7 Cara Agar Kita Tidak Mudah Mengeluh dalam Hidup

7 Cara Agar Kita Tidak Mudah Mengeluh dalam Hidup – Mengeluh merupakan hal yang wajar bagi manusia. Karena manusia adalah makhluk yang lemah yang penuh keluh kesah. Jadi jika hal itu terjadi merupakan sebuah tindakan yang manusiawi.

Namun sesungguhnya mengeluh bukanlah hal yang positif. Dengan mengeluh tidak akan bisa mEnyelesaikan masalah jika tidak segera ditangani dengan tindakan-tindakan yang positif dan rasional.

Jika anda senantiasa mengeluh kesah atas apa yang terjadi pada diri anda, maka itu justru akan semakin menjadikan beban anda. menjadi beban pikiran semakin menumpuk akhirnya akan semakin rumit permasalah dalam diri anda.

7-Cara-Agar-Kita-Tidak-Mudah-Mengeluh-dalam-Hidup

Pada dasarnya kita hidup didunia dengan tujuan ingin mendapatkan kehidupan yang tentram dan bahagia. Jika anda terus mengeluh, maka sampai kapan anda bisa menemukan kebahagiaan tersebut. Oleh karena itu, mulailah untuk berhenti mengeluh dan mulailah untuk menjalani segala permasalahan dengan pikiran yang positif tanpa ada keluh kesah.

Lalu, langkah apa saja yang dapat dilakukan agar bisa berhenti mengeluh ? Berikut ini 7 Cara Agar Kita Tidak Mudah Mengeluh dalam Hidup :

1. Perbanyak Bersyukur

Kunci yang pertama yaitu bersyukur. Dengan bersyukur maka kita akan bisa menghadirkan sebuah pemikiran yang positif untuk mengatasi setiap permasalahan yang ada.

Apa sih arti mengeluh ? mengeluh berarti tidak bisa mensyukuri atas apa yang terjadi, meskipun sedang mendapatkan ujian seberat apapun, kita harus tetap bisa bersyukur.

Bersyukur bisa menghadirkan banyak hal, selain kita akan mendapatkan sebuah pemikiran yang positif, maka akan ditingkatkan derajat kita di mata allah. Sehingga masalah seberat apapun akan terasa ringan, bahkan akan dimudahkan untuk menuju jalan keluarnya.

Anda jangan terus memikirkan masalah anda, itu tidak akan bisa menyelesaikan permasalahan. Yang harus anda pikirkan yaitu solusi. Nah, berdasarkan pemikiran positif telah anda dapatkan dari rasa syukur tadi, maka dengan mudah untuk anda menuju jalan keluar yaitu sebuah kebahagiaan.

Tujuan hidup yaitu mencari sebuah ketentraman. Bahagia belum tentu bisa tentram, namun tentram sudah pasti akan bahagia. Jadi, mulailah untuk selalu bersyukur agar kebahagiaan yang telah anda impikan yang menjadi tujuan hidup anda akan segera terwujud.

Bersyukur merupakan lambang kebahagiaan. Untuk apa keluh kesah, toh gak bisa menyelesaikan permasalahan kan? Justru akan menambah beban saja. Segeralah ubah keluh kesah dengan selalu bersyukur atas nikmat yang telah diturunkan kepada kita, sekalipun itu pahit rasanya, jika kita mampu untuk bersyukur maka rasa itu akan segera berubah menjadi manis.

2. Jaga Pikiran Tetap Positif

Didalam diri manusia terdapat 2 hal tentang pemikiran yaitu pemikiran positif dan negatif. Jika anda selalu membiasakan diri untuk mengeluh, itu berarti anda telah terhanyut dengan pemikiran yang negatif.

Bila anda bisa berfikir bijak, maka pasti anda akan menjauhi yang namanya keluh kesah, karena anda akan tau bahwa mengeluh itu tiada manfaatnya sama sekali. Namun hanya kerugian saja yang nantinya didapat.

Untuk melakukan hal tersebut memang tidaklah mudah, perlu pembelajaran secara perlahan untuk meninggalkan budaya mengeluh. Sedikit demi sedikit belajar untuk terus berfikir positif agar semakin jauh dari suasana kenyamanan dalam keluh kesah yang sering anda luapkan.

