas tersebut.

Konsumen yang ingin membeli emas batangan akan lebih dimudahkan dengan adanya harga emas yang telah tercantum pada situs tersebut. Dan itu menjadi harga dasar, selain harga dasar, konsumen yang akan membeli emas batangan tersebut akan dikenakan biaya ongkos pembuatan emas dalam jumlah yang beraneka ragam tersebut. Tergantung dengan ukuran emas yang akan kita beli. Dan ongkos dalam pembuatan emas batangan ternyata relatif lebih murah dibanding dengan ongkos pembuatan emas perhiasan. Pasalnya, pembuatan emas batangan lebih mudah dibanding dengan pembuatan emas perhiasan. Itulah keunggulan dari emas batangan.

Perbedaan dari ongkos pembuatan emas lantakan dengan emas perhiasan sangatlah jauh berbeda. Misalkan jika kita membuat emas batangan dengan berat 5 gram, maka ongkos yang harus dikenakan kepada konsumen adalah sebesar Rp.35.000. Itu artinya, ongkos setiap 1 gramnya hanya sebesar Rp.7.000 saja. Dibanding dengan ongkos pembuatan emas perhiasan jika kita membuatnya akan dikenakan biaya minimal Rp.50.000 per gramnya. Selisih yang sangat besar bukan? Jika kita menghitung berapa biaya yang bisa dikenakan kepada konsumen kalau ingin membeli emas perhiasan dengan berat 5 gram, maka bisa dikenakan biaya sekitar Rp.(531.000 x 5) adalah Rp 2.655.000 ditambah dengan ongkos Rp 35.000, maka total menjadi Rp.2.690.000,-

Hal yang sangat menjadi daya tarik bagi pebisnis emas batangan yaitu karena tiadanya biaya pajak. Sehingga emas lantakan sangat digemari bagi pelaku bisnis emas.

Dengan demikian, ketika anda ingin menjual emas batangan tersebut, maka lakukanlah perjualan ketika harga emas di pasaran sedang mengalami kenaikan. Harga yang dipakai dalam penjualan emas batangan adalah harga beli PT Aneka Tambang, yaitu berkisar antara 10% dibawah harga dasar. Jika anda ingin memulai usaha emas batangan ini anda dapat mencari informasi di situsnya sehingga anda dapat melihat informasi ter-up to date.

Cara Menghitung Bisnis Investasi Emas Batangan

Untuk memulai bisnis investasi emas batangan, dalam management keuangan hendaknya harus mengetahui dasar-dasar mengenai investasi tersebut. Yang meliputi perhitungan transaksi, kelebihan yang terdapat di emas batangan, dan mengenai tentang resiko yang terdapat pada emas batangan tersebut. Setelah itu anda harus mempelajari mengenai komponen yang harus digunakan dalam transaksi emas batangan secara tunai meliputi perhitungan satuan transaksi, harga dasarnya, ongkos, serta yield.

Siapa saja bisa menjalankan usaha ini, karena proses menjalankannya itu tidak serumit seperti instrumen saham atau obligasi. Dalam urusan perhitungan investasi emas batangan juga tidak rumit. Pada intinya proses dari investasi emas batangan ini hanya meliputi proses membeli, menyimpan, dan menjualnya kembali, serta proses yang digunakan cukup mudah dan sederhana layaknya proses penjualan seperti yang ada biasanya. Dan berikut ini adalah komponen-komponen yang tertera dalam perhitungan transaksi emas batangan.

1. Satuan Transaksi

Dipasaran secara global, harga emas dinyatakan dalam satuan troy once. Yang artinya adalah satuan berat emas murni yang bila dinyatakan dalam satuan gram setara denagn 31,103 gram. Jika anda pernah melihat atau membaca di berita medi yang menyatakan bahwa “Harga emas hari ini US$ 1.000 per troy once”. Itu berarti bahwa untuk mendapatkan emas murni sebanyak 31,103 gram, anda dikenakan biaya ongkos sebesar US$ 1.000. namun jika anda ingin melihat harga emas dalam satuan rupiah, maka anda harus melihat nilai kurs USD-IDR yang sedang berlaku saat itu.

