Analisa Modal dan Keuntungan Usaha Jualan Nasi Goreng

Analisa Modal dan Keuntungan usaha jualan nasi goreng – Ngomong ngomong masalah makanan, siapa sih yang tidak kenal dengan nasi goreng yang dengan nama lain makanan sejuta umat. Hampir semua orang kenal dan suka dengan makanan yang satu ini. Berbisnis nasi goreng ternyata sangat berpotensi loh. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah ulasan peluang usaha tentang bisnis jualan makanan.

Analisa-Modal-dan-Keuntungan-Usaha-Jualan-Nasi-Goreng

Sampai saat ini nasi goreng masih menjadi sebuah pertanyaan dari mana asal mulanya. Ada yang mengatakan bahwa nasi goreng berasal dari Indonesia, sebagian ada yang mengatakan kalau nasi goreng berasal dari Tiongkok. Kebenarannya sampai saat ini masih belum terungkap, namun meskipun demikian yang pasti nasi goreng adalah makanan yang banyak menggugah selera dan sudah tersebar di seluruh penjuru dunia.

Analisa Modal dan Keuntungan usaha jualan nasi goreng

Antusias masyarakat terhadap nasi goreng memang terbilang cukup tinggi, bisa kita lihat hampir semua kawasan dan lokasi selalu ada pedagang yang jualan nasi goreng. Memang makanan yang satu ini ramai peminatnya, hampir seluruh lapisan masyarakat menyukai makanan yang satu ini. Nasi goreng bisa kita ibaratkan seperti bakso/mie ayam, bisa kita temukan dimana saja, khususnya di sebrang jalan.

Berdasarkan pernyataan tersebut, dapat  kita simpulkan bahwa mendirikan sebuah bisnis nasi goreng merupakan sebuah peluang yang sangat berpotensi. Namun semua itu harus dibarengi dengan usaha dan kesungguhan dalam menjalankan bisnis. Jika anda memang berminat untuk mendirikan bisnis jualan nasi goreng, maka sebaiknya anda membaca beberapa hal berikut ini.

Cara membuka usaha jualan nasi goreng

1. Tempat Usaha Nasi Goreng

Sebelum anda menjalankan bisnis ini, hal pertama yang harus anda perhatikan yaitu masalah tempat anda berjualan nasi goreng. Anda harus memilih area yang strategis untuk anda jadikan lokasi jualan, pastikan lokasi terebut banyak dikunjungi orang seperti dekat tempat perbelanjaan, tempat nongkrongnya anak muda, dan lainnya. Asalkan di tempat yang ramai, sehingga akan berpotensi besar nantinya. Bila anda memiliki modal yang cukup besar, maka anda bisa membuat warung nasi goreng, namun jika modal anda tidak cukup untuk mendirikan warung, maka anda bisa menggunakan gerobak sebagai alat anda berjualan dan bisa anda jajakan ketempat tempat-tempat yang banyak pengunjungnya.

2. Perlengkapan Usaha Nasi Goreng

Perlengkapan dalam usaha nasi goreng ini, masuk menjadi modal yang nantinya modal tersebut dibutuhkan untuk keperluan-keperluan termasuk untuk membeli perlengkapan yang digunakan dalam berdagang. Perlengkapan yang digunakan tidak jauh berbeda dengan perlengkapan yang digunakan oleh  usaha makanan lainnya.  Adapun beberapa perlengkapan tersebut ialah :

– Gerobak/Etalase : Rp. 2.500.000

– Kompor dan Tabung Gas : Rp. 300.000

– Peralatan Masak : Rp. 200.000

– Peralatan Makan : Rp. 200.000

– Meja kursi: Rp. 200.000

– Lain-Lain 200.000

– Kisaran total modal : Rp. 3.600.000

Untuk modal awal memang tidak ada kata pasti dalam nominalnya, karena semua itu tergantung dengan tersedia tidaknya barang-barang tersebut. Misalnya, jika ternyata dirumah anda sudah memiliki sebagian dari alat-alat tersebut itu artinya anda bisa meminimalisir modal anda. selain itu juga tergantung dengan keahlian anda, misalkan anggaran untuk membeli gerobak sebesar 2.500.000, namun jika anda bisa membuat gerobak itu sendiri maka biaya yang seharusnya untuk membeli gerobak paling tidak akan terminimalisir sekitar 1500.000, jadi untuk modal awal memang cukup bervariasi dalam arti tidak ada kata pasti dalam nominalnya.

3. Cita Rasa Nasi Goreng

Dalam usaha jualan nasi goreng, Cita rasa akan menjadi prioritas. Itu suatu hal yang sangat penting untuk anda pertahankan, karena melalui cita rasa maka itulah omset yang anda miliki. Secara otomatis, jika anda menyajikan rasa yang enak dan bisa menggugah selera maka mereka akan suka dan dapat dipastikan akan menjadi pelanggan tetap anda. selain itu, anda harus perhatikan masalah kemasan yang anda sajikan usahakan ada ciri khas tersendiri,sehingga tidak terkesan membosankan.

Baca Juga: Kumpulan Zodiak Orang Terkaya di Dunia, kamu Termasuk yang Mana?

Nah, 3 hal diatas merupakan senjata yang bisa anda gunakan dalam mendirikan sebuah usaha jualan nasi goreng.  Anda harus memikirkan itu secara matang-matang, karena setiap usaha harus ada sebuah perencanaan yang matang, serta gigih dalam menjalankannya, termasuk jualan nasi goreng ini. Jika anda tepat dalam menjalankannya, bukan tidak mungkin lagi jika usaha jualan nasi goreng anda akan laris manis.

Setiap usaha tentu sudah pasti mengandung resiko, termasuk usaha jualan nasi goreng ini, Resiko berjualan nasi goreng yaitu turunnya jumlah konsumen ketika hujan turun, persaingan yang ketat, kalah promosi dan hal lainnya yang bersangkutan.

Leave a Reply