Lakukan 9 Hal ini Jika Anda Tidak Bisa Membayar Hutang

Anda Tidak Bisa Membayar Hutang. Disaat kita membutuhkan sebuah dana yang besar, namun uang kita tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka kebanyakan dari kita yaitu melakukan hutang. Ya, memang begitulah cara untuk melakukan kelangsungan hidup. Namun ketika kita memutuskan untuk pengajuan uang atau kredit kepada Bank ataupun lembaga lainnya, kita harus benar-benar mempertimbangkannya secara matang. Sebab utang sudah tentu akan menjadi pos didalam pengeluaran sementara mengenai anggaran pengeluaran.dan kita juga harus pastikan bahwa kita sudah mempunyai rencana yang tepat agar bisa membayar utang tersebut tepat waktu.

Lakukan 9 Hal ini Jika Anda Tidak Bisa Membayar HutangSeringkali kita melihat banyak orang yang gagal membayar dan melunasi utangnya. Dan itu memang ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya hal tersebut. Meskipun kita telah merencanakan secara matang diawal sebelum kita berhutang, terkadang memang ada hal yang tidak pernah kita sangka seperti mengenai pekerjaan kita, ataupun hasil pendapatan kita yang kurang dan tidak seperti biasanya. Maka itu yang menjadi penyebab seseorang gagal melunasi hutangnya dengan tepat waktu. Dengan kondisi yang demikian kadang yang menyebabkan stres, bahkan sering terjadinya kriminalitas.

Gagal bayar hutang bisa menimbulkan banyak problem didalam keuangan, antara lain :

  1. Semakin menambahnya jumlah uang yang akan dibayarnya karena adanya bunga.
  2. Tentu akan adanya denda atas keterlambatan.
  3. Akan mencoreng nama kita di dalam sektor kredit kita karena adanya catatan buruk atas keterlambatan membayar hutang.
  4. Dan tentu akan mengganggu kita bahkan membuat rasa sebal ketika seringnya ada tagihan yang datang kerumah kita ketika kita gagal membayar utang di tepat waktu.

Dengan semua permasalah diatas, tentunya sangat menyita waktu kita. Itu akan mengganggu mood dan konsentrasi kita dalam melakukan pekerjaan dan rutinisan yang kita lakukan. Bahkan hal itu yang seringkali menyebabkan terjadinya rasa sebal, marah, dan merasa tidak tenang. Karena dalam sebuah perhutangan tentu akan membawa gejolak yang tinggi dalam kehidupan kita. Dan inilah strategi yang dapat anda lakukan ketika tidak bisa membayar tagihan :

1. Jangan Abaikan Masalah Utang

Seringkali dari mereka yang memiliki sejumlah tunggakan, ketika mereka tidak bisa membayar tagihan tersebut justru mereka kabur atau tidak mau menampakkan batang hidungnya. Mereka beranggapan bahwa dengan cara itu mereka bisa aman. Tapi yang sebenarnya justru itu akan menjadi sebuah permasalahan yang sangat besar baginya. Seharusnya kita harus bisa melakukan dan menghadapinya dengan berbagai cara yang baik dan jangan pernah mengabaikan hal tersebut.

baca juga: 9 Alasan Bangun Pagi Bisa Membuat Orang Akan Lebih Sukses

2. Lakukan Sesuatu

Ketika kita sedang menghadapi sebuah permasalahan keuangan kita, maka yang kita butuhkan adalah cara dan tindakan-tindakan yang tepat agar bisa melunasi sejumlah utang yang kita miliki. Temukan solusi agar kita menemukan jalan yang mudah dalam mengatasi permasalahan tersebut. Dengan hal tersebut kita akan bisa memahami kondisi keuangan kita.

Lakukan tindakan yang baik, jangan sampai ada tindakan yang bernilai kriminalitas, karena jika sampai melakukan hal tersebut yang ada hanyalah menambah masalah lagi. Yang seharusnya jika kita melakukan tindakan dan cara yang baik hasilnya juga akan terselesaikan dengan baik.

3. Berpikir Tenang

Jangan pernah kegabah dalam setiap melakukan tindakan, tetaplah tenang sehingga bisa berfikir jernih untuk mencari sebuah solusi. Jangan biarkan rasa khawatir mengganggu anda untuk berfikir. Rasa kekhawatiran yang berlebih justru membuat diri anda menjadi susah berfikir.

Jangan pernah membuang-buang waktu anda untuk berfikir negatif, karena itu cuma akan menjadi penghambat saja tanpa bisa menghadirkan solusi yang tepat. Oleh karena itu kuncina harus tetap dalam kondisi yang santai dan tenang. Tapi jangan biarkan ketenangan itu menjadi berlebihan sehingga terkesan menyepelekan.