Perlu anda paksakan diri untuk merubah pemikiran anda menjadi positif jika memang anda mnginginkan sebuah kehidupan yang lebih baik, yaitu kebahagiaan.

Cara yang sangat mudah untuk menghindari keluhan yaitu, disetiap anda melakukan hal apapun dan sedang terjadi apapun selalu ingatlah kepada yang maha kuasa, maka akan hadir pemikiran positif dan anda akan selalu bersyukur.

Dengan demikian, akan ada rasa kenyamanan dalam setiap langkah anda. jangan sia-siakan hidup indah anda Cuma karena terpengaruh dengan pemikiran yang negatif. Karena berdasarkan pemikiran yang negatif akan menimbulkan banyak hal yang terbuang sia sia, padahal yang seharusnya itu merupakan sebuah kebahagiaan.

3. Tidak Mengeluh Selama 3 Hari

Cobalah memulai belajar menghindari keluh kesah dengan cara yang mudah dahulu, anda bisa melakukan ujicoba selama 3 hari untuk tidak mengeluh. Mungkin ini terlihat mudah, namun bagi pemula ini merupakan sebuah tantangan yang harus di jawab.

jika ujicoba selama 3 hari bisa dilaksanakan dengan baik, maka tingkatkanlah menjadi 5 hari, kemudian 7 hari , dan jika memang berhasil maka seterusnya anda akan berhasil menghilangkan keluh kesah.

Jika anda sudah berhasil menjawab tantangan tersebut, maka rasakanlah perbedaan yang ada dalam diri anda, mulai hati, bahkan pikiran pikiran anda. hal itu tentunya bisa anda rasakan bahwa ada perubahan besar dalam diri anda. dan anda akan bisa membiasakan memandang segala apapun permasalahan dengan pemikiran yang positif.

4. Lihat ke Bawah, Jangan ke Atas

Cara yang bijak juga bisa anda lakukan untuk menghindari keluhan dengan cara selalu memandang kebawah. Ketika kita mendapatkan suatu musibah atau kekurangan, maka cobalah untuk melihat ke sekeliling kita, terutama pada mereka yang kondisinya berada dibawah kita.

Di dalam kehidupan kita pasti ada orang yang jauh lebih sukses dan juga berada jauh dibawah dari kita. Maka selalu melihatlah kebawah, dengan seperti itu kita akan terus bersyukur.

Disaat anda hanya memiliki rumah yang sederhana, maka coba lihatlah pada mereka yang tidak mempunyai rumah, hidupnya berserakan dimana-mana bahkan di bawah jembatan. Maka anda termasuk lebih beruntung daripada mereka.

Meskipun rumah anda sederhana, jika disyukuri maka akan terasa nyaman untuk ditempati. Daripada mereka yang tidak punya rumah, bumi dijadikan sebagai lantainya, dan langit dijadikan sebagai atapnya.

Yang harus anda jadikan perbandingan untuk menghadirkan rasa syukur yaitu kepada mereka yang hidupnya masih dibawah kita. Jangan sampai anda melihat berdasarkan kelebihan orang lain, hal itu anda lakukan yang ada hanyalah iri hati dan akan terus menimbulkan keluh kesah.

5. Kurangi Keinginan untuk Sempurna

Allah menciptakan manusia sebagai makhluk yang paling sempurna. Namun janganlah anda menafsirkan bahwa manusia dapat melakukan segala apapun dengan sempurna.

Sebagai contoh, robot yang memiliki kemampuan khusus dan telah di setting dengan berbagai ilmu tekhnologi secara canggih saja masih bisa melakukan sebuah kesalahan, apalagi kita sebagai manusia, melakukan kesalahan memang sebuah hal yang lazim.

Dalam kehidupan ini, ada batasan-batasan atas kemampuan yang kita miliki. Seperti halnya dalam merubah cuaca, manusia diberi batasan kemampuan akan hal itu, oleh karena itu manusia tidak akan pernah bisa untuk merubah cuaca.

