18 Ide Usaha Sampingan Modal Kecil Dengan Keuntungan Yang Berlimpah

Distributor Pulsa Electrik Termurah

Anda seorang karyawan di sebuah perusahaan namun disisi lain ingin memiliki sebuah usaha dan berpenghasilan lebih?Usaha sampingan tidak akan mengganggu pekerjaan utama dan perusahaan sendiri tidak melarangnya asalkan tidak bertentangan dengan peraturan dari perusahaan kita bekerja.
Modal menjadi alasan utama mengapa banyak karyawan belum memulai usaha sampingan. Banyak yang beralasan bahwa bisnis sampingan harus dimulai dengan modal yang besar atau kuat.

Bagi kamu yang berpenghasilan pas-pasan tentu pinjaman dana tunai dari bank adalah solusi modal bisnis.Pinjaman dari bank memang dapat dijadikan salah satu solusi yang diandalkan sebagai modal bisnis.Tapi ada cara lain yang bisa kamu gunakan tanpa harus dengan pinjaman dari bank untuk memulai usaha sampingan.Caranya dengan usaha sampingan modal kecil.
Dibawah ini ada beberapa cara yang bisa kamu pilih sebagai bentuk untuk memulai bisnis sampingan kamu.

1. Jual pulsa elektrik
Jual pulsa elektrik
Modal cukup 1 juta.
Jaman sekarang hampir semua lapisan masyarakat menggunakan telpon genggam, terutama smart phone dengan menggunakan kartu pra bayar.Kalau kamu hanya punya modal 1 juta, menjual pulsa elektrik merupakan salah satunya. Yang omzetnya sudah pasti.

Keunggulan dari uasaha sampingan ini ialah kamu tak perlu mengeluarkan modal besar, waktu yamg sangat fleksible dan sangat mudah cara mengerjakannya. Kamu hanya cukup mendaftar ke provider pulsa elektronik online saja, contohnya istana-reload.com atau pulsamurahlengkap.com, lalu malakukan deposit dari modal yang kamu miliki.Kemudian kamu dapat menjual pulsa elektrik dengan harga yang menguntungkan.

Omzetnya bisa mencapai 18 triliun setahun berdasarkan data di Jakarta dari data pembisnis pulsa skala besar. Sudah tidak diragukan lagi bahwa pulsa elektrik seakan menjadi kebutuhan primer di masyarakat sekarang ini. Sasaran yang sangat relatif bagi kamu yang berbisnis pulsa elektrik ialah teman kerja, teman-teman sepermainan, dan tetangga di sekitarmu.

2. Jual makanan untuk sarapan
Jual makanan untuk sarapan
Dengan modal 3 juta.
Bagi kamu yang punya hobi memasak atau keahlian memasak, kamu bisa menjadikannya sabagai bisnis sampingan.

Perlu kamu ketahui pagi hari merupakan awal kesibukan, terutama bagi karyawan yang masuk pagi tentu sudah tak mungkin membuat sarapan dan kebanyakan dari mereka memilih sarapan yang instan atau sudah siap saji. Untuk kamu yang memiliki waktu senggang dipagi hari yang panjang, kamu bisa memanfaatkannya membuka usaha sampingan dengan menjual sarapan. Demikian kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Dalam bisnis ini kamu cukup memasak masakan yang sederhana saja, yang memiliki nilai jual seperti nasi rames, bubur ayam atau kacang hijau, gorengan dan mie rebus atau goreng. Kamu nggak perlu bingung dimana lokasi untuk menjualnya. Kamu bisa memanfaatkan teras atau halaman rumah kamu sebagai awal lokasinya.

Sebagai langkah awal untuk memulainya kamu cukup memerlukan beras, daging ayam, ikan laut, tahu, tempe, dan sayuran yang harganya bersahabat dan tentunya bumbu masak juga jangan sampai lupa. Kamu juga perlu kompor, gas, minyak goreng, dan tempat penggorengan seperti wajan untuk memasak. Dengan modal 3 juta per bulan kamu bisa mencapai omzet 2 juta bila penjualan tinggi.

3. Jasa laundry
Jasa laundry
Jasa mencuci pakaian.

Dengan modal awal 6 juta.
Wajib kamu ketahui bahwa jasa laundry kiloan bisa jadi usaha sampingan dengan keuntungan yang lumayan dan tentunya modal yang rendah.Dengan modal kurang lebih 6 juta kamu bisa membuat bisnis laundry. Untuk membeli mesin cuci, mesin pengering, deterjen, pewangi, timbangan, setrika dan plastik. Jika kamu ingin memperkecil modal kamu bisa membeli mesin cuci yang mesin pengeringnya tergabung menjadi satu.