Sebagai contoh, jika kurs rupiah terhadap dolar AS adalah Rp 12.000, dan harga emas per troy once saat itu adalah 1.000 dolar, maka anda bisa menghitung mengenai harga emas per gramnya dengan menggunakan rumus sebagai berikut :

Harga emas / gram = (Harga emas per troy once x kurs USD-IDR) / 31,103
= (1.000 x 12.000) : 31,103
= 12.000.000 : 31,103
= 385.815

Jadi, berdasarkan perhitungan tersebut, untuk mendapatkan 1 gram emas murni pada saat harga emas dunia US$1.000 per troy once dan kurs rupiah terhadap dolar berada di level Rp12.000, maka dana yang dibutuhkan adalah sebesar Rp 385.815,-
2. Harga Dasar

Yang menjadi patokan dari bisnis investasi emas batangan di Indonesia adalah PT Aneka Tambang. Setiap harinya, pukul 10.00 WIB, PT Aneka Tambang selalu mengeluarkan update harga dasar emas lantakan. Melalui harga dasar tersebut menjadi patokan harga beli bagi para konsumen atau bisa dikatakan sebagai harga jual PT Aneka Tambang. Berdasarkan pernyataan tersebut, jika anda ingin menjual emas batangan yang anda miliki tersebut, maka harga jual yang akan anda terima sekitar 10% di bawah harga dasar yang sedang berlaku ketika anda menjualnya.

Bila seminggu yang lalu anda membeli emas lantakan dengan harga Rp 350.000/ gramnya. Dan dihari ini harga emas lantakan tersebut RP 400.00, maka jika anda menjualnya saat ini, hitungan investasinya (Rp 400.000 – 10% harga dasar), yakni (Rp 400.000 – Rp 40.000) = Rp 360.000,- Sehingga perhitungan sementara, anda mempunyai keuntungan Rp 10.000,- / gram. Namun dari profit ini belum termasuk dikurangi biaya pembuatannya.

3. Ongkos

Selain harga dasar, PT Aneka Tambang juga mengenakan sejumlah biaya pembuatan yang nilainya bervarisi, tergantung besar kecilnya ukuran emas tersebut dan ketetapan yang dikeluarkan oleh PT Aneka Tambang.
Berikut ini adalah contoh gambaran biaya pembuatan emas batangan:
Emas lantakan 1-3 gram = Rp 26.000
Emas lantakan 5 gram = Rp 31.000
Emas lantakan 10 gram = Rp 41.000 Emas lantakan 25 gram = Rp 51000
Emas lantakan 50 gram = Rp 61.000
Emas lantakan 100 gram = Rp 76.000

Namun daftar harga tersebut akan bisa berubah-ubah kapan saja seiring dengan perubahan waktu. Jadi, bila memang anda ingin melakukan bisnis tentang emas lantakan ini, maka sebaiknya anda pelajari dulu mengenai informasi biaya pembuatan emas batangan tersebut. Supaya anda bisa lebih bijak dan tepat dalam perhitungan nilai investasi dari emas itu.
4. Yield

Yield itu artinya keuntungan dari kegiatan investasi emas yang telah anda lakukan. Cara yang dilakukan dalam proses penghitungan yield tersebut sangat mudah dan sederhana. Yaitu total hasil penjualan dikurangi dengan biaya perolehan (modal) yang telah kita keluarkan ketika saat membelinya. Jika hasilnya positif (plus), itu artinya anda mendapatkan untung. Jika sebaliknya, yaitu hasilnya negati (minus), itu berarti anda mendapatkan kerugian.

