10 Tanda Orang Sok Pintar Padahal Sebenarnya Bodoh

Tong kosong nyaring bunyinya

Pernahkah anda menjumpai orang yang sok pintar dan seakan-akan bisa menjawab semua pertanyaan?

Saya kira anda pun pernah menjumpai orang model seperti ini, meskipun seolah-olah bisa menjawab semua pertanyaan, namun jawabannya terasa kosong alias tidak ada artinya dan secara asal-asalan. Yup, orang-orang itu sering disindir dengan “Mr/Mrs Know It All” alias sok pintar.

10 Tanda Orang Sok Pintar Padahal Sebenarnya Bodoh

Mungkin saking dirinya ingin dianggap bahwa dia adalah orang yang pintar padahal sebenarnya tidak paham apa-apa. Nah penasaran apa tanda-tandanya? Berikut 10 tanda orang bodoh yang sok pintar!

1. Tanda orang sok pintar adalah suka sibuk sendiri untuk hal-hal yang gak penting.

Orang yang sok pintar biasanya terlihat sok sibuk dengan berbagai kegiatan yang seakan akan dirinya begitu penting disuatu tempat, padahal tidak punya kegiatan apapun. Semua itu karena dia ingin mendapat perhatian dari orang lain yang beranggapan bahwa ia menjadi orang pintar dan berguna bahkan terkesan sibuk dengan gaya-nya yang mondar mandir meskipun sebenarnya kegiatannya kosong. Orang-orang seperti itulah yang sebenarnya bodoh dan sok pintar.

2. Sudah pasti, orang yang sok pintar gemar meremehkan orang lain.

Pada dasarnya setiap orang disertai dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bagi orang yang pintar maka akan memanfaatkan kelebihannya kepada hal-hal yang positif serta menjadikan kekurangannya tersebut menjadi sebuah pembelajaran. Namun berbeda dengan orang yang sok pintar, dia cenderung menyombongkan diri yang beranggapan bahwa dirinya paling pintar dan tidak mau melihat kelebihan orang lain. Akhirnya dia akan meremehkan orang lain, begitulah karakter orang yang sok pintar.

3. Orang yang sok pintar gampang marah ketika dikritik.

Coba anda telaah pada sekelompok kerumunan dalam pergaulan anda, tentu saja anda bisa melihat ketika sedang diskusi atau musyawaroh, orang yang sok pintar bisa anda lihat ketika dia sedang dikritik orang lain maka justru dia akan marah. Karena ia merasa bahwa dirinya orang yang paling benar dan tidak mau menerima masukan dari orang lain.

4. Alih-alih punya pendapat sendiri, orang sok pintar suka mencatut kata-kata orang.

Orang yang sok pintar sebenarnya tidak mempunyai karya yang dihasilkan sendiri. Dia lebih sering mencatut karya orang lain kemudian dipaparkan kepada orang lain sehingga dia akan dianggap bahwa dirinya orang genius yang pandai berkreasi. Jika anda menjumpai orang seperti itu, coba anda test, tanyakan pendapatnya tentang sebuah sedikit gambaran mengenai apa yang di sampaikannya tersebut. Jika dia tidak bisa menjelaskan dengan kata yang tepat sesuai tema, maka sudah jelas bahwa dia sedang melancarkan aksi “sok pintar”.

5. Selalu ingin dipuji adalah tanda orang sok pintar.

Siapa sih yang tidak ingin dipuji, setiap orang pasti ingin dipuji. Namun itu hanya sebagai rasa apresiasi atas apa yang dihasilkan dengan membanggakan. Jangan jadikan pujian itu menjadi bumerang bagia anda yang akan berakibat buruk. Perlu anda ketahui bahwa yang pantas untuk dipuji hanyalah allah semata. Dialah maha sempurna, maha segalanya sehingga pantas dipuji. Bagi kita sebagai manusia, anggap pujian itu hanyalah sebagai momok untuk penyemangat, namun jangan sampai melampaui batas. Karena hal ini yang sering terjadi terhadap orang yang sok pintar yaitu menganggap bahwa dirinya hebat yang kemudian ingin selalu dipuju-puji.

6. Orang yang sebenarnya gak pintar itu justru suka ngomong terus meski tidak ditanya.

Seperti kata pepatah mengatakan “orang yang banyak bicara biasanya bodoh”. Karena itu orang yang sok pintar akan selalu berbicara panjang karena ingin mendapatkan pujian jika ia menunjukkan kepintaraanya itu. Meskipun tidak ada sebuah pertanyaan, akan tetapi ia akan terus berbicara panjang lebar padahal dari apa yang dibahas tersebut tidak mengandung makna. Itulah yang biasanya sering terlihat dari karakter orang bodoh atau sok pintar.

7. Tidak mau kalah dan enggan membuka pikiran adalah ciri orang yang sok pintar.

Orang yang sok pintar juga dapat dilihat ketika dia berbicara atau berpendapat dan terjadi saling komentar. Nah orang yang sok pintar akan terus ngotot dengan pendiriannya meskipun belum tentu dia benar namun dia merasa paling benar. itulah karakter dari orang sok pintar yang enggan membuka pikiran dan tidak pernah mau dikalahkan.

8. Orang yang sok pintar sering tidak mau mengakui ketidaktahuannya.

Jika ada teman yang bilang “ah kuper loh” pasti malu banget ya orang itu. Maka dari itu orang yang sok tau selalu ingin terlihat bahwa dia mempunyai pengetahuan yang luas dalam segala hal. padahal sebenarnya dia tidak punya wawasan akan hal itu atau bisa dikatakan sok tau atau sok keminter istilahnya.

9. Kalau diamati lebih dalam, orang sok pintar pekerjaanya hanya membual.

Perbedaan antara orang yang memang benar-benar pintar dengan orang yang sok pintar akan terlihat jelas ketika berbicara. Orang pintar jika berbicara selalu mengedepankan dari kisah yang real atau nyata. Namun orang yang hanyalah sok pintar dalam berbicara selalu ngasal dan membual. Itulah perbedaan yang sangat mudah dilihat. Seperti kata pepatah “tong kosong berbunyi nyaring”.

10. Orang sok pintar itu tidak suka mendengarkan orang lain.

Dalam kisah ini, maka bisa digambarkan layaknya padi. Padi semakin berisi akan semakin merunduk. Seperti halnya orang yang pintar dan tau banyak hal, maka dia akan tetap merasa bahwa dirinya masih bodoh dan akan terus butuh pengetahuan yang lebih banyak lagi. Dia akan terus berupaya bagaimana caranya agar bisa terus menggali pengetahuan lebih luas lagi. Begitupun sebaliknya bagi orang bodoh dan sok pintar, dia akan selalu merasa bahwa dirinya memiliki wawasan yang luas dan cukup untuk melakukan banyak hal. Dan orang seperti ini lebih cenderung menutup telinga untuk mendengarkan pendapat orang lain.

Apakah anda termasuk jadi orang seperti diatas ? tentunya bukan dong. hehe

Leave a Reply