Di era modren ini semua menjadi serba praktis, hingga permintaan jasa mencuci dan menyetrika tinggi. Seperti para mahasiswa dan karyawan yang terlau sibuk dengan pekerjaannya hingga tak ada waktu untuk mencuci dan menyetrika pakaian. Jika kamu menempatkan usaha laundry di sekitar tempat tinggal mereka, kamu akan untung lumayan besar.

Dari tarif laundry perkilo mulai dari 4000 sampai 6000 kamu bisa mendapat keuntungan mulai 15%-25%.

4. Menjual foto di internet

Bila kamu punya kegemaran dalam bidang fotografi, kamu dapat menjadikannya sebagai sumber keuangan kamu sebagai usaha sampingan. Dengan berjualan foto online. Kamu bisa mendaftarkan diri ke website penjualan foto contohnya lstockphoto.com atau shutterstock.com, lalu menguplod foto yang kamu punya. Bila ada pengunjung situs yang mau membeli foto, kamu bisa mendapatkan komisi yang pantas.

Komisi dari isockphoto.com adalah 15% sedangkan dari shutterstock mulai dari 20%-30% per fotonya. Supaya kamu bisa mendapatkan komisi tersebut dengan mudah kamu bisa membuat akun di paypal agar situs-situs tersebut bisa mengirim komisi tersebut melalui paypal.

Cukup kamera digital saja modalnya. Dengan menggunakan kamera smart phone kamu bisa memulai mengambil gambar. Kamu harus sebisa mungkin berkreasi dengan foto yang kan kamu ambil sehingga bisa menghasilkan foto yang berkualitas tinggi dan memiliki karakter dan cerita tersendiri. Untuk targetnya ialah website online yang mencari foto untuk website mereka.

5. Jasa cuci motor / mobil
Jasa cuci motor mobil
Dengan modal kurang lebih 2 juta.
Lihat sekitar lingkungan kamu apakah banyak pemilik kendaraan seperti mobil atau motor? kamu bisa memanfaatkan peluang ini sebagai usaha sampingan kamu. Karna jaman sekarang banyak orang yang rela antri lama untuk memanfaatkan jasa tersebut bahkan mau meninggalkan kendaraannya untuk dicuci dan mengambilnya kembali setelah selasai. Usaha sampingan ini bisa dapat laba yang cukup tinggi bila lokasi yang kamu pilih strategis dan tepat.

Untuk memulainya kamu cukup menyediakan modal kurang lebih 2 juta. Kamu kan memerlukan pompa air, kompresor, kain lap, sabun, dan juga alat-alat semir ban dalam memulai bisnis ini. Untuk lokasi kamu dapat memanfaatkan halaman rumah kamu hingga kamu tidak mengeluarkan biaya lagi untuk sewa tempat berbisnis kamu. Bila kamu bisa melihat kemungkinan kemajuan dari bisnis ini kamu bisa memulai membuka cabang yang strategis.

6. Jual beli motor bekas
Jual beli motor bekas
Kurang lebih 5 juta.
Sudah familiar bisnis jual beli motor second atau bekas ini di Indonesia.

Bahkan setiap tahun penjualan motor di Indonesia terus naik. Demikian itu meningkat juga jumlah motor bekas. Melihat tingginya permintaan dan jumlah motor yang beredar di pasaran, peluang bisnis sampingan yang menguntungkan ini bisa juga kamu manfaatkan.

Modal untuk memulai bisnis ini kurang dari 5 juta. Kamu bisa membeli motor second atau bekas dengan harga murah lalu kamu menjualnya dengan harga lebih tinggi. Dan apabila kamu punya kenalan yang hendak menjual motornya kamu harus memeriksanya lebih dulu, apakah motor tersebut layak di jual dengan harga tinggi. Di OLX.co.id, kamu bisa memeriksa motor secara online bila kamu tidak dapat memeriksanya. Dan kamu juga bisa membandingkan harganya di pasaran motor bekas secara online, dengan demikian kamu tahu mana motor yang dapat di jual dengan marjin tinggi.

Kendala dalam bisnis ini ialah surat-surat kendaraannya tidak lengkap atau mesin motornya palsu dan selebihnya bisa saja motor tersebut hasil dari mencuri. Dan jika kamu memilih bisnis ini kamu harus tahu tentang ilmu motor.

7. Jasa desain grafis
Jasa desain grafis
Cukup dengan modal keterampilan dan kreativitas.
Keahlian seperti ini jarang orang yang memilikinya, namun apabila kamu punya keahlian dalam bidang tersebut kamu bisa menjadikannya sebagai bisnis sampingan yang menguntungkan.