4. Lakukan Negosiasi

Jika kita tidak bisa melunasi biaya tunggakan yang kita miliki, maka segeralah lapor atau mendatangi pihak yang kita jadikan lembaga pinjaman. Lakukanlah negosiasi agar bisa meringankan beban. Keluhkan semua permasalahan yang menjadi penghambat pembayaran yang kita lakukan.

Mintalah solusi terbaik yang bisa meringankan beban kita. Misalnya, minta perpanjangan waktu pembayaran, atau minta penghapusan biaya bunga pinjaman. Dengan seperti itu dari pihak lembaga yang kita pinjami tentu akan memberikan sebuah keringanan bagi kita. Sehingga beban pikiran yang kita alami akan sedikit lebih lega.

5. Lakukan Evaluasi Pada Keuangan

Ketika kita gagal dalam membayar hutang, tentu telah terjadi sebuah permasalahan dalam keuangan kita. Maka segeralah melakukan evaluasi tentang pendapatan yang kita hasilkan serta seberapa besar biaya pengeluaran kita. Dengan demikian kita bisa mengevaluasi mengenai hal tersebut dan bisa mengurangi biaya pengeluaran yang tidak terlalu penting. Sehingga hal tersebut akan merubah dan memperbaiki kondisi keuangan yang kita hadapi saat ini.

6. Lakukan Penghematan

Kita bisa melakukan cara yang bijak untuk membayar tagihan kita dengan cara berhemat. Dengan cara hemat itulah yang biasa merubah kondisi kuangan kita. Kita bisa mengurangi jumlah pengeluaran kita, dengan cara pilih pos yang kita anggap tidak terlalu penting, maka kurangi dari pos-pos tersebut. Yang paling penting untuk masalah kebutuhan pokok jangan sampai terganggu. Itu merupakan hal termudah yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki kondisi keuangan kita sehingga kita tetap bisa membayarkan tagihan atau tunggakan yang kita miliki meskipun hanya mencicil sebagian dari hutang kita.

7. Dapatkan Uang Tambahan

Anda juga bisa mengatasi permasalah keuangan anda dengan cara mencari uang tambahan. Dalam arti, anda bisa kekerja di waktu senggang anda tanpa harus mengganggu pekerjaan utama anda. Mungkin anda bisa bekerja Online atau yang lainnya .

Anda bisa memilih pekerjaan itu sesuai dengan minat dan bakat yang anda miliki dengan paruh waktu anda tersebut. Entah itu di malam hari, ataupun di hari libur kerja utama anda. Dengan demikian maka tidak akan mengganggu pekerjaan utama anda, sebab kerjaan utama anda itulah yang menjadi prioritas pokok yang harus tetap anda jalani. Dengan adanya kerja tambahan tersebut maka tentunya akan membantu meringankan beban anda.

8. Prioritaskan Pelunasan Utang

Selalu utamakan hutang yang masih menjadi beban kita dengan cara memprioritaskannya. Pikirkan hal tersebut menjadi terdepan yang harus anda selesaikan terlebih dahulu. Jangan pernah memikirkan hal yang tidak terlalu penting, justru itu akan menjadi penghambat kita dalam melakukan pembayaran.

Jika ada sejumlah uang yang bisa melunasi sejumlah hutang kita, maka segera bayarkan. Namun jika uang yang kita miliki belum bisa untuk melunasi maka lakukanlah penyicilan secara bertahap. Entah kita membayar dari hutang yang berbunga tinggi ataupun dari yang kecil. Dengan seperti itu maka tentu akan meringankan beban yang kita miliki.

baca juga: Tips Mengubah Gaya Hidup Boros Menjadi Tidak Boros

9. Susun Ulang Anggaran Keuangan

Ketika sejumlah hutang telah kita lunasi, maka kita bisa belajar dan menjadikannya sebuah pelajaran berharga bagi kita dan usahakan tidak akan pernah mengulang kejadian tersebut.

Kemudian anda bisa mengevaluasi mengenai hal tersebut dan mengatur ulang agar bisa memperbaiki kondisi keuangan kita, lihatlah dari setiap pengeluaran kita, pastikan dalam biaya pengeluaran itu hanya mengenai sebuah kepentingan saja. Yang sekiranya kita anggap kurang begitu penting, maka tahan diri untuk tidak menuruti nafsu kita.

Memanglah banyak godaan-godaan yang menggiurkan bagi kita, sehingga ingin segera memiliki barang-barang yang terlihat memikat, bahkan tidak perduli itu hasil dari hutang. Kematangan dalam mengambil setiap tindakan memanglah sangatlah penting. Apalagi masalah keuangan, harus selalu jeli dalam mensikapinya.

Kutipan penting : Biasakan menabung dan hindari hutang.

Leave a Reply