Cara Membuka Usaha Dagang Bagi Pemula

Cara Membuka Usaha Dagang Bagi Pemula – Jenis usaha dagang yang dimaksud disini antara lain seperti jual-beli motor atau mobil, jual nasi, jual sembako dan lain sebagainya. Berikut ini adalah berbagai tips yang bisa anda simak untuk menuju kesuksesan dalam berdagang.

Tentunya sudah tidak asing lagi kan yang namanya berdagang?  Berdagang sudah mendunia dan itu merupakan kegiatan yang banyak dilakukan di sekitar anda. Siapa saja bisa melakukan hal itu, dengan bermodalkan keberanian, kesabaran dan cara supaya pelanggan tertarik dengan produk yang anda tawarkan. Keramahan dan cara anda melayani konsumen juga tentu menjadi pengaruh besar. Jika mereka merasa puas maka akan menjadi pelanggan anda dan menjadi pundi-pundi uang.

kita akan bahas tips sukses berdagang, mungkin anda ada yang masih bingung mau jualan apa ? Bagaimana cara berdagang? Nah disini anda bisa simak tip-tips nya, karena ini penting untuk anda semua, jika tidak tau tata cara yang benar maka anda bisa-bisa gulung tikar.

Nah silahkan anda simak dan cermati dengan baik.

Tentukan Lokasi

Tentukan Lokasi

Tentukan lokasi yang baik, sekiranya banyak orang, banyak dilewati orang, misal anda ingin berjualan makanan, maka lokasi yang tepat adalah anda berjualan di  terminal mungkin, atau di dekat pabrik, maka itulah posisi lokasi yang sangat ideal. Karena lokasi yang tepat akan membawa kesuksesanmu untuk berdagang.

Sesuaikan Apa yang Akan Dijual

Setelah lokasi sudah bagus dan tepat, maka sesuaikan barang apa yang akan anda jual. Misalnya, anda memilih lokasi di dekat sekolahan, anda perhatikan kiri kanan anda, jangan sampai anda membuat usaha yang sama dengan mereka.

Jika mereka membuat usaha warung bakso, maka anda jangan membuat usaha yang sama,  sebaiknya bikin usaha yang lain misal percetakan foto kopi, jual alat-alat sekolah dan sebagainya, itu akan sangat menguntungkan bagi anda. Hal itu menjadi penentu dalam kesuksesan berdagang.

Mulai Dengan Kecil

Mulai Dengan Kecil

Ini harus diperhatikan “Mulailah usahamu dari kecil dulu” setelah berjalan dan bisa kamu amati laris tidaknya, nyaman tidaknya. Jika kemantapan sudah ada dan modal juga sudah cukup untuk membuat usaha anda menjadi lebih besar maka baru anda lakukan. Terkadang ada orang pemula yang baru terjun ke dunia perdagangan, mereka langsung terobsesi ingin kulakan ini, ingin itu, semua langsung di beli tanpa mengamati laku tidaknya, jika cara itu dilakukan maka besar kemungkinan akan gulung tikar. Maka demikian, anda harus cermat dan tepat dalam melakukan cara perdagangan agar usaha anda laris manis.

Unggulkan Kelebihan Dagang Anda

Keunggulan barang anda sangatlah berpengaruh besar, jadi promosikan dengan baik bahwa barang yang anda tawarkan ini lebih unggul dibanding yang lain, anda harus pandai berpromosi.

Buat Iklan

Buatlah iklan untuk menarik perhatian mereka, supaya mereka tahu barang apa yang anda jual, atau jasa apa yang anda sediakan ? Misalkan anda menjual jasa percetakan, maka anda harus membuat banner atau papan nama didepan toko anda, supaya mereka tahu bahkan bisa dilihat dari jauh  bahwa ditempat anda menyediakan jasa yang mereka cari.

Jangan Memberi Hutang

Jangan lakukan budaya ngutang, jika anda menyediakan layanan hutang justru itu bisa menjadi penghambat anda, toh belum tentu dia langsung membayar. Maka tegaskanlah bahwa anda tidak melayani jasa hutang, tapi dengan catatan cara anda harus sopan dan ramah, sehingga para pelanggan tidak merasa kecewa.

Jangan Malas

Malas

Semangat sangat berpengaruh penting dalam keberhasilan Usaha, jika anda malas, tentu jelas keberhasilan akan jauh dari harapan. Sebisa mungkin anda lebih awal membuka tempat usaha anda dibanding yang lain. Jangan sampai rejekimu dipatok ayam ( kata pepatah ) hehe.

Itulah tips-tips sukses dalam berdagang, anda bisa meniru dari kutipan di atas, yang penting tetap berusaha, kerja keras, penuh semangat dan selalu berdo’a, semoga kesuksesan menghampiri anda . “Salam sukses dan selamat berjuang “.

Leave a Reply