Oleh karena itu, kendalikan diri anda untuk menginginkan hal yang paling sempurna, karena yang bisa sempurna hanyalah allah semata. Jika kita mempunyai ego untuk menjadi sempurna, maka ketika kita telah gagal melakukan apa yang kita inginkan, yang terjadi pastinya sebuah keluhan. Itulah yang patut untuk kita hinari.

Mulai sekarang berhentilah berfikir untuk menjadi sempurna. Jika manusia melakukan sebuah kesalahan maka itu merupakan hal yang mutlak. Karena manusia pada dasarnya tempat kesalahan. Apabila anda terus ber ogoisasi dalam mencari kesempurnaan, yang ada malah justru akan menambah beban hidup anda yang akan menjadikan stres.

6. Buka Mata dan Wawasan

Langkah selanjutnya yaitu buka mata dan wawasan. Hal ini bermaksudkan bahwasanya kita harus bisa melihat terhadap kondisi yang kita alami, karena bisa jadi penyebab terjadinya hal yang kita alami tersebut akibat dari kurangnya pengetahuan yang kita miliki. Bahkan kita hanya terpaku terhadap satu hal saja.

Padahal sebenarnya ada banyak hal yang bisa menjadi jalan keluarnya, namun anda hanya fokus terhadap satu hal tersebut. Sehingga mata anda tertutup untuk melihat pada hal-hal penting lainnya.

Cobalah untuk membuka mata hati anda, agar bisa melihat cakrawala lebih luas lagi, sehingga nantinya akan memunculkan sebuah ide-ide yang bisa membawa anda menuju jalan keluarnya. Anda bisa memulainya dengan membaca. Dengan membaca maka anda akan bisa menggali berbagai ilmu pengetahuan.

Mengingat pentingnya membaca, karena dengan membaca buku atau kitab, itu merupakan sarana dimana kita bisa menggali informasi yang akan menambah wawaan kita. Ingatlah, buku adalah jendela dunia, yang disana terdapat cakrawala pengetahuan sangat penting untuk kita pelajari sebagai bekal menjalani kehidupan.

7. Perluas Pergaulan

Coba anda amati lebih cermat lagi, apakah kebiasaan mengeluh juga terjadi pada orang-orang yang ada di lingkungan sekitar anda?

Lalu apa hubungannya dengan lingkungan sekitar ? jawabnya, Karena ada banyak penelitian yang mengatakan bahwa perilaku manusia juga dapat dipengaruhi oleh orang-orang di sekitarnya. Termasuk juga perilaku atau kebiasaan mengeluh.

Jika ternyata memang lingkungan pergaulan Anda terdapat orang orang yang memiliki kebiasaan mengeluh, maka sebaiknya anda mulai membatasi diri terhadap mereka, bukan diartikan disuruh untuk menjauhi, namun sekedar memberi batasan saja. Setidaknya sampai Anda bisa lebih kuat untuk tidak mudah mengeluh lagi.
Berbanyak-banyaklah untuk bergaul, namun anda harus pandai-pandai dalam memilih teman bergaul. Salah pergaulan akan berakibat fatal. Perbanyak bergaul dengan mereka yang senang menolong orang lain. Seperti para sukarelawan yang suka mengajar anak-anak di wilayah kumuh. Atau dengan mereka yang memiliki jiwa serta pemikiran bijak.

Jatidiri para sukarelawan merupakan contoh yang bisa kita tiru, mereka adalah orang-orang yang tidak pernah mengeluh terhadap keadaan apapun, karena mereka sadar masih banyak orang lain yang butuh bantuan.

Ingatlah bahwa tidak ada satu pun sisi positif yang bisa didapat dari sebuah kebiasaan mengeluh. Namun yang akan kita dapat justru akan semakin terpuruk dengan kondisi kejiwaan yang buruk. Kondisi yang akan membuat kita sulit merasakan kebahagiaan. Resah gelisah yang akan selalu menyelimuti. Jadi, mulai hari ini, cobalah ketujuh Cara Agar Kita Tidak Mudah Mengeluh dalam Hidup. Selamat mencoba!

Leave a Reply