10 Tips Mendirikan Bisnis Kuliner Online yang Menjanjikan

10 Tips Mendirikan Bisnis Kuliner Online yang Menjanjikan – Seiring dengan pesatnya zaman yang semakin canggih ini, kini banyak yang melakukan aktifitas jualan melalui online. Mulai dari fhasion, elektronik, kendaraan, dan lain sebagainya. Usaha kuliner memang tiada matinya, justru akan semakin pesat apalagi di era sekarang ini dipermudahkan oleh canggihnya tekhnologi, memang sangat disarankan jika menjalankan usaha kuliner menggunakan toko online. Karena pada kenyataannya pasar dari bisnis kuliner kini sangat tidak terbatas. Tapi disisi lain sistem ini memiliki sedikit kelemahan yaitu, yang terkadang biasanya para konsumen jika ingin membeli bisa melihat secara langsung, bisa menyentuh, bahkan bisa mencicipi, namun sistem online ini tidak bisa seperti itu. Lalu langkah apa saja sih jika anda ingin membuka bisnis kuliner secara online? Yuk kita simak 10 tips yang bisa anda lakukan untuk membangun sebuah bisnis kuliner secara online.

10-Tips-Mendirikan-Bisnis-Kuliner-Online-yang-Menjanjikan
Inilah 10 Tips Mendirikan Bisnis Kuliner Online yang Menjanjikan

1. Gunakan website untuk berjualan online

Sebagian besar mereka yang baru memulai usahanya membuka bisnis online, mereka akan memulai menjual produk melalui sosial media atau blog pribadi mereka. Memang itu merupakan sebuah tindakan yang tepat sih. Karena di era sekarang ini tekhnologi semakin canggih dan berkembang pesat. Namun alangkah lebih baiknya jika anda menggunakan website pribadi yang nantinya akan dipenuhi dengan produk-produk makanan yang anda jual. Hal itu jelas akan lebih mempermudah konsumen untuk menemukan tentang produk yang anda jual. Anda juga dapat mendesain website tersebut sesuai dengan yang anda inginkan. Entah bagaimana modelnya bisa anda atur sendiri sesuai selera yang penting itu berhubungan dengan bisnis kuliner anda. Nah, setelah anda mempunyai sebuah merek yang mencerminkan bisnis anda tersebut, maka anda juga dapat segera membuat domain yang juga menggunakan merek anda tersebut. Ketika anda sudah mempunyainya, maka anda sudah siap untuk terjun dan memulai bisnis kuliner secara online.

2. Manfaatkan juga sosial media

Melalui sosial media memang menjadi peranan penting untuk promosi dan penjualan suatu produk. Apalagi untuk toko online, itu menjadi sangat penting. Begitu pula dengan bisnis kuliner. Anda bisa memanfaatkan sosial media sebagai tempat untuk menjual produk anda, selain website dan blog yang sudah anda gunakan sebelumnya. Lampirkan foto atau gambar yang sangat menarik dan berkesan, yang nantinya bisa anda bagikan dengan cara memberikan tagging kepada teman yang ada di sosial media anda. Dengan cara itulah anda bisa melakukan penjelasan diskripsi, karena penggunaan kata yang kapasitasnya terbatas maka cara seperti itulah yang dapat dijalankan untuk mendeskripsikan produk anda supaya dapat dikenal oleh banyak konsumen. Usahakan di setiap tagging foto, maka bagikanlah kepada orang yang berbeda-beda.

3. Beri kesan pertama yang menarik

Apapun jenis bisnis memang harus terkesan menarik, termasuk juga dalam urusan kuliner. Karena kesan pertama itu akan menjadi daya tarik para konsumen yang telah penasaran dengan produk yang anda tawarkan. Salah satu caranya yaitu dengan memasang foto atau gambar makanan yang anda pasarkan. Pasanglah foto atau gambar tersebut semenarik mungkin bahkan yang bisa membuat sensasi untuk para konsumen sehingga mereka akan menyorot bahkan membawa daya tarik bagi mereka. Anda bisa memasang foto atau gambar tersebut melalui website atau blog toko online anda. Anda juga bisa memberikan gambaran mengenai kegiatan untuk produksi di toko online anda. Pada intinya buatlah gambar tersebut terkesan menarik sehingga mendatangkan daya tarik bagi mereka.

Baca Juga: Usaha Sampingan Budidaya Ikan Lele Bagi Pemula

4. Tentukan merek produk Anda

Langkah pertama sebelum anda mendirikan sebuah bisnis kuliner yaitu anda terlebih dahulu menentukan merek produk anda. Karena merek itu sangat menjadi penentu usaha anda. Buatlah merek yang menggambarkan diri anda dan bisnis kuliner anda tersebut. Usahakan dalam membuat merek seunik mungkin atau berbeda dari yang lain, karena itu sangat mempengaruhi terhadap omset yang akan anda raih. Jadikan merek tersebut selalu di ingat oleh para konsumen. Dan jangan lupa juga untuk menyertakan logo yang sangat menarik dan berkesan untuk website anda. Karena melalui logo akan menggambarkan bisnis kuliner anda.
5. Tentukan menu andalan Anda

Langkah selanjutnya yaitu menentukan menu andalan anda. Dari sekian banyak menu-menu yang telah anda tawarkan tentu saja mempunyai sebuah atau beberapa menu andalan. Nah, jadikan menu andalan anda itu sebagai senjata atau ujung tombak yang bisa anda gunakan untuk memaparkan kepada konsumen anda. Lalu bagaimana caranya melakukan hal itu ? Jadikan menu yang menjadi andalan anda tersebut sebagi profil di website anda sehingga bisa dapat mudah dilihat banyak konsumen. Dan berikan juga testimonial dari beberapa konsumen yang pernah mencoba dari produk anda tersebut dengan tujuan sebagai bukti bahwa produk makanan anda memang enak dan berkualitas.

