Lakukan Hal ini jika Hutang Puasa Ramadhan Tahun Lalu Belum Dibayar

Distributor Pulsa Electrik Termurah

Angkat tangan yang masih punya utang!

Ramadan sudah mau datang lagi tapi kamu masih punya utang puasa tahun sebelumnya? Itu hal yang wajar memang, apalagi bagi kaum hawa yang tentunya mempunyai banyak halangan ketika melakukan puasa, salah satunya yaitu menstruasi, maka hal itu menjadi larang untuk berpuasa. Namun anda jangan bingung. Mumpung masih ada waktu, kamu bisa lakukan hal-hal berikut:

Lakukan-Hal-ini-jika-Hutang-Puasa-Ramadhan-Tahun-Lalu-Belum-Dibayar

1. Menggantinya selagi masih ada waktu dan kamu mampu.

Yang namanya  berpusa itu wajib dilakukan bagi yang mampu dan bagi orang yang berakal, yang mana didalamnya terdapat aturan-aturan mengenai syarat syahnya berpuasa. Ada juga konsekwensi untuk tidak berpuasa namun dengan alasan sakit, perjalanan jauh, haid, dan lain-lain, tapi anda wajib membayarnya selagi ada waktu dan mampu, usahakan segera mungkin untuk membayarnya.

“Dan barang siapa yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkannya itu pada hari-hari yang lain.” (Qs. Al-Baqarah: 185)

2. Jika kamu dinyatakan tak mampu puasa, kamu boleh membayar fidyah.

Nah, bagi orang yang tidak berpuasa dan dinyatakan tidak akan mampu untuk membayarnya, seperti halnya dalam keadaan sakit dan akan membahayakan kesehatannya jika melakukan puasa. Maka dia wajib mengganti puasanya dengan membayar fidyah berupa makanan pokok.

“Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu) memberi makan seorang miskin.” (Qs. Al-Baqarah: 184)

3. Bertaubat dulu kalau sengaja tak segera membayar utang puasamu.

Banyak dari kita yang tidak segera membayar hutang puasa di tahun sebelumnya karena mengulur-ulur waktu, bahkan sampai sampai ramadhan berikutnya tiba. Tidak bisa disalahkan memang, namanya juga manusia yang tidak lepas dari kesalahan. Nah jika memang ceritanya begitu maka kamu harus bertaubat dulu kemudian segera membayar hutangmu.

4. Kalau ragu berapa jumlah harinya, cukup dikira-kira saja.

Saking banyaknya jumlah hari kamu tidak berpuasa terkadang bisa membuatmu lupa. Terus bagaimana ? seperti yang tertera dalam hadis mengatakan , allah tidak akan membebani umatnya diluar kesanggupannya. Maka, anda bisa dengan mengira-ngira saja jumlah waktu untuk membayar hutang puasa kamu itu. Misalnya kamu bisa menghitung jumlah hari biasanya kamu haid ( bagi perempuan ).

5. Mengganti puasa tak perlu berturut-turut harinya, sebisamu saja.

Memang benar, orang yang tidak berpuasa wajib menggantinya dan dianjurkan untuk segera membayarnya. Namun jika dalam waktu keadaan kita mampu untuk melakukannya. Tidak diharuskan untuk membayarnya setelah ramadhan berakhir, jika mampu sih malah bagus, namun jika belum mampu maka boleh dibayar hari berikutnya dan mengganti puasa tidak diwajibkan secara berturut turut.

6. Puasa boleh diganti bersamaan dengan puasa sunah tapi niatnya mengganti ya!

Ulama berpendapat, bahwa orang yang memiliki tanggungan qadha puasa ramadhan, diperbolehkan melaksanakan puasa sunah. Bagi kamu yang terbiasa puasa Senin-Kamis, utang puasa Ramadan dapat dilakukan di hari yang sama. namun, niatnya harus diganti dengan membayar hutang, bukan puasa sunah.

Nah, apakah kamu termasuk salah satunya orang yang masih punya tanggungan hutang  puasa di tahun sebelumnya ?

Anda mencari Distibutor PULSA & KUOTA termurah ? disini tempatnya: Klik Disini.
Distributor Pulsa Electrik Termurah

Leave a Reply