7 Cara, Tips dan Trik Menjadi Broker Properti yang Sukses Tanpa Modal

7 Cara, Tips dan Trik Menjadi Broker Properti yang Sukses Tanpa Modal – Yang namanya sebuah bisnis ya tentu saja membutuhkan sebuah modal. Apa lagi bisnis yang namanya properti, jika ada yang bilang bahwa bisnis ini tidak butuh modal yang bisa dibilang tahayul, hehe. Begini guys, saya jelaskan sedikit mengenai bisnis. Bisnis apapun itu memang butuh yang namanya modal, modal itu macam-macam bentuknya. Ada yang modal uang, tenaga, skill ( jasa),. Nah bisnis mengenai properti disini yang dimaksut tanpa modal yaitu bisnis properti yang berperan sebagai perantara atau sebagai seorang mediator jual beli dalam bisnis properti ini. Dan bisnis ini saat ini sangat diburu para usahawan. Karena bahwasanya bagi mereka yang tau seluk beluk mengenai bisnis ini, mereka merasa bahwa bisnis ini merupakan sebuah peluang besar yang bisa dijalankan untuk merauk banyak keuntungan. Ya memang sih, semua itu tergantung pada kemampuan masing masing.

7-Cara,-Tips-dan-Trik-Menjadi-Broker-Properti-yang-Sukses-Tanpa-ModalKata-katanya kok sampai merauk keuntungan, memangnya seberapa besar sih keuntungan yang akan didapat dari bisnis properti ? Sebuah pertanyaan yang wajar memang. Jawabnya, keuntungan yang bisa didapat dari bisnis ini adalah antara 2-3% dari angka transaksi. Itulah nominal yang bisa di dapat oleh seorang mediator dari bisnis properti ini. Misalkan jika kita berhasil menjual rumah dengan harga senilai 1 milyar, maka 2 persen dari 1 milyar adalah 20 juta rupiah. Sebuah angka yang bukan main-main kan? Iya memang itulah angka yang bisa didapat ketika seoorang mediator berhasil atas usahanya menjual sebuah properti.

Bisnis properti idaman keluarga

Secara logika, dalam urusan bisnis memang membutuhkan yang namanya uang sebagai modal, namun pada kenyataannya yang menjadi modal paling utama dalam sebuah bisnis adalah kemauan, tekat, serta skill. Apalagi mempunyai modal uang juga justru malah akan semakin mudah untuk berpeluang meraih kesuksesan. Namun bisnis dibidang properti ini uang bukanlah sebuah modal utama  untuk meraih kesuksesan, jika memang benar-benar serius menjalankan usaha bidang properti ini maka inilah trik dan tips yang bisa anda jalankan.

Berikut 7 Cara, Tips dan Trik Menjadi Broker Properti yang Sukses Tanpa Modal :

1. Bergabunglah dengan Agen Properti ternama di kota Anda

Modal yang paling utama yang harus dimiliki oleh seorang broker properti adalah memiliki ilmu dan skill yang tinggi untuk memulai usaha tersebut. Bagi seorang pemula yang belum benar-benar memiliki bekal yang cukup untuk terjun maka sebaiknya anda bisa bergabung dengan para broger yang sudah memiliki nama besar dikota kita. Itu merupakan ebuh cara yang sangat tepat, karenanya anda akan melakukan learning by doing ( belajar sekaligus mempraktekkan).  Dengan bergabung dengan agen broker yang sudah memiliki nama besar maka secara tidak langsung  anda bisa bersekolah dan menimba ilmu mulai yang paling dasar sampai kepuncak ilmu itu, sehingga bisa anda jadikan bekal nantinya untuk menjadi seorang broker properti hebat nantinya. Dan anda juga akan mendapatkan pencerahan mengenai perjalanan serta proses liku likunya dalam melakukan usaha properti tersebut. Dan masing banyak keuntungan ketika kita bergabung dengan agen broker yang sudah memiliki nama besar, anda juga akan memiliki banyak kenalan dengan orang-orang yang memiliki database properti, sehingga anda bisa bertukar informasi mengenai hal tersebut, dan bisa anda jadikan jangkauan sebagai rekan bisnis untuk menjalankan usaha anda tersebut. Berdasarkan konsep trik diatas informasi listing adalah menjadi kunci, jadi dengan anda bergabung dengan para pemain yang sudah memiliki kemampuan diatas rata-rata maka itu akan menjadi pensuport anda untuk mewujudkan kesuksesan.