6. Jelaskan deskripsi makanan yang Anda jual

Logisnya, setiap konsumen yang ingin membeli suatu produk makanan tentu saja ingin melihat secara langsung, bahkan bisa mencicipinya. Nah, berhubung anda menjual secara online maka hal tersebut tidak akan bisa terjadi. Maka hal yang Dapat anda lakukan untuk menciptakan sebuah imajinasi tentang produk anda tersebut dengan cara mendeskripsikan secara umum tentang produk yang anda jual. Anda bisa memaparkan apa yang menjadi keunggulan dari produk anda tersebut. Anda juga bisa mencantumkan bahan-bahan yang dipakai untuk membuat produk tersebut, namun jika itu menjadi sebuah resep maka tidak seharusnya anda bagikan. Buatlah deskripsi tersebut semenarik mungkin, dan pastikan dapat dipahami oleh konsumen, sehingga dapat menarik minat bagi para konsumen untuk membeli produk yang anda jual.
7. Jaga kepercayaan konsumen Anda

Langkah yang tak kalah pentingnya untuk anda perhatikan ini gan, yaitu selalu menjaga kepercayaan konsumen anda. Berhubung sistem jualan anda secara online maka otomatis konsumen tidak bisa mencicipi makanan anda secara langsung. Namun anda harus tetap bisa menjaga kepercayaan mereka dengan cara mengutamakan kualitas cita rasa yang ada. Menjaga cita rasa tentu menjadi hal yang sangat penting karena itu yang bisa mempertahankan maju mundurnya usaha dalam produk anda tersebut. Jangan sampai konsumen merasa kecewa karena mereka mendapatkan kualitas yang buruk dan tidak sesuai dengan apa yang telah anda deskripsikan.

8. Beri jaminan pengiriman barang

Sebelum anda menentukan untuk memberikan atau menggunakan jasa pengiriman barang. Anda harus terlebih dahulu menentukan jenis produk makanan yang akan diual dan anda kirimkan. Misalkan makanan tersebut terbilang awet untuk beberapa hari bahkan sampai jangka waktu berhari hari maka anda bisa menjual dan mengirimkan produk tersebut keluar kota. Namun jika makanan yang anda jual dan kirimkan tersebut terkategori makanan yang tidak awet atau harus segera dikonsumsi, maka sebaiknya anda jual dalam kota saja. Dan yang paling penting adalah anda harus bisa memberikan jaminan atas pengiriman barang tersebut. Jika di dalam perjalanan makanan tersebut mengalami sebuah kecelakaan yang mengakibatkan barang tersebut rusak, maka anda harus siap memberikan jaminan dengan mengganti barang yang rusak tersebut hingga sampai ketangan konsumen yang telah memesan. Langkah inilah yang dapat memberikan kepercayaan bagi para konsumen terhadap kualitas anda.

9. Segera layani konsumen Anda

Pada setiap konsumen tentu saja ingin mendapatkan pelayanan terbaik dari anda. Hal itu tidak hanya bagi konsumen offline saja. Hal yang sedemikian rupa juga untuk konsumen online. Mereka selalu ingin mendapatkan pelayanan yang terbaik dari anda. Maka dari itu berikan pelayanan yang cepat serta tanggap atas apa yang menjadi keinginan para konsumen, sehingga mereka benar benar percaya bahwa produk anda memang benar benar berkualitas. Meskipun konsumen hanya sekedar bertanya mengenai produk anda, namun usahakan untuk tetap melayani mereka dengan sebak baiknya. Dan yang penting lagi yaitu selalu dengarkan serta terima seiap kritik dan saran yang telah di sampaikan oleh para konsumen.

Baca Juga: Peluang Usaha Makanan Paling Laris Yang Ada di Sekitar Kita

10. Terus cari inovasi baru

Langkah yang terakhir yaitu teruslah berinovasi untuk menemukan suatu hal baru yang berhubungan dengan makanan. Dan juga yang berhubungan dengan strategi cara penjualan anda. Seiring dunia persaingan yang semakin memadati jajaran kuliner, maka dari itu sangat disarankan bagi anda untuk terus berinovasi. Serta anda harus cerdas membaca keadaan yang ada saat ini, dan anda juga harus tanggap mengenai apapun yang kini sedang marak dicari dan digemari oleh konsumen. Anda harus mengupayakan agar bisa memenuhi atas apa yang di inginkan oleh konsumen. Dengan demikian anda termasuk orang yang sensitif terhadap kondisi.

Demikian 10 Tips Mendirikan Bisnis Kuliner Online yang Menjanjikan. Siapkah anda untuk terjun dan mencoba bergelut dengan bisnis kuliner ? Ayooo tunggu apalagi brooo. Jangan cuma bisa berencana saja namun tunjukkanlah aksimu, hehe. Selamat berjuang :).

Leave a Reply