Ingin bisnis kerajinan tangan ? Namun belum Mahir, berikut Solusinya

Ingin bisnis kerajinan tangan ? Namun belum Mahir, berikut Solusinya – Kerajinan tangan adalah karya buah hasil dari tangan untuk menciptakan suatu produk atau barang yang memiliki fungsi pakai atau keindahan sehingga menghasilkan nilai jual. Jenis barang yang di buat atau dihasilkan sangat beraneka ragam, biasanya barang yang dihasilkan yaitu barang yang mempunyai nilai fungsi pakai, misalnya, seperti tas, aksesoris, goody bag dan lain sebagainya. Sedangkan kerajinan yang memiliki fungsi keindahan itu berupa barang-barang yang mempunyai nilai guna sebagai menghiasi suatu ruangan atau benda, seperti halnya figura, bunga plastik buatan, vas dan lain sebagainya.

Ingin-bisnis-kerajinan-tangan--Namun-belum-Mahir,-berikut-Solusinya

Manfaat Kerajinan Tangan

Kerajinan tangan di setiap daerah itu berbeda-beda, karena semua kerajinan ini dipengaruhi oleh berbagai unsur seperti budaya, geografis dan sumber daya alamnya. Sehingga hal tersebut menjadi sebuah ciri atau simbol dari daerah masing-masing. Contohnya kabupaten Jepara, Jawa Tengah yang terkenal sebagai kota ukir. dengan berbagai jenis kerajinan ukirnya,sehingga kota jepara dikenal dengan simbol dari budaya yang dimilikinya. Hal ini karena kesenian ukir di daerah tersebut sudah menjadi budaya sehingga secara ilmu-ilmu kerajinannya di berikan secara turun-temurun. Meskipun di berbagai daerah juga banyak yang menjalankan usaha kerajinan seperti itu, namun tetap saja mereka menanggap kerajinan ukir yang berkualitas adalah di Jepara. Ini membuat peluang usaha kerajinan tersebut pun berkembang di kota asalnya.

1. Manfaat Kerajinan Tangan

Sebenarnya setiap orang itu memiliki keterampilan dalam membuat kerajinan tangan, namun tergantung mereka sendiri, mampukah dia menggali potensi yang ada dalam dirinya. Jika dia mampu untuk memanfaatkan potensi tersebut, maka hadirlah sebuah karya kerajinan tangan. dari sebagian orang menganggap selain jadi sumber penghasilan, kerajinan tangan juga bertujuan untuk mengembangkan sikap, kreatifitas, dan kepekaan citra rasa yang akan membentuk diri kita lebih baik. Sehingga hal ini dapat dijadikan sebagai alasan mengapa banyak orang yang mengikuti berbagai kursus kerajinan tangan.

2. Kepekaan cita rasa

Selanjutnya adalah akan meningkatkan kepekaan cita rasa Anda akan karya seni. Hal tersebut akan mempengaruhi kualitas karya anda, karena kepekaan cita rasa anda tersebut. Dalam hidup kita pastinya kita dapat melihat dan menilai setiap karya seni yang ada, itu berarti kita mimiliki kepekaan cita rasa.

3. Mengembangkan sikap diri

Dalam proses membuat suatu kerajinan, pastinya menuntut kesabaran dan menuntut kita lebih aktif, dan melalui hal tersebut akan menjadi tujuan dalam pembentukan diri Anda. Di mana kita akan lebih sabar memecahkan segala sesuatu masalah, sehingga akan terbentuk sebuah karakter. kenapa begitu? Kami beri gambaran begini, anggap saja Anda sedang membuat suatu kerajinan ayaman bambu. Tentunya anda tidak bisa membuatnya tidak bisa membuatnya secepat kilat. Anda Perlu melalui berbagai proses yang terkadang Anda akan menemukan masalah dalam proses pembuatan tersebut, entah itu dipertengahan Anda salah pola atau potongan bambunya tidak sama. Nah di sini menuntut kesabaran yang lebih bukan ? dan itu tentu saja menuntut anda untuk mencari jalan keluarnya. Begitu pula saat Anda menghadapi masalah di kehidupan. Anda akan lebih sabar dan bisa mencari jalan keluar dengan kreatif.

4. Meningkatkan kreatifitas

Dengan membuat kerajinan tangan akan meningkatkan kreatifitas yang kita miliki. Seperti yang kita ketahui bahwa kerajinan merupakan suatu kegiatan untuk membuat sesuatu yang akan memiliki nilai jual. Bagaimana agar kerajinan itu memiliki nilai jual? Dengan kreatifitas kita dalam menciptakan suatu produk yang kreatif dan orginal sehingga orang lain ingin memilikinya. Banyak manfaat yang akan kita dapatkan dari membuat kerajinan tangan, termasuk akan bertambahnya keterampilan dan kreatifitas yang kita miliki. Dan anda juga harus selalu untuk berinovasi dalam menghasilkan berbagai kreatifitas yang nantinya akan memiliki nilai jual.