Baca Juga: Teknik Mudah Agar Jualan Online Laris Manis

2. Gunakan trik lebih baik menjadi ikan besar tetapi dikolam kecil daripada menjadi ikan kecil dikolam besar

Mungkin anda kebingungan mengenai filosofi diatas yang menjadi ikan besar tetapi di dalam kolam kecil. Maksud dari sebuah perumpamaan diatas adalah  menjadi seorang agen atau broker properti yang ber area di sebuah wilayah kecil seperti perkampungan atau sebuah kota-kota yang tidak berlevel tinggi atau juga di kota sedang dan kecil, namun anda menjadi jenderal di area tersebut. Menjadi jenderal berarti, anda memiliki nama yang besar bahkan unggul dalam sebuah bisnis properti tersebut, dengan besarnya nama anda maka banyak orang yang menyegani anda sehingga akan sangat memudahkan bagi anda untuk bermain dalam bisnis tersebut. Lokasi seperti ini memang menjadi buruan bagi pembisnis di bidang properti, karena mereka menilai bahwa lokasi diwilayah kota-kota tingkat sedang dan kecil adalah lokasi yang sangat empuk untuk menjalankan aksi mereka dan menjadikan omset yang sangat besar. Jadi tidak heran jika diwilayah seperti itu kini dipadati oleh usahawan properti. Itulah mengapa kita memilih sagmen ini untuk dijadikan sebuah pilihan yang tepat seiring semakin kerasnya permainan menjadi seorang broker dalam bidang properti di kota-kota besar dan ber level.

Berbeda halnya jika kita memilih untuk menjadi ikan kecil namun bertempat dikolam besar.  Permainan seperti sagmen ini dalam arti kita memilih area di kota-kota besar yang memiliki banyak persaingan namun masih memiliki sagmen pasar yang cukup luas. Jika kita memilih bermain di area  ini maka kita harus siap bertarung dan berkompetensi dengan sekian banyaknya pemain properti tersebut. Meskipun dalam lokasi di kota besar dan elit dan memiliki banyak pesaing, namun kebutuhan akan properti juga cenderung lebih besar. Sehingga kita masih bisa berpeluang di dalam bisnis properti tersebut di kota-kota besar, meskipun memang kita harus mengeluarkan jurus jurus yang jitu dan ekstra untuk bersaing dengan mereka.

3. Kunci sukses berikutnya untuk menjadi broker properti sukses adalah kesabaran

Mengenai kata sabar, sabar memang sebuah hal yang gampang dan sulit. Artinya gampang ketika kita mengucapkan kata sabar, namun sangat sulit bagi kita untuk menerapkannya, hanya bagi sebagian orang yang memang memiliki tingkatan yang tinggi untuk bisa mengaplikasikan kesabaran. Apalagi ketika terjun dalam bisnis bidang properti, kesabaran akan sangat dibutuhkan demi terwujudnya sebuah kesuksesan. Kata sabar berarti kita harus tlaten dan tekun dalam menjalankan bisnis tersebut, ketika kita gagal deals dalam penawaran properti yang telah kita lakukan. Sabar pula kita harus tekun serta ulet dalam berusaha, ketika kita kesana kemari untuk menawarkan properti dan pada akhirnya penawaran kita ditolak. Memang harus ekstra sabar didalam menjalankan usaha properti. Dengan kesabaran, kegigihan, penuh semangan , telaten dan tekun maka buah hasil dari kesabaran itu manis, dalam arti kita akan bisa menikmati hasil dari sebuah perjuangan yang telah kita lakukan tersebut dengan kesuksesan yang nyata.

4. Berani berspkulasi untuk sukses dengan mengeluarkan sedikit dana untuk biaya pemasaran

Yang namanya mengejar sebuah kesuksesan memanglah membutuhkan modal, seperti dalam menjalankan bisnis bidang properti ini, anda harus mengeluarkan sedikit modal uang. Karena kesuksesan itu tiada yang gratis.  Didalam untuk pemasaran properti pastinya anda harus mengeluarkan sedikit uang untuk biaya pemasaran daftar listing properti kita. Seperti kita membuat brosure tentang daftar listing mengenai properti yang hendak  kita jual, kita memang harus berani untuk mengeluarkn sedikit dana untuk membuat iklan tersebut di koran atau di media-media yang lain.

Oleh karena itu jika kita memang ingin meraih sebuah kesuksesan didalam bidang usaha yang kita jalankan, maka sedikit banyaknya kita tetap harus mengeluarkan modal uang. Karena itu adalah proses dari terciptanya sebuah keberhasilan.