Cara kerjanya sama dengan pekerja lepas. Melalui banyak website di Indonesia kamu bisa mendapatkan klien contohnya Sribu.com dan Projects.co.id. Atau kamu juga bisa menggunakan website inggris bila kamu ingin ke kancah pasar internasiaonal, tentunya dengan harga tinggi contohnya 99design.com, Elance.com, atau Upwork.com.

Dengan adanya banyak website tersebut, kamu bisa mengerjakan banyak degsain seperti mendesain kartu nama, logo perusahaan, gambar baju, maskot, poster, booth, interior, dan lain-lain. Untuk tarif dari pekerjaan tersebut tergantung keputusan klien dan persetujuan kamu.

8. Jadi social media influencer
Jadi social media influencer
Cukup dengan banyak pengikut/follower.
Jika kamu pengguna media sosial aktif, pastilah istilah tersebut sudal familiar di telinga kamu.Saat ini banyak sekali sosial media influencer memproduksi banyak konten di media sosial mereka. Entah itu di youtube, instagram, dan lail-lain.Kamu bisa menggunakannya sebagai bisnis sampingan bila kamu ingin memeperoleh penghasilan tambahan.

Follower adalah modal utama.Kalau kamu belum punya, kamu bisa memulainya dengan memperbanyak jumlah follower di akun media sosial kamu yang kamu punya.

Untuk memulai bisnis ini kamu harus tahu konten apa yang ingin kamu ciptakan, seperti vidio tentang travel, foto wisata kuliner, review game, dan lain-lainnya.Dari setiap konten yang ada memiliki jumlah pengikut yang bervariasi dalam dunia pasar internet.Kamu harus selalu aktif dan kreatif dalam mengembangkan konten supaya berkualitas tinggi dan informatif pengikut kamu terus bertambah. Jika jumlah follower kamu sudah banyak, kamu biasa menghampiri banyak perusahaan yang berkembang dalam bidang yang cocok dengan konten yang kamu punya. Setelah itu kamu bisa melakukan negosiasi dalam rangka mempromosikan konten kamu dengan biaya yang ada.

9. Jasa les privat
Jasa les privat
Apapun keahlian yang kamu punya jika dapat dishare ke sesama bisa menjadi bisnis sampingan kamu juga.Entah itu dalam seni musik atau pandai berbahasa asing bisa dijadikan bahan utama kamu dalam materi les privat.Kalau kamu tidak punya lokasi untuk mengadakannya, kamu bisa melakukannya dengan mendatangi rumah siswa kamu lalu mengajar di rumahnya.

Wajib kamu ketahui hal terpenting dalam bisnis ini adalah keahlian yang kamu miliki. Dan yang lainnya ialah peralatan yang mendukung dalam proses mengajar. Contohnya ialah buku, pensil, dan alat musik. Untuk mengembangkan usaha kamu ini, kamu harus putar otak untuk merenovasi tempat mengajar dan membeli beberapa kursi dan meja sebagai tempat siswa kamu belajar.

Disarankan sebaiknya kamu memasang tarif untuk les privat kamu sesuai dengan keahlian anda dalam mencapai target serta sesuai dengan kondisi kantong ekonomi masyarakat ditempat kamu tinggal. Jika seperti di kota-kota besar seperti Jakarta, kamu bisa memasang tarif sesuai standard sesuai dengan tarif pasaran les privat disana. Jangan memasang tarif yang tinggi untuk les privat kamu bila berada di kota kecil supaya pelanggan kamu mencapai target.

10. Jasa penerjemahan

Jasa penerjemahan

Kalau kamu tidak ingin mengajar di les privat bahasa asing, kamu bisa menjadi pakar penerjemah. Sudah pasti kamu harus menguasai bahasa asing dengan lancar. Dengan begitu kamu bisa menagihkan sejumlah tarif dan menerima upah tambahan jika kamu ada kerjaan lepas transalasi

Semua terjemahan kamu bisa menjadi dokumen-dokumen penting seperti skipsi, artikel, makalah, dan dokumen penting lainnya.Untuk tarif bisnis ini biasanya dihitung antara 1 sampai 50/kata. Apabila satu halaman terdapat 500 kata kamu bisa mendapatkan tarf sebesar 24.000 an. Coba kamu bayangkan jika kamu menerjemahkan lebih dari 10 halaman perhari kamu bisa mendapatkan tarif lebih dari 250.000.

