5 Tips Agar Bisa Simpan Uang atau Menabung

Uang memanglah sesuatu yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan seseorang. Dan akan sangat menimbulkan masalah jika tidak bisa mengelola keuangan dengan baik.

Segala sesuatu memang butuh dengan yang namanya uang. Meskipun uang bukanlah segalanya. Namun tanpa uang maka seseorang tidak akan bisa menjalani kelangsungan hidup. Karena zaman sekarang tidak ada yang namanya Barter.

Banyak dari mereka yang sering menjadikan masalah tentang uang. Ketika pendapatan mereka tidak sebanding dengan kebutuhan mereka. Tentu itu akan menjadikan sebuah permasalahan.

5 Tips Agar Bisa Simpan Uang atau MenabungOleh karena itu harus pandai dalam pengelolaan uang. Harus ada konsep dalam mengoperasikan uang. Antara pengeluaran dengan pemasukan harus anda atur sebaik mungkin.

Berdasarkan kisah tersebut, berikut adalah 5 cara untuk menyimpan dan mengelola uang dari hasil pendapatan anda :

1. Cobalah untuk memasak

Dalam malakukan aktifitas sehari-hari, tentunya membutuhkan yang namanya sebuah energi. Untuk menghasilkan energi maka harus mengkonsumsi makanan. Dan melalui makanan tersebut anda harus berfikir realistis.

Biasakan untuk memasak sendiri, karena itu jauh lebih hemat dibanding jika anda harus membeli makanan diluar sana. Dengan memasak, selain berhemat anda juga bisa memilih jenis dan bahan masakan yang anda sukai.

Dengan kebiasaan memasak maka itu termasuk cara yang realistis dalam mengatur masalah keuangan anda.

2. Matikan TV Berlangganan

Anda harus berfikir cermat mengenai TV. Banyak dari mereka yang berlangganan TV kabel dan itu sudah menjadi kebiasaan sejak dahulu. Padahal jika difikir tentu itu merupakan sebuah kerugian besar. Kenapa tidak? Coba bayangkan dalam sehari paling-paling maksimal cuma 5 jam anda menonton TV. Seharusnya anda tidak perlu berlangganan TV kabel.

Anda bisa mencari jalan lain yang sekiranya anda tetap mendapatkan tayangan-tayangan yang aktual serta informasi ter-update. Selain itu anda bisa sedikit berhemat. Misalkan, anda menggunakan komputer pribadi, ataupun yang sekarang lagi ngetrend yaitu telepon pintar. Dengan itu anda tidak akan ketinggalan informasi atau tayangan yang anda sukai. Dan tentunya jelas lebih hemat dibanding anda masih berlangganan TV kabel.

3. Membuat rencana yang realistis

Sebagian dari mereka yang selalu terjebak dalam masalah keuangan adalah karena mereka tidak bisa mengimbangkan antara pemasukan dan pengeluaran.

Harus mempunyai rencana yang realistis dalam pengelolaan uang yang anda hasilkan. Tentang seberapa besar pendapatan anda, maka anda juga harus mengatur dengan baik mengenai pengeluaran anda.

Mungkin anda harus sedikit berhemat. Yang sekiranya tidak penting anda bisa tinggalkan. Harus bisa mengkondisikan hal tersebut dan selalu dahulukan kebutuhan pokok anda. Jangan selalu menuruti nafsu anda untuk berkeinginan membeli ini itu yang padahal tidak terlalu penting.

4. Mengkoleksi kupon

Kebanyakan dari mereka sering mengabaikan mengenai kupon potongan harga. Karena menganggap itu hal yang sepele.

Padahal jika anda lebih teliti, akan banyak keuntungan bagi anda dengan sering mengoleksi kupon. Anda bisa menukarkan barang dengan murah berdasarkan kupon tersebut. Dan itu jelas lebih menghemat hingga ratusan ribu loh.

Baca Juga: Jenis Usaha dengan Modal Ringan

5. Menghemat listrik

Dirumah anda tentunya selalu menggunakan listrik. Dan biaya pengeluaran untuk listrik setiap bulannya tentu beratus-ratusan ribu kan? Itu merupakan hal yang biasa.

Namun jika anda bisa berfikir dengan cermat, maka anda bisa merubah kebiasaan itu agar bisa lebih hemat dibanding sebelumnya. Anda bisa memulai sedikit berhemat listrik dengan cara mematikan lampu yang sekiranya tidak penting, ataupun alat-alat elektronik yang tidak terlalu penting untuk digunakan. Dengan seperti itu anda akan lebih berhemat. Dan tentunya biaya listri setiap bulannya jelas lebih hemat dibanding sebelumya.

Leave a Reply