3 Cara Sederhana Dapat Dana Hibah untuk Modal Usaha dari Pemerintah

Distributor Pulsa Electrik Termurah

Terlusurreload.org.-Modal adalah kunci dasar dalam sebuah usaha yang dijalankan. Tak hanya untuk memulai usaha saja tapi juga saat melakukan produksi dan distribusi. Jika membuat dan  mengembangkan usaha modalnya dari pihak bank itu sudah umum ada.

Mungkin dengan melibatkan pemerintah, seru juga ya? Dan menjadi daya tarik yang menarik sebab modal yang akan diterima lebih tinggi dari pihak bank.

Nah, disini telusurreload.org akan memberi  tips yang sangat sederhana bagi kamu yang ingin mendapatkan dana hibah dari pemerintah untuk memulai usaha kamu atau juga untuk mengembangkannya juga.

Dikutip dari halaman Wikipedia, dana hibah merupakan pemberian barang yang bisa berupa jasa atau uang dari pemerintah langsung dan diberikan kepada pemerintah daerah lainnya, perusahaan daerah, masyarakat dan organisasi masyarakat, dan lebih spesifik tak diperuntukannya, bersifat tidak wajib dan juga tidak mengikat, dan tidak secara terus menerus bertujuan untuk menunjang penyelenggaraan pemerintahan daerah.

 

Dan syarat utama sebelum pemerintah memberi bantuan hibah ialah:

1. Punya hak kepengurusan yang sah dan jelas.

2. Penduduk  bermukim di  wilayah pemerintahan administrasi yang ada.

 

Dan untuk organisasi mayarakat syaratnya ialah paling sedikit:

1) Sudah terdaftar di pemerintahan setempat minimal 3 tahun secara berturut-turut, terkecuali bila sudah ditentukan perpu/peraturan perundang undangan.

2) Bermukim /bertempat di dalam daerah pemerintah yang ada,

3) Punya sekretaris tetap.

 

Sebagai penerima tentunya ada laporan dan pertanggung jawaban atas dana hibah yang diterima:

a) Bagi penerima hibah dalam bentuk uang wajib melaporkan penggunaan dana hibah tersebut kepada kepala daerah melalui PPKD (Pejabat Pengelola Keuangan Daerah) bersama tembusan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) yang bersangkutan.

b) Bagi penerima hibah dalam bentuk barang atau jasa wajib melaporkan penggunaan hibah kepada kepala daerah melalui SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) yang bersagkutan.

 

Dalam mengajukan permintaan dana hibah tersebut bisa dilakukan dengan 3 cara yang dilangsir dari Cermati.com yaitu:

 

1. Memiliki jenis usaha yang jelas

Pemerintah hanya akan ,memberikan bantuan dana kepada bisnis yang jelas asal usulnya, bidang apa yang di usahakan, dan untuk apa tujuannya usaha itu berdiri. Maksudnya usaha yang berdiri tersebut bukan usaha yang baru berdiri melainkan sudah lama ada dan minimal sudah setengah tahun dalam meniti karier usaha. Hal itu dibutuhkan untuk mengamati perkembangan bisnis dan seberapa modal yang diperlukan untuk perkembangan selanjutnya. Maka dari itu perusahaan tersebut harus dilengkapi dengan surat izin, foto kegiatannya, maupun produksi dalam bidang apa yang ditekuni. Semua itu membutuhkan kejelasan yang pasti. Jika semua sudah lengkap, selanjutnya,,,

 

2. Menyusun proposal usaha


Untuk mencairkan modal hibah dari pemerintah, akan lebih mudah jika dengan proposal usaha. Kamu harus ada rancangan bisnis apa yang dilakoni. Tulis saja dengan mengetik agar praktis. Disarankan buatlah rancangan proposal kamu unik dam menarik agar pemerintah cepat merespon dan turun tangan langsung ke usaha yang sedang kamu jalankan. Isi dari proposal yang kamu buat ialah informasi yang jelas dan akurat tentang asal usul usaha, visi dan misi usaha yang kamu jalankan. Dengan adanya informasi jelas tersebut, pemerintah lebih yakin memberikan modal hibah ke usaha kamu.

 

3. Mengunjungi website bantuan modal pemerintah

Untuk mengetahui informasi yang jelas bukalah website pemerintah yang lansung terkoneksi ke bagian pemerintah langsung. Seperti, milik Dinas Perdagangan, atau Dinas Perindustrian, Menteri Perdagangan. Gali informasi website  pemerintah, dan berusahalah untuk selalu updet  informasi sebanyak mungkin. Kunjungi langsung website sah milik pemerintah.

Ingatlah!

Waspadailah adanya website palsu beratas namakan pemerintah mengenai pengajuan modal hibah usaha atau pinjaman modal. Sebab website-website tersebut bertujuan menipu para pengunjung situs.

Nah, itulah tips dari telusurreload.org  bagaimana cara mendapatkan dana hibah dari pemerintah untuk mengembangkan usaha kamu, semoga bermanfaat. Sekian, salam.

Anda mencari Distibutor PULSA & KUOTA termurah ? disini tempatnya: Klik Disini.
Distributor Pulsa Electrik Termurah

Leave a Reply