Macam-macam Kerajinan Tangan

Banyak sekali kita temukan kerajinan tangan yang dihasilkan, dan memiliki nilai jual. Oleh karena semakin banyaknya kreatifitas dalam membuat kerajinan tangan, maka menjadikan sebuah peluang usaha yag potensial. Mungkin hal itu bisa berawal dari sebuah hobi, namun dari hobi tersebut bahkan bisa menjadi sebuah penghasilan. Dan berikut ini adalah macam-macam kerajinan tangan yang cukup menguntungkan untuk dijadikan sebagai usaha.

1. Kerajinan tangan kain perca atau flanel

Dalam membuat kreatifitas melalui kain perca atau flanel sangat dibutuhkan kemampuan menjahit atau menyulam. Kain perca itu sendiri merupakan bahan-bahan sisa yang sudah dipakai lagi. Berdasarkan kain sisa tersebut, bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai kreatifitas, seperti dibuat kain pel,serta bisa dibuat barang-barang lucu dan unik, sehingga menjadi barang yang mempunyai nilai jual.

Baca Juga: Usaha Sampingan Budidaya Singkong yang bikin Anda Sukses

2. Kerajinan membuat aksesoris wanita

Kerajinan membuat aksesoris wanita memang mempunyai daya tarik tersendiri bagi pelaku usaha. Karena mereka mampu membaca situasi yang ada mengenai wanita. Wanita sangat identik dengan perhiasan atau aksesoris, itu merupakan suatu hal yang wajar karena untuk meningkatkan kepercayaan diri bagi wanita, Seperti gelang dan kalung misalnya. Oleh karena itu para usahawan memanfaatkan peluang tersebut untuk memulai bisnis membuat akssoris wanita, namun mereka tidak semuanya memproduksi sendiri, mereka juga membutuhkan orang yang bisa memproduksi aksesoris-aksesoris tersebut.

3. Kerajinan bambu

Banyak sekali kerajinan yang dihasilkan dengan berbahan bambu. Tidak hanya anyaman saja tapi masih banyak lainnya contohnya furnitur dari bambu salah satunya adalah bingkai kaca dari bahan ini. Namun perlu keterampilan khusus untuk menciptakan karya tersebut, keterampilan dalam mengolah kayu sangat dibutuhkan . Di mana batang-batang bambu terlebih dahulu dipotong dan dibentuk untuk dijadikan berbagai macam furniture rumah.

4. Kerajinan botol bekas

Untuk membuat kerajinan tangan botol bekas sangat membutuhkan kratifitas yang cukup tinggi. Karena apa, untuk pengolahan barang yang sudah tidak dipakai yang secara nilai barang-barang tersebut sudah tidak laku lagi,namun akan dijadikan sebuah produk yang memiliki nilai jual, tentu saja itu merupakan tantangan besar bagi kita. Kita bisa mengolah botol-botol bekas tersebut dengan berbagai macam kreasi, misalnya seperti dibuat pot bunga. Mungkin cara membuatnya memang mudah namun itu tentu saja menuntut kreatifitas yang tinggi. Karena untuk membentuk botol menjadi seperti pot tanaman mini saja memang gampang, namun yang sulit adalah menghias botol pot tersebut, sehingga menjadi barang yang terkesan mewah dan akan menjadi barang yang mempunyai nilai jual. Nah, bila Anda punya keterampilan menggambar maka tidak ada salahnya jika anda sertakan gambar.

Tips bisnis kerajinan tangan

Setelah anda mengikuti berbagai pelatihan, Jika kemampuan kerajinan Anda sudah mumpuni untuk membuka usaha handicraft, maka tak ada salahnya jika anda cobalah memulai dengan skala yang lebih kecil dahulu. Namun jika memang Anda berani untuk menaruh investasi yang lebih besar maka itu terserah anda sendiri, asal Anda sudah mempertimbangkan berbagai macam resikonya. Nah, untuk pemasarannya paling mudah dengan menggunakan media sosial, misalnya Facebook dan Instagram.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Pakaian Murah Tanpa Modal

Sebenarnya masih banyak lagi media sosial yang dapat digunakan dalam pemasaran, namun alasan mengapa kedua platform ini dipilih sebagai media yang sangat tepat, karena selain lebih bayak penggunannya, kedua media sosial ini bisa lebih menonjolkan produk dengan cara mengupload gambar produk-produk kita. Oleh karena itu kedua media ini banyak dipilih untuk memasarkan produk. Jadi konsumen bisa melihat gambar produknya terlebih dahulu sebelum memesan. Maka dari itu, upayakan sebaik mungkin untuk membuat gambar tampilan produk Anda dan jadikan semenarik mungkin agar konsumen lebih tertarik. Selain itu, selalu berikan deskripsi mengenai produk produk, dan juga contact person sehingga dapat memudahkan konsumen bisa menghubungi Anda untuk melakukan pemesanan.

Leave a Reply