Dengan demikian kamu bisa menjadikannya sebagai bisnis sampingan sebagai penerjemah Freelancer.co.id atau Sribulancer.com. Selain mampu berbahasa asing, modal lainnya ialah bisa menguasai komputer dan internet.

11. Social media manager

Social media manager

Modal: Data analisis.
Peluang bisnis seperti ini mungkin masih jarang di temui. Akan tetapi jika kamu ingin mencobanya sebagai bisnis sampingan kamu, hanya memerlukan data analisis dan watu yang teratur mengatur media sosial kamu. Beberapa perusahaan kecil maupun media soaial influencer juga membutuhkan jasa ini.

Kamu tidak hanya membuat postingan, tapi juga membuat caption yang bagus sampai jumlah like dan follower meningkat di media sosial. Kamu juga harus menganalisis waktu yang tepat untuk postingan yang memberikan banyak likes. Semua itu adalah keahlian kamu dalam menganalisis data. Upah bisa kamu dapatkan langsung dari perusahaan kecil atau inflauncer yang menggunakan jasa kamu. Kunci dalam bisnis ini adalah terletak pada keahlian kamu dalam menganalisis data.

12. Membuat blog

Membuat blog

Modal: Waktu dan tulisan.

Bisnis sampingan yang satu ini tidak memerlukan modal sama sekali. Blogging adalah cara yang sangat mudah untuk menambah uang saku kamu.Kelemahannya ialah waktu.

Untuk memulainya kamu bisa menggunakan platform blog gratis dari blogspot.com. Lalu kamu hanya perlu mengisi blogmu saja dengan tulisan dan konten yang kamu buat. Isi dari tulisan kamu dapat berupa artikel yang informatif atau kamu juga bisa mengisinya dengan pengalaman-pengalaman hidup kamu. Lalu jika para pengunjung situs menemukan blog anda, mereka akan terus mengunjungi blog kamu bila tertarik dengan tulisan blog kamu.

Mungkin kamu akan kesusahan mencari pengunjung saat baru mempunyai blog. Jangan khawatir kamu bisa mempromosikan blog kamu ke media sosial atau teman-teman kamu bisa juga kenalan kamu. Seiring berjalannya waktu, pengunjung akan datang ke blog kamu dan terus bertambah. Kamu juga bisa memasang iklan di blog kamu melalui Google Adsense.

Jika pengunjung mengeklik iklan tersebut kamu akan menerima uang. Dan jiga blog kamu sudah populer, akan banyak pengusaha lain ingin terfitur di blog kamu. Dan kamu bisa mendapat bayaran dari layanan tersebut.

13. Makelar properti

Makelar properti

Modal: Pengetahuan tentang properti.
Properti adalah aset yang tidak akan pernah mengalami penurunan harga. Baik itu apartemen, ruko, rumah, dan semua jenis properti lain yang memiliki harga jual yang bisa bertambah seiring waktu yang berjalan.Karnanya pasar properti kan selalu hangat tak kan pernah punah. Kecuali jika dalam masa rakyat tidak memiliki uang untuk membelinya.

Kamu bisa menjadi makelar properti.Kamu hanya perlu mencari informasi saja yang berkaitan dengan agen atau perusahaan yang menerima agen properti lepas. Kamu akan mendapatkan komisinya, dan yang paling penting kamu harus mengetahui ilmu properti. Setalah kamu mendapat informasi dari kenalan kamu, kamu bisa memulainya dalam tahap awal.

Komisi yang kamu terima jumlahnya tergantung dengan kesepakatan developer properti dan perusahaan agen. Pada umumnya sekitar 1% sampai 4% dari jumlah tansaksi penjualannya. Komisi yang bisa kita dapatkan jika harga 1 rumah sekitar 1 milyar lebih.

14. Agen asuransi

Modal: Wawasan tentang asuransi.
Bisnis sampingan lain yang tak memerlukan modal banyak ialah ansuransi. Kamu hanya cukup mengatahui tentang ansuransi dan pintar menjual. Hasilnya bisa kamu peroleh dari menjual polis ansuransi dan terus berlanjut sampai periode tertentu. Semua tergantung dari jenis ansuransi yang kamu jual.
Sama sekali tidak membutuhkan modal, karnanya agen ansuransi menjadi primadona. Hal pertama memulai adalah bisa melalui kenalan kamu. Lalu seiring waktu kamu bisa menjadikannya sebagai karir utama.

15. Bisnis Multi Level Marketing (MLM)

Bisnis Multi Level Marketing (MLM)

Modal: Koneksi.
Multi Level Marketing ialah cara pemasaran berantai. Ini akan memberikan anda kompensasi serta penjualan yang dibuat oleh oleh rekrutan kamu. Seperti saat kamu masuk dalam bisnis ini untuk produk kosmetik. Dan kamu mengajak teman kamu untuk menjual produk tersebut, setiap penjualan akan mendapatkan komisi. Begitu pula untuk anggota baru.