5. Pahami semua legalitas yang berkaitan dengan jual beli properti

Satu lagi yang harus anda perhatikan yaitu, mengenai legalitas yang berkaitan dengan juel beli properti tersebut.  Karena itu sangatlah penting untuk anda lakukan. Anda harus benar-benar memahami mengenai informasi legalitas properti itu,  dan pastikan anda tau cara proses AJB ( akta jual beli), dan jenis jenis legalitas seperti SHM, SHG, letter c, petok D, dan jenis surat tanah lainnya.

Dan yang harus bebar-benar anda pahami yaitu mengenai pajak yang harus dibayarkan ketika transaksi jual beli properti. Karenanya itu berhubungan dengan legalitas dan hukum. Oleh karena itu jika memang anda benar-benar ingin terjun kedalam usaha bidang properti, anda harus mempelajari hal tersebut demi kelancaran usaha anda.

Ketika anda sudah menguasai akan hal legalitas maka itu akan membantu anda untuk terhindar dari transaksi tanah sengketa yang nantinya akan merugikan kedua belah pihak. Karena bukan tidak mungkin jika transaksi dibidang properti ini ada permasalahan mengenai tanah sengketa, karena itu yang biasanya menjadi sebuah permasalahan yang ada di dalam bisnis properti. Oleh karena itu, dengan anda mempelajari mengenai legalitas, maka kecil kemungkinan anda akan bisa terhindar dari permaslahan tanah yang bermodel seperti itu. Karena itu sangatlah penting untuk mendorong anda menuju sebuah kesuksesan jika memang anda ingin terjun kedunia bisnis properti.

6. Pastikan pemilik properti yang hendak kita jualkan mengetahui biaya-biaya yang di keluarkan disaat proses pemasaran properti tersebut

Hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan sebuah bisnis properti adalah, upayakan seorang pemilik properti yang rumahnya hendak anda jualkan itu tau mengenai seluruh biaya yang sudah anda keluarkan untuk memasarkan properti miliknya. Jadi, jika kita menjualkan properti milik orang lain itu memang ada seninya yaitu ada sejumlah biaya yang yang kelihatannya tidak ada namun pada kenyataanyya  biaya terebut itu ada. Seperti halnya kita membuat flyer, biaya pengiklanan seperti koran, atau melalui media media yang lain, karena semua itu tentunya tidak gratis. Oleh karena itu usahakan seorang pemilik properti itu tau mengenai semua biaya yang telah  anda keluarkan dalam proses menjualkan properti miliknya, sehingga ketika properti itu laku maka seluruh biaya itu akan menjadi hitungan tersendiri. Semua itu memang perlu dibicarakan di awal dengan pemilik rumah trsebut, sehingga nantinya tiada kesalah pahaman diantara kedua belah pihak.

7. Lakukan Listing Yang Terupdate Untuk Bahan Jualan Properti Kita

Ketika kita memutuskan untuk terjun dan memulai usaha dibidang properti, yang paling mahal adalah database listing daftar properti kita. Oleh karena itu bisa dikatakan bahwa bisnis properti adalah bisnis  jual beli informasi.  Semakin lengkapnya daftar properti yang hendak kita pasarkan maka semakin besar pula peluang untuk kita jadikan sebuah hasil, yaitu kesuksesan. Kita bisa sukses memasarkan banyak properti. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencari daftar listing. Kita bisa menjalankan cara itu sendiri dengan kita berjalan menelusuri kota kita mengenai tentang rumah dan properti yang hendak kita pasarkan, atau juga bisa mencari listing i sosial media  seperti, koran, internet, dan media yang lainnya.

Baca Juga: 9 Cara Mengatasi Depresi atau Stres Tanpa Obat

Langkah berikutnya setelah kita berhasil mendapatkan daftar listing yang mau kita jual, yang harus kita lakukan adalah mempelajari dan memahami mengenai seluk beluk dari properti yang hendak kita pasarkan tersebut yang meliputi legalitas serta kondisi fisiknya. Setelah kita mengetahui tentang informasi dari properti yang hendak kita jual, barulah kita mencari seorang pembeli dari properti tersebut.

Demikian 7 Cara, Tips dan Trik Menjadi Broker Properti yang Sukses Tanpa Modal yang bisa kami  rangkum untuk anda, semoga tips yang sederaha tersebut dapat bermanfaat dan membantu anda meraih kesksesan.

Good luck.

Leave a Reply