Cara Terbaik Mengatasi Komplain Customer Yang Efektif

Cara Terbaik Mengatasi Komplain Customer Yang Efektif – Sebuah keluhan dari customer memang sudah menjadi makanan sehari-hari. Entah itu berupa complain dan juga kadang pula kita mendapati customer yang merasa puas dengan pelayanan kita. Baik melalui telepon atau secara langsung.

Jangan jadikan itu sebuah penghambat anda untuk terus berkarir. Memang tugasnya seorang customer kalau tidak complain ya merasa puas atas jasa dan pelayanan kita, hehe. Dan satu lagi yang perlu anda ingat bahwa “Customer adalah seorang raja”. Jadi, meski bagaimanapun kita harus tetap layani sebaik-baiknya.

Cara Efektif Mengatasi Keluhan Customer (Ampuh Dan Mujarab)

Cara Terbaik Mengatasi Komplain Customer Yang EfektifMembenarkan apa yang dikatakan untuk mengatasi keluhan customer

Cara yang sangat ampuh untuk mengatasi keluhan customer adalah dengan cara membenarkan atas apa yang dikatakan oleh customer. Entah apa yang dikatakan oleh customer, ketika mereka sambil marah dan berbicara panjang kita jangan sampai mengimbangi dengan nada tinggi. Itu adalah hal yang sangat fatal.

Apapun yang customer katakan kita harus mendengarkan apa yang dikatakan. Dan sebisa mungkin kita harus meng IYA kan agar customer merasa puas dengan layanan kita, dan dia merasa bahwa keluhan yang diluapkan oleh customer mendapat respon baik dari kita.

Merasa Empati pada mereka

Ekspresi dari kita memang sangat diperlukan ketika menghadapi keluhan dari customer. Ketika customer sedang marah atas pelayanan kita yang mereka anggap kurang memuaskan, maka sebaiknya kita juga merasakan kasihan dengan ekspresi sedih sehingga customer yang sedang complain menganggap bahwa kita merasa empati kepada mereka.

Kemudian, setelah customer merasa relax, barulah kita memberi arahan kepada mereka dan menjelaskan tentang apa dan bagaimana upaya perusahaan dalam pelayanan terhadap customer tersebut.

Meminta maaf dan bergegas untuk memperbaiki kesalahan

Langkah terakhir yaitu biasakan menggunakan kata “MAAF” ketika kita merasa kurang maksimal dalam melayani customer. Kemudian bergegaslah untuk memperbaiki kesalahan tersebut, sehingga customer merasakan bahwa perusahaan kita memang benar-benar memiliki tanggung jawab yang besar terhadap setiap customernya.

Itulah cara yang ampuh yang bisa anda lakukan ketika menghadapi complain dari customer. Semoga dari artikel ini bisa anda jadikan pedoman dan bermanfaat.

Leave a Reply