Bisnis ini memerlukan kaoneksi dan komunikasi yang lancar, dan saat kamu menjual produk ini kamu akan mendapatkan komisi.

Kamu harus mulai mencari anggota baru yamg bisa memberikan penghasilan tetap tanpa harus kamu menjual produk. Jaman sekarang banyak layanan MLM di pasaran. Kamu bisa memulainya secara online.

16. Usaha fotokopi dan printer

Usaha fotokopi dan printer

Modal: Rp 3 Juta.
Usaha ini sangat cocok untuk kamu yang dekat dengan kawasan kampus dan perkantoran. Kamu hanya perlu membukanya di waktu senggang, dan bisa menerima pesanan trlebih dahulu kemudian memberi hasil printnya. Mahasiswa dan mahasiswi adalah target yang mudah didapat pasanglah tarif murah sebab ini hanya usaha kecil-kecilan.

Selain print fotokopi kamu juga bisa melayani penjilidan buku, bila kamu mampu.Kamu hanya memerlukan mesin printer yang sudah memiliki fitur fotokopi sekaligus scanning dengan harga 2 jutaan. Dan juga kertas A4 untuk print dan fotokopi. Hanya itu saja.

17. Bisnis aksesoris wanita

Bisnis aksesoris wanita

Modal: Kurang dari Rp 1 Juta.
Kreativitas dan keterampilan memang tak semua orang memiliki, tapi bagi kamu yang memilikinya bisa kamu manfaatkan sebagai bisnis membuat aksesoris wanita yang unik dan menarik. Seperti gelang, kalung, bros, syal, dan lain-lain.Bisnis ini memiliki marjin keuntungan yang cukup tinggi. Karna modal dalam bisnis ini tergolong murah selama kamu membeli bahan dalam skala besar.

Kamu bisa mulai dengan mencoba dan mengetes pasar bisnis terlebih dahulu, dan kamu bisa memulainya dengan bahan baku yang murah contohnya bando, kalung, dan gelang. Namun kamu harus memastikan terlebih dahulu apakah ada yang menyediakan bahan baku tersebut di daerah kamu.

Kamu juga bisa memasarkan aksesoris buatan kamu secara online, melalui blog atau media sosial kamu. Seperti instagram dan facebook. Lalu beritahu teman atau kenalan mengenai bisnis kamu dan meminta tolong untuk menyebarkannya.

18. Menjual produk di Marketplace
Menjual produk di Marketplace
Online MarketplaceModal: Tergantung produk.
Usaha satu ini lebih fokus pada pemasaraannya. Bisa memberi kamu peluang tinggi untuk menemukan pelanggan untuk menjual produk di marketplace. Karnanya pengunjungnya kebanyakan ialah konsumen yang memerlukan barang.

Sejak 5 tahun terakhir, perniagaan melalui platform marketplace mengalami peningkatan yang luar biasa. Banyak marketplace yang berdiri di Indonesia, seperti Tokopedia, OLX, Bukalapak, Kaskus FJB. Kamu hanya tinggal memilih platform mana yang kamu suka dan kamu dapat menjual produk buatan kamu dengan mudah tanpa ribet. Bila kamu punya kreativitas menghasilkan barang, yang telah dijelaskan diatas. Dengan menggunakan platform marketplace, kamu akan mendapatkan keuntungan yang tinggi dengan modal yang sangat rendah daripada menggunakan media sosial.

Secara kasat mata media sosial terlihat lebih menguntungkan dan tanpa biaya sedikitpun, kalau kamu tidak punya banyak follower, maka kamu harus memasang iklan untuk mencapai target penjualan yang lebih. Akibatnya kamu mengeluarkan biaya lebih besar dibandingkan dengan platform marketplace yang hanya melakukan pemotongan biaya saja.

Jika produk yang kamu buat menggunakan tarif rendah, kamu akan menjadi reseller marketplace. Markeplace tidak hanya digunakan untuk sistem perniagaan saja, tapi juga bisa digunakan oleh para pecinta perniagaan. Maka manfaatkan platform ini untuk menjual atau membeli barang bekas.

Demikian beberapa ide yang dapat kamu pilih untuk memulai bisnis sampingan, semoga artikel ini bermanfaat.

Anda mencari Distibutor PULSA & KUOTA termurah ? disini tempatnya: Klik Disini.
Distributor Pulsa Electrik Termurah

Leave a Reply