Tips Sukses Bisnis Investasi Emas Batangan

Barang yang sangat populer menjadi incaran para pembisnis emas atau investor adalah emas batangan. Karena mereka sudah mengetahui kelebihan dari emas batangan atau dikenal dengan emas lantakan ini, dibanding dengan jenis emas yang lainnya. Dan konsep yang digunakan dalam mengoperasikan bisnis emas batangan itu sangatlah simple dan mudah dalam menjual belikan. Nah, jika memang anda berencana untuk bisnis emas batangan ini, sebaiknya anda benar-benar memahami tips berikut ini :

Tips Investasi Emas Batangan #1

Anda harus mempelajari terlebih dahulu serta memahami tentang tata cara perhitungan dasar dalam menentukan harga emas. Mengenai harga dasar, anda bisa mengeceknya di situsnya PT Aneka Tambang.

Tips Investasi Emas Batangan #2

Tips ke dua dari emas lantakan logam mulia adalah dalam mempertimbangkan keputusan anda dalam penentuan / pemilihan tempat anda membeli emas tersebut. Bila anda memilih membeli emas batangan ditoko emas, maka biasanya anda akan dibandrol dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan anda membeli di Aneka Tambang. Namun, jika anda membeli emas di toko emas biasanya anda akan dikenakan dengan biaya ongkos yang besarnya itu tergantung pada pemilik toko emas tersebut. Misalkan toko emas yang terletak di dalam supermarket atau mall-mall besar, maka biaya ongkosnya akan cenderung lebih besar dibandingkan dengan toko emas yang berlokasi di pasar rakyat.

Tips Investasi Emas Batangan #3
Anda sebaiknya memilih emas batangan yang memiliki sertikat resmi yang di keluarkan oleh PT Aneka Tambang agar bisa lebih memudahkan anda dalam bertransaksi.

Tips Investasi Emas Batangan #4

Apabila anda memiliki modal yang besar maka disarankan untuk membeli emas batangan dalam ukuran yang berbeda-beda. Mulai dari berat kecil (1-10 gram) sampai (10-50 gram), dan berat emas kelas kakap. Dengan berat serta bentuk yang berbeda, maka itu akan lebih memudahkan anda dalam mendapatkan uang. Karenanya emas dalam ukuran yang bervarian lebih mudah diperjual belikan dipasaran.
Tips Investasi Emas Batangan #5

Usahakan untuk selalu melakukan nogosiasi secara intens disaat anda ingin membeli emas di toko emas. Lakukanlah negosiasi secara cermat mengenai dengan besar kecilnya biaya ongkos yang akan dikenakan kepada anda. Karena pada umunya jika kita sedang membeli emas batangan ditoko emas dengan berat dibawah 100 gram, biaya yang akan dibandrol oleh pihak toko kepada kita sebesar 50ribu sampai 350ribu rupiah. Dan besar kecilnya biaya ongkos tersebut tergantung dengan besar kecilnya ukuran emas serta tempat dimana kita membeli, tentunya akan memiliki berbedaan masing masing.

Tips Investasi Emas Batangan #6

Anda juga harus menyiapkan tempat yang strategis dan aman dalam menyimpan emas batangan sebelum anda membeli emas batangan tersebut. Karena emas lantakan tersebut memiliki nilai yang sangat tinggi dan sangan mudah dijadikan uang. Sehingga harus menyiapkan terlebih dahulu tempat menyimpan yang benar benar aman. Karena orang bisa dengan mudah menjual emas tersebut tanpa harus memiliki izin persetujuan dari pihak pemilik aslinya.

Tips Investasi Emas Batangan #7

Tips yang terahir mengenai investasi emas ini. Jika anda lebih memilih emas perhiasan dibandingkan dengan emas batangan. Maka pilihlah perhiasan yang modelnya sederhana saja, karena biasanya biaya ongkosnya relatif lebih sedikit. Bahkan ketika kita mau menjualnya , dari pihak pembeli tidak akan menghitung mengenai beban ongkos tersebut.

Demikian yang telah bisa kami sampaikan mengenai tata cara bisnis emas, terlebih dengan emas lantakan. Semoga melalui artikel ini bisa menjadi gambaran yang dapat anda pelajari dalam proses investasi emas. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply