12 Cara Hemat Agar Cepat Kaya

Distributor Pulsa Electrik Termurah

12 Cara Hemat Agar Cepat Kaya – Siapa sih yang tidak ingin sukses dan kaya raya serta bergelimangan harta ? Semua orang tentu saja mempunyai cita-cita tersebut. Itu memang menjadi hal yang wajar jika berkeinginan demikian. Namun untuk mencapai sebuah kesuksesan itu tidaklah mudah, harus melalui berbagai cara  serta menempuh sebuah perjuangan yang gigih dan tekad yang kuat. Dan tidak semua orang bisa melakukan hal tersebut. Dan tidak hanya itu saja, salah satu cara agar menjadikan kaya adalah bisa mengontrol keuangan yang dimilikinya termasuk dengan cara berhemat.

12 Cara Hemat Agar Cepat KayaHemat bukan berarti pelit, namun hemat adalah dimana seseorang bisa mengatur dan mengelola uang dengan baik dan tepat. Cara mengoperasikan keuangan harus tepat guna, yang sekiranya tidak menghasilkan manfaat maka tinggalkan dulu. Prioritaskan keperluan yang terpenting dahulu. Lalu bagaimana cara menghemat? Karena untuk berhemat itu sangatlah susah, karena banyaknya sekian godaan-godaan yang menghampiri.

Nah, berikut adalah 12 cara tepat untuk berhemat. Yuk kita lihat dan jalankan sama-sama :

1. Membuat Prioritas Antara Kebutuhan dan Keinginan

Dengan membuat Prioritas antara kebutuhan dan keinginan, maka itu adalah cara jitu yang bisa anda terapkan untuk berhemat.  Anda bisa membuat daftar disetiap keperluan-keperluan anda. Dahulukan yang bersifat penting dari pada menuruti sebuah keinginan. Jika terus menerus menuruti keinginan maka tidak akan ada habisnya. Karena sifat manusia itu tidak akan pernah merasa puas. Oleh karena itu anda harus benar-benar bisa mensikapi hal ini dengan baik. Seperti dalam gambaran, tanpa anda harus bisa menaiki motor ninja anda bisa pergi ke kampus, dengan motor mio saja juga bisa sampai kekampus kan ? Dari gambaran tersebut menilaikan tentang cara berfikir cermat. Daripada uangnya dibuat beli motor ninja mending kita beli motor yang lebih murah tapi tetap bagus, lumayan kan uangnya bisa untuk membayar kebutuhan kuliyah. Seperti itulah gambaran antara kebutuhan dengan kepertingan.

2. Membuat Daftar Pemasukan dan Pengeluaran

Cara yang selanjutnya yaitu, anda harus membuat daftar pemasukan dan pengeluaran. Sehingga anda akan bisa mengontrol dengan baik antara besarnya pemasukan yang anda terima dan usahakan sebisa mungkin agar lebih meminimalkan pengeluaran. Jangan sampai pengeluaran anda lebih besar dibanding pemasukan. Seringlah untuk menabung, karena dengan menabung adalah cara tepat untuk membangun sebuah kesuksesan. Kesuksesan tentunya butuh yang namanya modal. Dan satu lagi, jangan biasakan hutang, karena dengan berhutang maka lama kelamaan akan menjadi kebiasaan. Kebiasaan buruk itulah yang sering menghambat seseorang menjadi kaya.

Baca Juga: 5 Tips Agar Bisa Simpan Uang atau Menabung

3. Menerapkan Pola Hidup Sederhana

Mulailah untuk menerapkan pola hidup sederhana, karena cara inilah yang sangat jitu untuk mepertahankan ataupun menjadikan kaya. Pola seperti itu yang mencerminkan sikap hemat. Sebisa mungkin anda harus bisa merubah sifat boros anda, minimalkan keperluan yang tidak menjadi prioritas. Dan jangan pernah anda merasa gengsi dengan yang lain. Yang paling terpenting adalah penuhi kebutuhan utama anda. Anda bisa melakukan cara-cara yang sekiranya nyaman untuk anda rasakan namun tetap hemat. Misalkan, jika mereka yang hobi nonton sepak bola. Mereka nonton langsung ke stadiun, maka anda bisa menonton dirumah sendiri selain hemat juga tentu merasa nyaman dengan nonton  bareng bersama keluarga tentunya kan juga asyik.

4. Menjaga Kesehatan

Jaga KesehatanKesehatan sangatlah penting untuk dijaga.  Jangan pernah menyepelekan hal yang satu ini. Karena apa, kesehatan itu menjadi kunci dari segala hal. Tanpa kesehatan maka anda tidak akan bisa melakukan rutinitas. Coba bayangkan jika tiba-tiba anda sakit, selain tidak bisa melakukan rutinitas anda juga tidak bisa dapat pemasukan toh kalau tidak bisa bekerja. Belum lagi harus mengeluarkan biaya untuk berobat. Nah,sedemikian pentingnya kesehatan buat anda untuk selalu menjaganya. Karena kesehatan itu ada kaitannya dengan hemat.  Oleh karena itu sangatlah penting untuk anda selalu perhatikan kesehatan anda.

5. Membuang Pengeluaran Rutin yang Kurang Diperlukan

Mulailah untuk meneliti kembali tentang pengeluaran rutin anda yang kiranya kurang diperlukan. Dan kalau bisa buanglah. Cobalah memeriksa hal-hal yang kurang mempunyai nilai guna, daripada hanya menambah dana pengeluaran tanpa ada manfaat yang begitu diperlukan. Misalnya, berlangganan telephone rumah. Sebenarnya kurang terlalu penting kan? Dengan Handphone genggam pun bisa untuk berkomunikasi. Daripada menggunakan Telephone rumah setiap bulannya harus membayan sekian rupiah. Daripada begitu lebih baik dana itu dialokasikan pada kepentingan yang lain yang ada manfaat lebih. Disamping bisa hemat, anda juga bisa mengganti dengan kebutuhan yang lain yang ada nilai guna untuk kepentingan anda. Ataupun bisa anda tabung uangnya.

6. Membawa Makanan dari Rumah Ketika Bekerja

Lakukanlah kebiasaan hematmu dengan membawa makanan dari rumah ketika bekerja. Anda tak perlu malu pada teman-teman anda.  Karena hal itu akan mencerinkan kepribadian anda yang hemat. Hemat bukan berarti pelit kan? Daripada uangnya dibelikan makanan di restoran atau cafe, mending uangnya ditabungkan saja. Selain itu juga jika anda membawa bekal dari rumah maka anda pun membiasakan hidup sehat karena kebersihan dari makanan tersebut tentu terjamin kan. Pokoknya banyak point yang bisa bermanfaat bagi anda jika selalu membiasakan membawa bekal dari rumah.

7.  Menyimpan Kartu ATM dan Kartu Kredit

Sudah menjadi sebuah kebiasaan bagi kebanyakan orang ketika bepergian selalu membawa kartu ATM ataupun kartu kreditnya. Memang terkadang ada manfaatnya sih, jika anda terdesak bisa saja dengan mudah anda menarik uang tersebut. Namun disisi lain dari hal tersebut, tanpa kita sadari justru hal tersebut akan membawa dampak buruk bagi anda. Karena dengan mudahnya anda menarik uang dari ATM atau kartu kredit anda, padahal terkadang ada sesuatu yang kurang begitu penting. Misal, ketika anda sedang berjalan tiba-tiba anda melihat barang yang menggoda selera, kemudian anda dengan mudahnya menarik uang anda dari tabungan. Padahal itu cuma keinginan sesaat dan tidak begitu memiliki manfaat. Oleh karena itu, simpan baik-baik dirumah karu kredit anda, anda bisa ambil ketika ada keperluan yang sangat penting.

8. Bijak dalam Berbelanja

Bijak dalam berbelanjaBerbelanja memang mengasyikkan bagi siapapun, apalagi ketika melihat barang-barang mewah, tentu akan menggoda selera. Hal itu memang tidak bisa lagi untuk di pungkiri. Namun sebenarnya dari hal tersebutlah yang menyebabkan keadaan keuangan anda membengkak. Sebaiknya anda harus benar-benar bijak dalam berbelanja. Belilah barang-barang sesuai alakadarnya saja, sesuai kebutuhan yang sangat anda perlukan yang mempunyai dayaguna. Anda pun harus bijak dalam memilih tempat untuk berbelanja, anda tak harus ke Swalayan, Ramayana, Supermarket. Jika di minimarket ada dan harganya pun sama dengan barang yang sama juga, kan lebih baik ke minimarket saja. Selain itu anda juga akan lebih hemat.

9. Meminimkan Biaya Liburan

Berlibur memang sudah menjadi hal yang wajar. Karena biar bagaimanapun otak itu mamang perlu di refrash agar tetap terjaga kesehatan pada otak. Apalagi bagi para pakar pemikir. Itu sudah tentu butuh refrashing. Namun disamping itu anda juga harus tetap mengontrol diri tentang berlibur. Anda harus bisa meminimalkan biaya liburan anda.berlibur tidak harus ketempat yang mewah, hits, atau tempat tempat yang banyak memakan biaya. Sebaiknya anda minimalkan biaya tersebut. Anda bisa berlibur ketempat yang tak kalah indahnya dengan biaya terjangkau, misalkan pergi ke bukit atau puncak bersama keluarga. Tentu kan juga asyik, serta anda bisa menikmati indahnya pemandangan di jagat raya ini. Dengan biaya yang tidak menguras kantong, kan lumayan bisa hemat. Daripada uangnya dihambur-hamburkan untuk membeli tiket pesawat keluar negeri.

10. Jangan Meremehkan Uang Receh

Uang RecehSeringkali orang-orang menilai remeh tentang uang receh, mereka beranggapan tidak ada nilai gunanya, bahkan malu jika di dompetnya ada uang receh. Terkadang pula sering di letakkan secara berkececeran di sembarang tempat dengan sesuka hatinya. Padahal jika uang-uang tersebut dikumpulkan dan ketika sudah berjumlah banyak maka akan jadi nilai guna yang tinggi ketika terdesak. Sebaiknya anda biasakan mengumpulkan uang recehan tersebut, mungkin di celengan, toples, ataupun tempat yang sekiranya bisa untuk tempat mengumpulkan uang tersebut. Sehingga lama-kelamaan jumlah uang recehan tersebut berjumlah banyak. Jika anda malu untuk berbelanja menggunakan uang recehan tersebut, anda kan bisa menukarkannya ke warung terdekat anda, pasti warung tersebut juga butuh uang receh kan ? Nah, itulah nilai guna uang receh yang seringkali dianggap remeh.

11. Bersikap Cinta Lingkungan

Dengan selalu menerapkan sikap cinta lingkungan, maka itu akan membiasakan hidup hemat anda. Kenapa tidak, karena jika selalu menerapkan untuk kehidupan sehari-hari dengan selalu berhemat, seperti menghemat daya listrik, air, bahan bakar, bahkan menjaga kebersihan. Itu termasuk bersikap cinta lingkungan loh. Maka dari itu mulailah dan biasakan untuk menerapkan hal positif tersebut.

Baca Juga : Lakukan 9 Hal ini Jika Anda Tidak Bisa Membayar Hutang

12. Membeli Barang untuk Investasi

Untuk langkah terakhir yaitu jika anda mempunyai uang yang lebih, maka sebaiknya anda belikan barang-barang yang mempunyai daya guna investasi. Itu merupakan cara yang sangat tepat untuk anda. Itu termasuk juga menabung loh. Selain itu lama kelamaan barang tersebut akan mempunyai nilai harga yang jauh lebih tinggi. Kan lumayan, bisa menambah kekayaan anda. Itulah keuntungan dari barang investasi. Barang tersebut misalkan berupa, tanah, emas, properti,  dan masih banyak lagi.

Memang harus menempuh sebuah perjuangan keras untuk menjalani cara-cara diatas (12 Cara Hemat Agar Cepat Kaya). Harus disiplin serta mempunyai komitmen yang benar-benar matang serta dengan tekad yang tinggi. Seperti kata pepatah “ bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian”. Memang begitulah cara hidup yang tepat, lebih baik berjuang dengan rasa pahit diawal, namun diakhir nanti bisa merasakan manisnya hidup.

Anda mencari Distibutor PULSA & KUOTA termurah ? disini tempatnya: Klik Disini.
Distributor Pulsa Electrik Termurah

Leave a Reply