Cara Menjadi Pedagang Sukses

Cara Menjadi Pedagang Sukses – Berdagang adalah upaya atau usaha dimana seorang perjual mendapatkan keuntungan, yakni penjualan lebih tinggi dari pembelian, entah itu dari agen maupun dari suplayer, dengan demikian penjual akan mendapatkan keuntungan, dan yang paling penting adalah sama-sama menguntungkan baik penjual maupun pembeli, kegiatan itu bisa dilakukan siapa saja asal mengerti tata cara dan teknik perdagangan, jika tidak bisa mengoperasikan ataupun menjalankan dengan baik ya bisa-bisa usahanya “gulung tikar” (bangkrut).

Ini lah beberapa cara atau trik berdagang:

1. Berani Memulai

Meskipun mempunyai banyak ide atau gagasan namun jika tidak berani bertindak maka sama saja bohong, karena yang dibutuhkan adalah keberanian untuk memulai usaha meskipun setiap tindakan akan ada konsekuensinya. Dengan kesiapan mental dan ide-ide yang telah dimiliki maka segera manfaatkanlah untuk memulai usaha ,entah itu usaha apapun , termasuk perdagangan. Seperti kata pepatah mengatakan “Berhenti bicara mulailah beraksi”. Hal itu menyatakan bahwa jika kita mempunyai seribu gagasan namun hanya berbicara tanpa ada aksi maka itu percuma, karena semua itu butuh tindakan untuk memuai.

2. Kejujuran

Kejujuran

Berbicara mengenai kejujuran, dalam dunia perdagangan kejujuran adalah salah satu dari kunci kesuksesan, karena dengan kejujuran kita telah membangun sebuah kepercayaan antara kedua belah pihak sehingga bisnis akan berjalan dengan baik, merasa nyaman. Kejujuran harus ada, misal kita menjual sebuah baju, kita harus transparan kepada konsumen, tentang bahan apa yang digunakan, kualitasnya bagaimana, dan sebagainya. Semua itu harus terbuka demi kenyamanan dan kepuasan para konsumen. jika sampai ada kecurangan dalam berdagang maka itu akan jadi bumerang bagimu sendiri. Dengan demikian kejujuran sangat penting dalam sebuah usaha termasuk dalam berdagang.

3. Membangun Networking

Membangun Networking

Setelah kepercayaan terjalin dari hasil kejujuran, maka akan jadi nilai untuk para konsumen yang menyatakan kepuasan atas pelayanan yang kamu berikan. Dengan demikian sudah pasti akan menambah jaringan anda, seperti istilah dalam jawa “getok tular“ atau bisa diartikan membagikan informasi dari teman ke teman. Maka pelanggan anda akan bertambah banyak, dan sebisa mungkin anda harus terus mempertahankan kepercayan yang telah terbangun.

4. ATM (Amati Tiru Modifikasi)

Dalam dunia berdagang dibutuhkan strategi agar tetap berjalan lancar, karna kita tau bahwa persaingan pasti ada, jadi kalau kita hanya menggunakan trik sama terus maka lama-kelamaan akan bisa surut pemasukan kita, cara yang dibutuhkan adalah gimana caranya kita beda dari yang lain yang sekiranya para konsumen lebih tertarik dengan produk kita, jika belum mempunyai ide maka kita bisa melihat para pedagang yang telah sukses diatas kita, kita mencari tahu bagaimana sih tekniknya, produk apa yang dijual, maka kita lihat semua itu bahkan sebisa mungkin kita bisa lebih dari itu, misal kita menjual semangka harga satuan 10 ribu, jika beli tiga maka dikasih dengan harga 27 ribu, begitulah yang namanya ATM

5. Kerja Keras

Kerja Keras

Setelah semua cara diatas telah terpenuhi , maka yang terahir adalah kerja keras atau semangat juang. Tanpa adanya kerja keras maka semua cara yang telah kita lakukan akan sia-sia, karena kerja keras dan semangat adalah kunci dari keberhasilan. Memanglah sebuah usaha itu mulanya dari kecil ,namun dengankerja keras dan penuh semangat maka usaha kita akan terus maju, karena kesuksesan memang harus dirintis dari bawah, gak ada kesuksesan yang dibangun dalam semalam, itu hanya ada di dunia dongeng. Penuh sikap optimis dan selalu bersyukur atas apa yang telah kita miliki maka kesuksesan akan terus terbangun.

Semoga informasi yang saya bagikan ini bermanfaat untuk kesuksesan bisnis anda. SELAMAT BERJUANG , kesuksesan menanti anda.

Leave a Reply